Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Nuri Yang Berilmu Dan Lucu

Burung Nuri digolongkan sebagai salah satu burung kicau yang mempunyai kepandaian di atas rata-rata. Burung ini sangat disukai oleh pencinta burung sebab kepandaiannya dalam menirukan bunyi insan maupun bunyi burung lainnya. Di Indonesia, Burung Nuri banyak ditemukan di penggalan timur kepulauan Indonesia menyerupai di Papua, Maluku dan Sulawesi.

Ada banyak jenis Burung Nuri yang dikenal diantaranya adalah, Burung Nuri Kepala Hitam disebut juga Black Capped Lory mempunyai nama Latin Lorius Lory. Ukuran tubuhnya sekitar 30 cm dan banyak ditemukan di Papua.

 digolongkan sebagai salah satu burung kicau yang mempunyai kepandaian di atas rata Mengenal Burung Nuri yang Pintar dan Lucu

Selain itu, terdapat juga Nuri Raja Ambon yang banyak ditemukan di wilayah Halmahera dan Maluku. Burung ini mempunyai panjang badan sekitar 35 cm dan nama latinnya ialah Alisterus Amboninensis. Ada juga Nuri Kalung Ungu yang banyak ditemukan di Papua Utara dan Maluku Utara. Kemudian Nuri Tanimbar, Nuri Telinga Biru, Nuri Sayap Hitam, Nuri Maluku, Nuri Taulud, Nuri Hitam, Niri Kate Geelvink, Nuri Ara Pipi Kuning, Nuri Arah Dada Jingga dan lain-lain.(lihat: kumpulan gambar burung nuri lengkap)

Habitat
Burung Nuri kebanyakan ditemukan di pinggir hutan dan seringkali hidup di hutan hujan. Makanan yang disukainya cukup bervariasi mulai dari buah-buahan, biji-bijian dan aneka macam jenis kumbang yang berukuran kecil. Saat ini, Burung Nuri semakin berkurang jumlahnya di alam liar dan pada tahun 1990 Pemerintah Republik Indonesia sudah mengeluarkan undang-undang untuk melindungi burung tersebut.

Kandang burung
Pembuatan sangkar Burung Nuri harus sesuai dengan ukuran tubuhnya. Burung Nuri ada yang berukuran sangat besar contohnya 35 cm - 43 cm, dan ada juga yang berukuran kecil sekitar 9 dan 12 cm. Untuk burung yang berukuran besar anda sanggup membuat sangkar sekitar 1 meter x 1 meter x 2 meter memakai strimin logam serta kerangka kayu.

Makanan
Pada dikala dipelihara, biasanya Burung Nuri didiberikan kacang-kacangan, buah pepaya, wortel, bahkan ada juga yang menyukai pelet lele serta beberapa breeder terkadang mempersembahkannya susu dan roti.

Burung Nuri jantan dan betina
Setiap jenis Burung Nuri mempunyai perbedaan antara burung jantan dan betina. Burung tesbut biasanya dibedakan menurut ukuran badan dan warna bulu. Pada umumnya, bulu burung jantan lebih tegas dibandingkan dengan bulu burung betina yang terlihat lebih pudar. Begitu juga ukuran tubuhnya, burung jantan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan burung betina.

Harga Burung Nuri
Harga Burung Nuri yang masih anakan biasanya mencapai Rp 500- 600 ribuan. Sedangkan yang sudah menginjak remaja dan sudah bersuara serta pandai menirukan beberapa patah kata yang diucapkan insan sanggup dihargai mulai dari Rp. 2 juta - Rp. 5 juta dan ada juga yang mencapai puluhan juta jikalau sudah pandai bicara. (simak: suara kicau burung nuri)

Post a Comment for "Mengenal Burung Nuri Yang Berilmu Dan Lucu"