Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cenderawasih Putih, Burung Nirwana Di Bumi Indonesia

Cenderawasih ialah burung indah yang berasal dari timur Indonesia. Predikat burung tercantik di Indonesia memang disandang oleh spesies ini. Spesies tersebut semakin indah dengan macam jenisnya yang memang memukau mata kita. Berikut, kita akan bercengkrama sedikit tentang salah satu spesies yang sangat indah, yaitu jenis cenderawasih putih. Jenis spesies tersebut tentunya mempunyai perbedaan dari jenis lainnya. Namun sebelum mengulas lebih dalam terkena ciri khas, mari kita bercengkrama terlebih lampau terkena kehidupan dari spesies cenderawasih ini. Berikut yaitu ulasan terkena kehidupan dari cenderawasih ini.(baca juga: Jenis cendrawasih yang paling banyak diburu)

Cenderawasih ialah burung indah yang berasal dari timur Indonesia Cenderawasih Putih, Burung Surga di Bumi Indonesia

Spesimen Cenderawasih Putih
Burung cenderawasih putih sendiri sering disebut sebagai burung nirwana dengan nama latin Paradisaea. Untuk cenderawasih putih sendiri dimasukkan kedalam golongan lesser bird of paradise dimana keindahannya masih di bawah beberapa jenis cenderawasih lainnya mirip halnya dengan cendrawasih hitam berdasarkan para pengamat burung. Meski di bawah, namun keindahannya sudah memanjakan mata kita tentunya. Burung ini bertahan hidup dengan memakan buah serta serangga ataupun ulat. Karena itu, kebanyakan habitatnya akan cenderung di kawasan hutan hujan dimana ketersediaan makanan cendrawasih cukup melimpah. Dari segi ukuran, spesies putih biasanya berukuran 32 cm dengan ujung yang Panjang.

Hal menarikdanunik dari cenderawasih ini yaitu ritual perkawinannya. Karena keindahan dari bulunya, untuk memikat pasangan, burung ini akan berlomba dengan melaksanakan tarian guna mengatakan keindahan dari bulu-bulunya. Selain itu, sifat dari pejantan juga unik. Biasanya setelah kawin, pasangan burung akan menjaga telur mereka Bersama. Namun cenderawasih cenderung bersifat poligami dimana setelah kawin, pejantan akan mencari betina lainnya lagi untuk dikawini. Terkadang mereka juga akan kawin dengan jenis lain yang seukuran sehingga menghasilkan bibit unggul tidak sama. Pada ketika bertelur, telur mereka tidak terlalu banyak. Biasnya telur yang muncul berkisar 2-3 butir telur. Meski telurnya sedikit, namun binatang ini cenderung praktis mengikuti keadaan dengan lingkungan sehingga sanggup ditemukan hampir di seluruh pulau papua.

Ciri Khas Cenderawasih Putih
Karena dimasukkan kedalam jenis sendiri, tentunya ada beberapa ciri khas cenderawasih putih yang membedakan dari jenis lainnya. Berikut yaitu perbedaan terdapat pada jenis putih ini:

1. Ciri khas mencolok pertama dalam jenis putih ini yaitu ujungnya yang berwarna putih. Ekor dari jenis lainnya biasanya hadir dengan warna-warni namun untuk jenis kuning, ujungnya juga akan mempunyai ujung putih
2. Pada bab sekitar leher, spesies putih mempunyai warna kehijauan mengkilat yang mirip warna zamrud
3. Ekor Panjang dan melingkar pada bab ujung tidak ada dan ujung tersebut berbentuk putih Panjang dan cukup lebat
4. Paruh burung cenderung lebar berwarna hitam atau biru petang

Selain itu, untuk jenis jantan dan betina, tentunya ada perbedaan pula. Perbedaan terlihat dari kedua jenis tersebut pertama terletak pada bab ukuran. Betina mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan pejantan. Untuk ukuran ujung, jantan juga mempunyai ujung lebih Panjang. Bagian kepala betina mempunyai warna cenderung kecoklatan dan pada bab dada tidak mempunyai banyak warna hiasan mirip pejantan.

Nama burung nirwana tentu bukan bualan belaka alasannya yaitu memang cenderawasih sangat indah dimata. Khususnya untuk cenderawasih putih, meski tergolong rendah dalam keindahan dibanding spesies lainnya, namun keelokanya tetap menarikdanunik mata. Sebagai masyarakat Indonesia, sebaiknya kita ikut menjaga kelestarianya semoga kelangsungan hidup cenderawasih lebih terjamin. melaluiataubersamaini begitu, spesies ini yang ialah jenis khas Indonesia tetap menjadi salah satu keindahan nusantara yang tidak sanggup disaingi oleh negara lainnya.(Baca juga: Ciri cendrawasih dari tiga anatomi)

Post a Comment for "Cenderawasih Putih, Burung Nirwana Di Bumi Indonesia"