Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kumpulan Jenis Burung Madu (Kolibri) Yang Patut Anda Ketahui

Burung Kolibri termasuk ke dalam famili hummingbird. Sedangkan Burung Madu termasuk kedalam famili sunbird. Jadi, walaupun mempunyai beberapa kesamaan, contohnya ukuran dan gaya, namun kedua burung tersebut sangat tidak sama. Banyak orang menganggap Burung Madu sebagai Kolibri dan tentu saja anggapan tersebut salah kaprah.

Kolibri kebanyakan hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan, mempunyai bulu gemerlap yang sanggup memantulkan cahaya warna-warni sehingga terlihat sangat indah layaknya terdapat minyak pada bulunya.

Burung Kolibri termasuk ke dalam famili hummingbird INI Kumpulan Jenis Burung Madu (Kolibri) Yang Patut Anda Ketahui

Spesies Kolibri kebanyakan hidup di Hutan Amazon Amerika Selatan dan di Pepegununganan Andes.

Burung Madu
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Burung Madu termasuk ke dalam keluarga nectariniidae dari genus nectarinia. Burung ini sangat menyukai nektar, mengkudu, pepaya, serangga kecil dan dadap. Di Indonesia, dikenal setidaknya 4 jenis Burung Madu yang diubahsuaikan dengan habitatnya di antaranya adalah, Burung Madu Belukar, Burung Madu Kelapa, Burung Madu Bakau dan Burung Madu Sriganti. Walau demikian, ada beberapa burung madu lain yang juga dikenal oleh para peternak. Burung ini menyukai tempat-tempat ibarat pekarangan, pantai dan hutan mangrove (bakau).

Ciri-ciri Burung Madu
Burung Madu mempunyai ukuran badan yang tidak jauh tidak sama dengan Burung Kolibri yaitu sekitar 7 hingga 10 cm. Paruhnya lancip dan panjang berfungsi untuk megampangkan dalam menghisap madu dari bunga.

Burung ini mempunyai sedikit perbedaan antara betina dan yang jantan. Burung jantan mempunyai badan bab bawah yang berwarna kuning terang, dengan dagu dan dada hitam keunguan serta mempunyai bulu punggung berwarna hijau zaitun.

Sedangkan burung yang betina badan bab bawahnya berwarna kuning dan tidak terdapat warna hitam pada bab dagu maupun dada.

Jenis Burung Madu

A. Burung Madu Sriganti
Burung Madu Sriganti mempunyai nama latin nectarinia. Burung ini sangat suka tinggal di semak-semak dan sering mencari masakan di pohon pepaya serta hutan hutan mangrove. Makanan yang disukai antara lain, serangga kecil laba-laba dan nektar.

B. Burung Madu Bakau
Burung Madu bakau mempunyai nama latin leptocoma calcostetha. Disebut Burung Madu bakau alasannya yaitu hidupnya banyak dihabiskan di hutan-hutan bakau dan pinggir pinggir pantai serta sering juga menhadiri pohon-pohon kelapa.

C. Burung Madu Wulung
Burung ini mempunyai nama latin anthreptes singalensis. Hidupnya banyak dihabiskan di pinggir hutan, kebun-kebun kelapa dan sering juga terlihat di pohon cemara. Burung ini sangat menyukai madu dari bunga-bunga dan menyukai buah-buah kecil termasuk juga serangga dan ulat.

D. Burung Madu Gunung
Sesuai dengan namanya, Burung Madu ini sering terlihat di hutan, di pinggir hutan, dan di, kaki pegunungan. Nama latinnya yaitu aethopyga eximia.

E. Burung Madu Jawa
Burung Madu Jawa banyak hidup di semak-semak dan sering juga menhadiri benalu. Burung ini menyukai nektar, biji-bijian dan binatang-binatang kecil ibarat laba-laba dan serangga.

F. Burung Madu Kelapa
Sering ditemukan di pekarangan dan terutama berada di kebun-kebun kelapa. Burung ini sangat menyukai sari bunga kelapa selain nektar, laba-laba dan ulat.
Burung Madu kelapa mempunyai nama latin anthereptes malacensis.

G. Burung Madu Tasik
Burung Madu Tasik yaitu Burung Madu yang berasal dari Jawa Barat, sering hidup di pinggir hutan, ditempat-tempat terbuka, termasuk juga semak-semak dan perkebunan. Burung ini menyukaimu buah-buahan, serangga, dan biji-bijian, termasuk juga nektar.
Burung Madu Tasik mempunyai nama latin leptocoma sperata.

H. Burung Madu Sepah Raja
Hidupnya banyak dihabiskan di perkebunan, sering juga terlihat di hutan sangat menyukai nektar serta banyak sekali jenis serangga. Nama latin Burung Madu Sepah Raja yaitu aethopyga siparaja.

Post a Comment for "Inilah Kumpulan Jenis Burung Madu (Kolibri) Yang Patut Anda Ketahui"