Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dan Tips Menciptakan Sangkar Burung Cucak Rowo

Pembuatan kandang Cucak Rowo berkaitan erat dengan proses berternak atau pengembangbiakan burung tersebut. Kandang yang baik harus memenuhi beberapa kriteria semoga burung ini sanggup melaksanakan reproduksi dengan baik dan semoga menghasilkan telur dan anak yang juga sanggup diandalkan.

Diantara beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan ketika membuat sangkar Cucak Rowo di antaranya adalah:

 berkaitan erat dengan proses berternak atau pengembangbiakan burung tersebut misal dan Tips Membuat Kandang Burung Cucak Rowo

A. Desain kandang
Untuk sanggup berhasil membudidayakan burung ini, cobalah membuat sangkar dengan ukuran yang besar, sehingga mempersembahkan banyak kebebasan kepada burung dalam diberinteraksi dengan lingkungannya. Selain itu sangkar yang luas juga akan menciptakannya merasa lebih nyaman layaknya berada di alam bebas.

Semakin besar ukuran sangkar maka semakin baik. Namun apabila anda tidak mempunyai daerah yang cukup luas, dengan kata lain, anda spesialuntuk mempunyai lahan yang terbatas, anda sanggup mencoba mendesain ukuran sangkar dengan Panjang 1 meter dan Lebar 1 meter kemudian Tingginya sanggup 2 meter atau 1.8 m.

B. Perlengkapan di Dalam Kandang
Anda sanggup memanfaatkan batu-bata atau batako sebagai tembok kiri, kanan, dan belakang. Selain itu, bila anda ingin membuat sangkar bersekat anda sanggup memanfaatkan triplek.

Diantara beberapa perlengkapan yang harus anda penuhi di dalam sangkar antara lain:

a. Tenggeran
Sediakan kayu yang mempunyai banyak ranting untuk dipakai sebagai daerah bertengger burung.

b. Sarang
Jangan lupa juga untuk menempatkan masukang yang sebaiknya bebas dari serangan tiruant. Sarang tersebut sanggup anda buat sendiri dengan memakai anyaman bambu yang kemudian didiberikan masukang, atau anda juga sanggup membelinya di toko burung. Sarang sebaiknya berada ditempat yang tinggi.

c. Tempat Mandi
Sediakan juga keramba atau kolam kecil daerah mandi burung. Anda sanggup menciptakannya memakai kolam atau membuat kolam dengan semen.

d. Lantai
Bagian lantai, sebaiknya memakai pasir atau dicampur dengan kerikil semoga sanggup menyerap air maupun tahi burung sehingga sangkar tidak lembab dan tidak mengundang banyak penyakit.

e. Pintu Kandang
Di kepingan depan kandang, Anda sanggup memakai kawat ram yang dikombinasikan dengan kayu atau besi untuk pembuatan pintunya. Ukurannya tidakboleh terlalu besar, cobalah menciptakannya seukuran setengah badan anda.

C. Lokasi kandang
Faktor penentu keberhasilan dalam budidaya burung Cucak Rawa yaitu pemilihan lokasi sangkar yang seharusnya berada di daerah tenang, bebas dari pemangsa dan tidak berlokasi di daerah yang terlalu mencakupk ibarat di pinggir jalan dan erat dengan suara-suara konstant ibarat mesin basuh atau mesin pompa air.

Jika burung sering terganggu, biasanya sanggup stres. Sehingga alangkah bijaknya apabila anda menentukan daerah yang sedikit tertutup.

Kandang yang baik harus berkonsep alami. Terutama, perhatikan sinar matahari yang seharusnya sanggup masuk ke dalam kandang. Karena apabila tidak ada matahari, kesehatan burung di dalam sangkar sanggup terganggu.

Selain itu sirkulasi udara juga harus diperhatikan, buatlah sangkar seterbuka mungkin semoga udara tidak berubah pengap.

D. Tempat Makan dan Tempat Minum
Untuk daerah makan burung, sanggup digantung di erat pintu yang lokasinya praktis dijangkau oleh anda maupun burung. Misalnya erat dari tangkenteng. Selain mempersembahkan anda keleluasaan ketika menggantinya, lokasi penempatan daerah masakan dan minuman juga kuat semoga burung tidak terlalu banyak terganggu ketika anda melaksanakan pergantian air dan makanan. Terlebih pada ketika reproduksi dan proses pengeraman telur.

Sekian sedikit klarifikasi yang sanggup kami update pada postingan kali ini, semoga tips kali ini menambah warta buat sobat erat sekalia, (baca juga: harga cucak rowo)

Post a Comment for "Contoh Dan Tips Menciptakan Sangkar Burung Cucak Rowo"