Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Dan 4 Tipe Sangkar Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Lintas Ternak – Pernah melihat ayam kampung ? Ayam kampung memang sudah menempel dengan masyarat,khususnya dipedesaan.Kebanyakan ayam kampung didesa dipelihara dengan cara diumbar.Namun cara itu dianggap kurang efektif dan irit kalau tujuannya untuk mendapat laba sebagai lahan bisnis.Usaha ayam kampung memang sangat menjanjikan,seiring seruan pasar yang sangat tinggi.Namun masa pguan ayam kampung cukup usang bisa 7-8 bulan.Ayam kampung mempunyai ketahanan badan yang besar lengan berkuasa kalau dibandingkan dengan ayam potong ,ayam petelur dll.Dari segi daging ,daging ayam mempunyai tekstur yang baik tapi tidak selunak daging ayam potong,tapi daging ayam kampung mempunyai gizi dan vitamin yang lebih baik.Jika anda ingin membudidayakan ayam kampung salah satu hal yang harus anda perhatikan ialah kandang.

Kandang menyerupai rumah,jika rumah anda sempit,kotor bahkan bocor niscaya anda merasa tidak nyaman,begitu juga dengan ayam kampung anda harus menyediakan sangkar senyaman mungkin.Selain sebagai kawasan tinggal sangkar juga mempunyai fungsi sebagai pelindung dari cuaca (gerah maupun hujan),gangguan manusia,predator yang sanggup mengancam ayam tersebut.Kandang sangat dibutuhkan biar sanggup mempersembahkan kenyaman bagi ayam yang anda pelihara,agar bisa tumbuh kembang dengan baik dan mempersembahkan hasil terbaik.Ada sangkar ayam kampung yang harus anda penuhi ,memiliki kriteria sebagai diberikut :

Kriteria Kandang Ayam Kampung yang Baik


1.Posisi sangkar dibentuk agak tinggi biar sangkar tetap selalu dalam keadaan kering

2.Anda juga harus memperhatikan kelayakan kandang,kandang harus diubahsuaikan dengan luas tanah dan modal yang anda miliki.Selain itu ukuran sangkar juga harus diubahsuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara.Ushakan dibentuk longgar tidakboleh terlalu berdesak-desakan.

3.Letak dan arah kandang,letak sangkar yang baik jauh dari keramaian dan kondusif dari predator.Arah sangkar mnghadap ketimur maupun kebarat dengan tujuan untuk mendapat sinar matahari yang cukup.Sinar matahari mempunyai manfaat memmenolong metabolisme kalsium,sehingga kesehatan tulang tetap terjaga.

4.Untuk bab dinding sangkar bisa terbuat dari bambu maupun materi lain.Ushakan tidakboleh buat terlalu rapat ,agar sirkulasi udara dan sinar matahari bisa masuk.

5.Bagian atap anda bisa memakai terpal,asbes,seng,ijuk dll.Bahan tersbut tidak harus yang baru,anda bisa memakai yang bekas namun kondisinya masih baik.

6.Untuk bab dasar lantai dibentuk dari semen,lantai sangkar dilapisi dengan serbuk gerpenghasilan,kapur maupun sekam padi.

7.Jangan lupa untuk mempersembahkan ventilasi yang cukup pada kandang.Agar udara bisa keluar masuk dengan baik.

8.Perlengkapan sangkar lainnya yang harus anda penuhi mirip kawasan makan dan minum,lampu pijar.

4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung 


Dalam pembuatan sangkar ayam kampung paling tidak anda harus memenuhi kriteria-kriteria diatas .Dibawah ini akan saya jelaskan tipe sangkar yang bisa anda gunakan untuk membudiayakan ayam kampung.Sesuaikanlah dengan lahan yang anda miliki.

1.Tipe Kandang Ayam Kampung Modern

 Ayam kampung memang sudah menempel dengan masyarat Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Kandang terdiri dari dua komponen yaitu kadang indukan serta sangkar kawasan untuk bertelur ayam,dan sangkar kawasan pembemasukan hingga pguan.Untuk duduk masalah ukurannya sendiri tergantung luas lahan dan jumlah ayam yang mau anda pelihara.Sebagai citra kalau anda ingin memelihara 100 buntut membutuhkan luas sangkar 150 meter persegi atau P X L = 5 m x 3 m.Kandang diatas harus membutuhkan lahan yang luas kalau ingin menampung jumlah populasi ayam yang banyak.

2.Tipe Kandang Ayam Kampung Sistem Intensif

 Ayam kampung memang sudah menempel dengan masyarat Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Jika ayam kampung tidak bekeliaran kemana-mana anda bisa terapkan sistem intensif.Pemeliharaan dengan cara ini mulai diterapkan oleh peternak ayam kampung skala rumahan dengan memanfaatkan lahan sempit dirumahnya.Keuntungan menerapkan sangkar ini sangat efisien.Kandang dibentuk bertingkat dan diusahakan bisa menampung banyak ayam.Jaga sangkar tetap dalam keadaan membersihkan,agar ayam jauh dari penyakit.

3.Tipe Kandang Ayam Kampung Sederhana

 Ayam kampung memang sudah menempel dengan masyarat Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung Yang Baik

melaluiataubersamaini sistem sangkar sederhana ayam tidak praktis stres alasannya ialah sangkar didesain luas dan ayam bisa bergerak dan berjemur dengan bebas.Kandang diatas bisa menampung sekitar 15 hingga 20 buntut ayam kampung ukuran 1 kg an .Sebaiknya ayam sudah berumur 2 bulan untuk dimasukkan kedalam sangkar jenis ini.

Pada bab sangkar belakang kawasan berteduh dikasih kawasan bertengger,serta kawasan berjemur diatasnya bisa dibuka.Jika pada animo penghujan bab sisinya ditutup memakai terpal atau kain biar ayam tidak kedinginan pada malam hari.

4.Tipe Kandang Ayam Kampung Sistem Umbaran

 Ayam kampung memang sudah menempel dengan masyarat Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan dibelakang rumah anda untuk dijadikan sangkar umbaran.Untuk membuat sangkar ini anda harus membuat sangkar keliling sekitar 2 meter biar ayam tidak bisa keluar.Selain itu anda harus sediakan kawasan pakan dan minum,tempat bertengger dan sangkar bertelur.Untuk sangkar bertelur dibentuk kotak  dengan ukuran P X L X T = 36 X 36 X 36 dan terletak diatas ketinggian kurang lebih 55 cm diatas permukaan tanah.

Demikianlah Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung yang mungkin bisa bermanfaa bagi kalian tiruana yang ingin memelihara ayam tersebut.Pada pada dasarnya untuk duduk masalah sangkar harus diubahsuaikan dengan lahan yang anda punya dan jumlah ayam yang mau dipelihara.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "Kriteria Dan 4 Tipe Sangkar Ternak Ayam Kampung Yang Baik"