Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Favorit Burung Jalak Suren

Merawat Jalak Suren tidak lepas dari beberapa faktor penting diantaranya adalah, perawatan kandang, pemdiberian makan dan perawatan kemembersihkanan. Khusus untuk makanan, biasanya sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan dan kemungkinan burung untuk sanggup gacor (rajin berkicau).

Makanan juga memainkan peranan sangat penting pada dikala burung ini berganti bulu atau pada dikala molting (baca juga: harga jalak suren).

Merawat Jalak Suren tidak lepas dari beberapa faktor penting diantaranya ialah Makanan Favorit Burung Jalak Suren

Tips Pemdiberian Makanan pada Jalak Suren

A. Pakan atau Makanan Utama
Burung yang didapatkan dari peternak atau breeder biasanya sudah terbiasa makan voer. Yang didiberikan sebaiknya berkarakter dan mengandung banyak protein ibarat voer untuk ayam, voer untuk lele, atau voer hijau.

B. Makanan Ekstra
Makanan ekstra sanggup berupa binatang-binatang kecil atau serangga dan buah-buahan. Akan tetapi perlu anda perhatikan bahwa masakan ekstra (EF) sebaiknya didiberikan tidak terlalu sering atau diselang-seling setiap hari.

Diantara makanan-makanan yang disukai oleh burung Jalak Suren adalah, jangkrik, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, biji-bijian, buah pisang, buah pepaya, dan buah apel.
Cacing

Pemdiberian cacing sanggup dilakukan dua kali dalam seminggu dalam porsi yang tidak terlalu banyak contohnya pada pagi hari.

Ulat Hongkong (UH)
Tidak jauh tidak sama dengan cacing, ulat hongkong juga sanggup didiberikan dua kali dalam seminggu terutama pada pagi hari.

Kroto
Pemdiberian kroto terbaik 3 kali dalam seminggu. Dalam satu hari diberikan satu sendok makan kroto
.
Jangkrik
Sedangkan untuk jangkrik, sanggup didiberikan setiap hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya 3 buntut setiap hari atau anda juga sanggup mempersembahkannya 5 sampai 10 buntut setiap hari tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan pakan tersebut.

Buah-buahan
Pemdiberian buah-buahan juga sebaiknya tidak terlalu sering. Misalnya tiga kali dalam seminggu anda sanggup mempersembahkannya pisang pada hari senin, kemudian pepaya pada hari rabu atau kamis, kemudian apel pada hari sabtu.

C. Makanan Saat Mabung
Pada dikala burung mabung atau pada dikala Jalak Suren berganti bulu, mereka biasanya membutuhkan energi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. Oleh alasannya ialah itu, diperlukan masakan dalam jumlah yang banyak dan bergizi untuk melewati masa 3 ahad pergantian bulu.
Beberapa breeder menyarankan EF buatan sendiri seperti:

Bahan-bahan
- Tepung tulang ikan sanggup dibeli di toko pakan burung.
- Tepung daging.
- Tepung udang. Teknik menciptakannya ialah dengan mengeringkan udang terlebih lampau memakai sinar matahari atau Oven kemudian di giling sampai halus.
- Satu butir telur ayam atau telur bebek.
- Voer untuk ayam.

Teknik Pembuatan
1. Campuran tiruana jenis tepung mulai dari tepung udang, tepung daging, tepung tulang kemudian menambahkan juga voer ayam secukupnya kemudian aduk sampai rata.
2. Sesudah itu kocok 1 butir telur kemudian campurkan.
3. Sesudah dicampurkan dan diaduk sampai rata, kemudian pakan di jemur sampai mengering. Proses penjemuran sanggup di bawah sinar matahari atau sanggup juga dikeringkan dengan memakai oven.
4. Sesudah kering, kemudian pakan tersebut digoreng memakai api sedang dan diberikan minyak sedikit semoga tidak lengket di wajan.
5. Sesudah kering, kemudian diangkat dan ditempatkan di wadah yang tertutup.
6. Makan ini cocok didiberikan untuk burung Jalak Suren yang sedang mabung. Anda sanggup mempersembahkan pakan ini setiap satu hari sekali sebanyak 1 sdm (sendok makan).

Alternatif lain yang lebih praktis
Yaitu dengan mempersembahkan aksesori dan multivitamin yang terbuat dari bahan-bahan herbal, OrBird menjadi pilihan yang sempurna dan sangat cantik sebagai aksesori tambahan untuk burung.

Post a Comment for "Makanan Favorit Burung Jalak Suren"