Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Perawatan Nuri Pelangi Atau Perkici Pelangi

Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia, ia masih satu keluarga dengan nuri kepala hitam dan nuri bayan. Akan tetapi kicauan nuri pelangi tidak sebagus nuri bayan dan nuri kepala hitam. Karena suaranya cenderung kencang dan spesialuntuk jeritan biasa, sehingga tidak cocok dijadikan burung kicau.

Meski demikian burung ini mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri dari sisi warna dan corak bulunya. Untuk itu di sini hobinatang.com akan mengulas tiruana wacana nuri pelangi, mulai dari habitat, ciri-ciri, karakter, masakan hingga perawatan dan penangkarannya.

Burung Nuri Pelangi (Trichoglossus Haematodus)


Spesies paruh bengkok yang satu ini sangat familiar dengan keindahan warna tubuhnya, sehingga kalimat "pelangi" tidak lepas dari julukannya. Terkadang ia dipanggil nuri pelangi, rainbow lorikeets, perkici pelangi dan kadang pula dipanggil kasturi pelangi. Lantas dari mana habitat burung ini?

1. Klasifikasi Ilmiah dan Habitat Nuri Pelangi/Perkici Pelangi/Rainbow Lorikeets


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Burung nuri pelangi berasal dari keluarga psittacidae (paruh bengkok), yang mempunyai nama latin Trichoglossus haematodus. Saat ini burung nuri pelangi sudah banyak dibudidayakan masyarakat umum, namun bersama-sama habitat orisinil burung ini berasal dari semak-semak pantai dan hutan hujan yang ada di Indonesia, Papua Nugini dan Australia.

Anda bisa menemukannya di Australia penggalan timur, tasmania barat maritim dan queensland. Adapun di Indonesia anda bisa menemukannya di daerah timur, papua dan sekitarnya. Makara kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga diri alasannya ialah termasuk yang mempunyai burung ini.

Bahkan hingga dikala ini burung nuri pelangi sudah mulai populer hingga China, Selandia gres dan Hongkong.

2. Ciri Ciri Burung Nuri/Perkici Pelangi


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Meski tidak bersuara merdu, nuri pelangi tetap menjadi kesukaan banyak orang alasannya ialah warna bulunya yang indah dan cantik. Sebut saja beliau menyerupai pelangi, bisa anda lihat pada foto di atas, di penggalan kepalanya berwarna biru yang nampak pas dengan paruhnya yang berwarna jingga, kemudian penggalan leher berwarna hijau kekuningan.

Ditambah warna hijau pekat tepat di atas punggung hingga melebar ke akup, sedangkan bulu penggalan dada berwarna merah dengan garis garis hitam kebiruan. Adapun panjang burung nuri pelangi sekitar 25-30 cm dan rentang akup sepanjang 17 cm.

Yang membuat resah ialah warna dan ciri ciri di atas ada pada nuri pelangi jantan dan betina, sehingga kebanyakan pemula masih resah membedakan mana yang jantan dan mana betina. Untuk itulah nanti kami akan mengulasnya di poin selanjutnya.

3. Teknik Membedakan Nuri Pelangi Jantan dan Betina


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Burung perkici pelangi ialah burung monomorfik seksual yang artinya sedikit lebih susah dibedakan jenis kelabuinnya. Hal ini alasannya ialah bentuk fisik mereka sama, warna bulu juga sama. Namun anda tetap harus bisa membedakan jenis kelabuin keduanya supaya ketika akan membudidayakan kesannya bagus dan sempurna. Untuk itulah silakan ambil langkah di bawah ini untuk membedakan jenis kelabuin burung nuri pelangi.
  • Nuri pelangi jantan mempunyai dada lebih tebal daripada betina.
  • Warna bulu dada pada nuri pelangi jantan berwarna orange atau jingga petang, sedangkan milik betina pudar, cerah dan sedikit kekuningan.
  • Nuri pelangi jantan lebih sering membusungkan dada dikala makan dan melompati burung lain untuk mengambil makanan.
  • Kepala nuri pelangi jantan berbentuk agak persegi dan kepala betina lebih bulat.
Itulah cara membedakan jenis kelabuin burung nuri jantan dan betina yang gampang. Berikutnya anda harus mengenali huruf burung nuri pelangi di bawah ini.

4. Karakter Burung Nuri Pelangi


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Karakter burung nuri pelangi menyerupai mirip lovebird yakni setia pada satu pasangan saja. Umumnya mereka tidak akan berganti pasangan selama pasangannya belum mati atau tiada. Bahkan hingga terbang pun mereka selalu berpasangan. Berbeda dengan nuri bayan yang mempunyai huruf suka selingkuh. Hehe

Dalam hal mencari makanan, sepasang burung nuri pelangi bersikap sangat agresif. Itulah mengapa mereka tidak akan segan menyerang burung lain yang mengganggu wilayahnya, meskipun burung lain tersebut berpostur lebih besar. Selain itu huruf lain nuri pelangi lain ialah lebih suka tinggal di hutan hujan atau tempat yang terbuka.

