Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Nuri Jantan Dan Betina

Ada banyak jenis Burung Nuri, dan setiap jenis mempunyai ciri-ciri yang tidak sama sehingga untuk memilih jantan dan betina, kita harus mengulas satu persatu jenis burung tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan mencoba mengulas beberapa jenis Burung Nuri dan perbedaannya antara jantan dan betina.

ciri yang tidak sama sehingga untuk memilih jantan dan betina Ciri-Ciri Burung Nuri Jantan dan Betina

1. Beda jantan dan betina Nuri Bayan
Burung Nuri Bayan yang mempunyai nama latin Electus Roratus. Perbedaan jantan dan betina:

a. Burung jantan biasanya mempunyai bulu berwarna hijau dengan paruh orang yang mempunyai ujung berwarna kuning.

b. Sedangkan burung betina mempunyai bulu berwarna merah hati dan berpadu dengan warna biru. Parahnya berwarna hitam. Kedua burung, jantan dan betina yang mempunyai perbedaan warna bulu tersebut tentunya akan megampangkan kita.

2. Beda jantan dan betina Burung Nuri Kepala Hitam
Burung Nuri Kepala Hitam yang berasal dari Papua mempunyai warna yang lebih identik dibandingkan dengan Burung Nuri sebelumnya. Burung ini didominasi bulu warna merah dan warna hitam di sekujur tubuhnya, dengan kepala yang mempunyai bulu berwarna hitam sebagai ciri khasnya.

a. Baik yang mempunyai jenis kelabuin jantan dan betina, sama-sama mempunyai paruh berwarna gading atau orange. Hanya saja, yang membedakannya, burung betina mempunyai lingkar hitam di bab leher layaknya kalung atau syal.

b. Ciri-ciri fisik yang dapat membedakan antara burung jantan dan betina yakni ukurannya. Biasanya burung jantan mempunyai ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan dengan burung betina. Begitu juga dengan buntutnya. Burung jantan mempunyai buntut yang lebih pendek.

c. Teknik lain untuk membedakan Nuri kepala hitam yang jantan dan betina yakni dengan melihat keindahan bulunya. Rata-rata, burung jantan mempunyai bulu yang lebih rapi dan membersihkan serta mengkilat. Berbeda dengan burung betina yang pada umumnya terlihat lebih kusam.

3. Perbedaan jantan dan betina Nuri Merah
a. Pada Nuri Merah, apabila kita melihat ciri-ciri fisiknya, paruh burung jantan terlihat lebih tebal dibandingkan dengan burung betina.

b. Begitu juga dengan warna bulunya yang terlihat lebih cerah dan lebih membersihkan atau lebih rapi dibandingkan dengan burung betina yang tampak mempunyai bulu kusam.

c. Pada dikala berdiri, burung jantan lebih tegap dibandingkan dengan burung betina.

d. Burung Nuri Merah jantan buntutnya lebih panjang dan erat dengan kloaka, berwarna sedikit kuning pada dikala masih muda.

e. Burung jantan juga mempunyai gerakan yang lebih lincah dan lebih aktif serta mempunyai ukuran kaki yang lebih besar dan kasar.

f. Apabila sudah sama-sama dewasa, biasanya burung jantan mempunyai bunyi kicauan yang lebih keras dibandingkan dengan burung betina.

g. Ciri-ciri lainnya, burung jantan biasanya mempunyai bulu berwarna hitam di bab leher, tampak menyerupai kalung. Sedangkan pada burung betina tidak ada.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Nuri Jantan Dan Betina"