Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Kacer Yang Sering Mengacak-Acak Pakan

Jika Anda sudah bergelut dengan budidaya atau memelihara Kacer (baca: ternak kacer), Anda mungkin sering mendapati Kacer yang sering mengacak-acak pakan bukan? Ya, sikap ini memang sangat sering dilakukan oleh sebuntut burung, dan tidak terkecuali dengan Kacer. Sedangkan untuk lantaran dari sikap ini sendiri beragam, dari mulai Kacer yang gemar menentukan makanan, Kacer yang sedang cacingan, atau bahkan lantaran Kacer sedang mengalami stres.

Jika penyebab dari persoalan ini lantaran cacingan, maka hal yang wajib Anda lakukan ialah dengan mempersembahkan obat cacing khusus burung pada Kacer keakungan Anda. Akan tetapi, kalau penyebabnya lantaran Kacer tersebut sedang stres, maka cara terbaik ialah dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan stres yang diderita oleh sang burung.

Jika Anda sudah bergelut dengan budidaya atau memelihara Kacer  Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan

Adapun cara untuk menghilangkan stres tersebut ialah dengan cara:

1. Memindahkan burung ke kawasan yang ideal, tidak terlalu brisik, tidak terlalu ramai, dan terhindar dari predator dan pengganggu lainnya.
2. Memdiberikan kredong pada kandang Kacer.
3. Menambah intensitas mandi, bila perlu Anda sanggup memandikan Kacer pada jam 9 malam. Hal ini mempunyai kegunaan untuk mengurangi tingkat stres yang diderita oleh Kacer.

Teknik-cara di atas sangatlah baik dipakai apabila penyebab dari persoalan ini ialah lantaran stres. Tapi, bila penyebabnya ialah lantaran sikap Kacer yang selektif, bagaimana cara untuk mengatasi Kacer yang sering mengacak-acak pakan tersebut?

Jika penyebab dari persoalan ini ialah lantaran sikap Kacer yang over selektif, maka hal terbaik yang sanggup Anda lakukan ialah dengan menerapkan cara-cara sebagai diberikut:

1. Menggunakan kawasan makan yang tertutup
Jika Anda memakai cara ini, maka pakan-pakan yang awut-awutan di lantai kandang akan sedikit, bahkan tidak ada. Selain untuk meminimalisir pakan yang berserakan, hal ini juga akan mengajarkan Kacer untuk makan apapun pakan yang sudah disediakan tanpa perlu memilah dan menentukan pakan mana yang akan mereka makan.

2. Pemasangan karpet di dasar sangkar
Teknik mengatasi Kacer yang sering mangacak-acak pakan ini sebetulnya tidak bertujuan untuk mengurangi tingkat selektifitas dari Kacer. Akan tetapi, cara ini mempunyai kegunaan untuk megampangkan Anda dalam memmembersihkankan sisa pakan Kacer yang awut-awutan di lantai sangkar.

Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri ialah sebagai diberikut:

a. Pasangakan karpet ini di atas belahan kandang yang biasa dipakai untuk kawasan Kacer makan.
b. Sesudah itu, kalau sudah terpasang, Anda biarkan Kacer makan sesuai dengan yang Ia inginkan.
c. Saat Kacer makan dan berserakan, sisa-sisa pakan yang awut-awutan itu akan jatuh di atas karpet yang sudah kita pasang.
d. Jika Kacer sudah akibat makan, Anda sanggup menangkat dan menarikdanunik karpet serta sisa pakan tersebut untuk dimembersihkankan.

Itulah cara-cara mengatasi Kacer yang sering mengacak-acak pakan. Akan tetapi, sebelum Anda melaksanakan penanganan-penanganan menyerupai di atas, alangkah baiknya Anda periksa peneybab dari sikap Kacer yang menyerupai itu. Hal ini di samping untuk mengetahui penyebab persoalan ini, juga untuk megampangkan kita dalam menentukan dan menentukan penganan apa yang sempurna untuk persoalan Kacer tersebut.

Post a Comment for "Mengatasi Kacer Yang Sering Mengacak-Acak Pakan"