Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Murai Kerikil Yang Sakit Gondok Dan Cara Mengatasinya

Gondok, mungkin Anda akan berpikir bahwa penyakit ini spesialuntuk terjadi pada insan saja bukan? Hampir seluruh orang awam berpikiran demikian. Akan tetapi, tahukah Anda jikalau sebuntut Murai Batu sanggup mengalami penyakit ini. bahkan tidak spesialuntuk Murai saja, terkadang jenis burung ocehan lainnya juga sanggup mengalami penyakit ini.

Tidak spesialuntuk itu, penyebabnya pun sama dengan penyakit gondok pada manusia, yaitu sebab belum sempurnanya zat yodium.

 mungkin Anda akan berpikir bahwa penyakit ini spesialuntuk terjadi pada insan saja bukan Ciri Murai Batu yang Sakit Gondok dan Teknik Mengatasinya

Berbicara terkena penyakit gondok pada Murai, tahukah Anda jikalau hal tersebut sanggup merugikan pemilik dari burung ini? bahkan sanggup dibilang sangat merugikan pemilik Murai itu sendiri. Pasalnya, dalam keadaan ini sebuntut Murai akan bisu, dan tidak mengeluarkan suara, adapun Ia spesialuntuk sanggup mengeluarkan bunyi ngik-ngik saja layaknya Murai yang terkena asma.

Lalu, bantu-membantu bagaimana penyakit ini sanggup menyerang Murai? Dan, apa ciri Murai Batu yang sakit gondok dan cara mengatasinya menyerupai apa?

Mengenal Ciri Murai watu yang Sakit Gondok dan Teknik Mengatasinya
Sebenarnya ada beberapa ciri utama penyakit gondok pada Murai yang sanggup Anda saksikan secara kasat mata, adapun ciri-ciri tersebut yaitu sebagi diberikut:

1. Murai akan senantiasa membuka paruhnya.
2. Murai tidak sanggup berkicau menyerupai biasanya. Dan kalaupun Ia berkicau, Ia spesialuntuk sanggup mengeluarkan bunyi ngik-ngik saja.
3. Murai yang sedang sakit gondok tidak besar lengan berkuasa untuk dijemur di bawah sinar matahari.
4. Kehilangan nafsu makan.
5. Tubuh terlihat sedikit lemas dan lesu.

Sebenarnya cara untuk mengatasi penyakit gondok pada Murai Batu sanggup Anda lakukan secara mandiri. adapun cara-cara tersebut yaitu sebagai diberikut:

1. Selama dalam proses penyembuhan, sebisa mungkin diberikan Ia pakan yang mempunyai kandung mineral yang tinggi, terutama mineral berjenis yodium.
2. Untuk menjaga kondisi Murai biar tetap fit, Anda sanggup mempersembahkan Murai ini multivitamin burung setiap 2 kali dalam seminggu, diberikan vitamin OrBird.
3. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda sanggup mempersembahkan obat gondok khusus burung.

Ciri-ciri Murai Batu yang menderita gondok dan cara mengatasinya di atas sanggup Anda jadikan sebagai rujukan untuk menangai persoalan serupa. Akan tetapi, selain mengatasi hal tersebut, Anda juga wajib melaksanakan tindakan pencegahan berupa pemdiberian pakan bermineral yang cukup pada Murai Batu.

Post a Comment for "Ciri Murai Kerikil Yang Sakit Gondok Dan Cara Mengatasinya"