4. Makanan Burung Nuri Pelangi


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Sama menyerupai paruh bengkok lainnya, di habitat liar nuri pelangi memakan buah buahan dan biji bijian. Umumnya nuri pelangi anakan suka makan buah pepaya,apel dan jeruk. Sedangkan biji bijian yang sering dimakan ialah biji millet merah dan biji bunga matahari alias kuaci.

Namun dikala dipelihara kalian boleh membedakan pakan nuri pelangi anakan dan dewasa, terutama yang masih disapih usia 12-14 hari sebaiknya dikasih masakan olahan burung lovebird atau potongan tulang sotong yang dihaluskan kemudian diletakkan pada sendok kecil dan disuapkan ke anakan burung.

Berikan multivitamin juga untuk anakan burung nuri pelangi. Anda bisa memdiberinya vitamin Birdvit, cairan ini diteteskan ke dalam air minumnya atau eksklusif diteteskan di verbal si burung. Jika anakan burung sudah berusia 3-4 minggu, anda sudah bisa memdiberinya pakan buah dan biji bijian serta tidak perlu lagi disuapin, alasannya ialah usia 1 bulan atau 4 ahad sudah bisa makan sendiri.

Adapun untuk nuri pelangi dewasa, bisa di diberikan buah buahan menyerupai apel, pisang, jeruk, anggur dan wortel. Sesuaikan kebutuhan gizi yang diperlukan. Anda juga bisa mempersembahkan sayuran hijau menyerupai labu rebus dan kacang hijau.

Perlu anda ketahui, tidakboleh mempersembahkan buah buahan yang mengandung gula terlalu tinggi alasannya ialah bisa mengakibatkan bulunya rontok. Kemudian hindari pemdiberian pakan berupa coklat, asparagus, terong, kubis, alpukat, kacang mentah, madu, kemangi, bawang dan masakan berminyak serta cemilan asin atau manis. Sebab masakan kuliner tersebut beracun untuk nuri pelangi.

5. Perawatan Burung Nuri Pelangi


 Nuri pelangi ialah salah satu burung paruh bengkok yang populer di Indonesia Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Perawatan burung nuri pelangi harus dilakukan semenjak ia masih usia anakan. Biasanya anak burung nuri pelangi sudah mulai disapih dikala usianya 12-14 hari. Makara anda sudah bisa memdiberinya pakan berupa buah buahan dan mereka bisa makan sendiri. Karena umumnya usia tersebut mata mereka sudah terbuka. Adapun kalau sobat bersahabat belum bisa menyapihnya, maka penyapihan bisa dimulai di usia 8 ahad atau 2 bulan.

Terkait kandang, burung nuri pelangi menyukai sangkar yang berukuran luas dan sangkar tersebut diletakkan di tempat yang ramai. Karena mereka bahagia bersosialisasi dengan burung lainnya. Jika mereka ditempatkan di tempat yang sepi maka efeknya ialah mereka akan stres bahkan jikalau didekatkan dengan hewan lainnya (selain burung) mereka juga akan stres.

Burung nuri pelangi menyukai suhu normal, tidak terlalu cuek dan tidak terlalu gerah. Suhu yang bisa anda gunakan untuk memelihara nuri pelangi ialah 18-29 derajat celcius. Usahakan tidak dibawah 4 derajat dan diatas 29 derajat ya guys. Kalaupun terpaksa, usahakan jaga sirkulasi udara berjalan dengan sempurna.

Perawatan lain yang harus anda lakukan ialah memperhatikan kemembersihkanan sangkar nuri pelangi. Bersihkan kandangnya dari sisa sisa masakan serta mengganti air, wadah makan minumnya setiap hari. Sebab, nuri pelangi sangat rentan terhadap nanah bakteri. Untuk pergantian bantalan sangkar bisa dilakukan 2 hari sekali. Cuci membersihkan tiruananya dan ganti bantalan yang membersihkan.

Uniknya lagi, burung nuri pelangi ini suka sekali berendam di dalam air. Bahkan terkadang mereka berendam di wadah minumnya. So, akan lebih baik jikalau sobat bersahabat menyiapkan tempat khusus berendam. Dan tidakboleh diberi komplemen apapun di dalam air tersebut, alasannya ialah komplemen spesialuntuk akan membuat basil cepat berkembang biak dan dikhawatirkan burung nuri akan meminum airnya.

Selain itu dalam hal beranak pinak, maka nuri pelangi biasanya akan bertelur sebanyak 2-3 telur dalam satu periode. Jika perawatannya bagus, mereka akan bereproduksi sebanyak 5 kali dalam setahun. Induk betina akan mengerami telur terlurnya selama 25-26 hari. Lalu sang induk jantan akan menjaga masukang serta mencari makan untuk induk betina. Sesudah telurnya menetas, induk jantan dan betina akan mengurus bayinya bersama sama.

Baca juga: 22 Jenis Burung Kicau Lengkap Beserta Foto dan Namanya

Nah, itulah wacana nuri pelangi yang kami rangkum. Kurang lebihnya kami harap maklum. Semoga bisa menambah wawasan dan juga pemahaman yang baik untuk anda tiruana. Kami cukupkan dulu hingga di sini agar bermanfaa terimakasih.

Post a Comment for "Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Perawatan Nuri Pelangi Atau Perkici Pelangi"