Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Otocinclus Algae Eater Andalan Aquascaper

Seorang aquascaper tentu tidak gila dengan yang namanya alga. Alga yakni pengganggu bagi flora dan bisa mempengaruhi kesehatan ekosistem yang ada di dalam aquascape, untuk itu diperlukan ikan ikan pemmembersihkan yang ampuh memakan alga alga jahat, atau orang orang menyebutnya sebagai Algae Eater. Akan tetapi hobinatang.com di sini bukan untuk mengulas jenis ikan pemmembersihkan, alasannya yakni kami sendiri sudah pernah menulisnya di artikel, 12 jenis ikan Algae eater Aquascape.

Makara untuk peluang kali ini saya akan mengulas salah satu jenis ikan pemakan alga, yaitu ikan Otto atau sering disebut Otocinclus.
Baiklah diberikut hobinatang akan mengulas tiruananya wacana ikan otocinclus, dari ciri cirinya sampai cara merawatnya.

Ikan Otocinclus Algae Eater Aquascape


 Seorang aquascaper tentu tidak gila dengan yang namanya alga Ikan Otocinclus Algae Eater Andalan Aquascaper

Profil Ikan Otocinclus Keterangan
Kingdom AnimaliaPhylum:Chordata
Class Actinopterygii
Order Siluriformes
Family Loricariidae
Genus Macrotocinclus
Species M. affinis
Asal Brasil
Ukuran 3-5 cm
Suhu 22-28 derajat celcius

Ikan otocinclus cukup populer di kalangan pecinta ikan hias dan juga aquascaper. Biasanya mereka memanfaatkan ikan tersebut sebagai pemmembersihkan akuarium mereka dari alga yang ada. Ketika di dalam akuarium, ikan otocinclus lebih suka berenang secara vertikal dengan cara melekat atau menggantung pada hardscape menyerupai kayu, kerikil atau di beling akuarium.

Sifat yang dimiliki ikan otocinclus yakni pemalu. Jika beliau dipelihara sendirian maka ia akan lebih sering sembunyi di balik flora air. Maka dari itu kami masukankan biar memeliharanya secara berkelompok sekitar 5-6 buntut dalam satu akuarium supaya mereka mau berenang ke permukaan air alias tidak selalu sembunyi.

Ikan dengan nama latin Otocinclus Vestitus ini bisa hidup dengan ikan hias lainnya, mereka bisa menyesuaikan diri dengan ikan beda jenis menyerupai guppy dan tetra. Akan tetapi ada satu jenis ikan hias yang tidakboleh dicampur dengan ikan otocinclus, yakni ikan chiclid. Karena ikan chiclid bersifat predator yang nantinya akan menyerang habis ikan otocinclus.

Di habitat aslinya, ikan otocinclus biasa hidup di air sungai yang mengalir yang terdapat beberapa flora air di dalamnya. Sehingga anda harus menyediakan akuarium yang sesuai dengan habitat aslinya, yakni aerasi yang memadai dan filter yang baik serta flora air dengan substrat yang lembut dan nyaman.

Adapun soal makanan, ikan otocinclus tidak spesialuntuk bergantung pada algae saja. Sobat juga semestinya mempersembahkan pakan lain menyerupai sayuran dan pecahan kecil. Ikan otocinclus termasuk herbivora yang memakan tanaman. Namun sobat bersahabat tidakboleh khawatir, lantaran mereka tidak akan memakan flora air yang berukuran besar.

Dalam proses pemijahan, sangat menyerupai dengan ikan Corydoras. Yakni telur telur mereka akan melekat di permukaan flora atau substrat datar, kemudian akan menetas dengan sendirinya. Untuk pakan bayi ikan yang gres saja lahir anda bisa memdiberinya masakan lembut menyerupai jentik nyamuk dan sebagainya.

Demikianlah ulasan kami wacana ikan otocinclus yang sangat populer dan menjadi andalan para aquascaper sebagai pembasmi alga atau algae eater. Semoga bermanfaa silakan share sebanyak banyaknya supaya yang lain juga tahu. Sekian, terimakasih.

Post a Comment for "Ikan Otocinclus Algae Eater Andalan Aquascaper"