Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Pleci Mata Putih

Pleci Mata Putih menjadi salah satu burung kicau yang cukup digemari dan banyak dicari alasannya burung ini lebih praktis buka paruh alias lebih praktis berkicau dibandingkan dengan jenis lainnya (baca: jenis pleci). Di Indonesia, beberapa jenis Pleci Mata Putih yang banyak diminati antara lain, Pleci Mata Putih Jawa Timur, Pleci Mata Putih Muria, dan Pleci Mata Putih Kudus. Dibandingkan dengan Pleci Mata Putih yang berasal dari Nusa Tenggara, Pleci Mata Putih dari Jawa lebih disukai.

Kelebihan Pleci Mata Putih
Beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Pleci jenis ini diantaranya ialah suaranya yang lebih jernih dan mengkristal. Memiliki huruf yang cukup kasar terlebih apabila bertemu dengan lawan. Apabila dirawat secara baik, burung ini mempunyai speed bunyi yang cukup rapat (download: suara Pleci).

 menjadi salah satu burung kicau yang cukup digemari dan banyak dicari alasannya burung ini l Mengenal Burung Pleci Mata Putih

Pakan Pleci Mata Putih
Makanan utama untuk burung Pleci Mata Putih hampir sama dengan burung Pleci lainnya yang menyukai buah-buahan ibarat jambu merah, buah pisang, apel dan juga sawo. Selain itu beberapa breeder juga terkadang mempersembahkan extra food (EF) berupa jangkrik, kroto, dan banyak sekali jenis ulat ibarat ulat hongkong maupun ulat kandang. Untuk vitamin dan mineral, dapat bersumber dari madu, susu bubuk, dan lain-lain (baca: makanan pleci).

Perawatan
Perawatan rutin diantaranya ialah memandikan burung di pagi dan sore hari, atau menjemurnya setidaknya selama 2 jam setiap hari. Dan, pemdiberian masakan ekstra secara teratur dalam jumlah secukupnya (baca: cara merawat pleci harian).

Harga Burung Pleci
Harga burung ini cukup bervariasi, di Jawa, contohnya di kawasan Malang harganya dipatok sekitar Rp. 200.000 - Rp. 350.000. Sedangkan untuk burung anakan atau piyikan masih berharga Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000 (lihat: harga pleci).

Ciri Pleci Mata Putih
Burung ini mempunyai ciri-ciri sesuai dengan namanya yaitu, mempunyai iris mata berwarna putih. Kemudian di bab dalamnya kita akan menemukan warna hitam dan bundar putih yang tampak ibarat kacamata.

Sedangkan untuk ciri-ciri fisik, secara keseluruhan burung ini mempunyai warna dada kekuning-kuningan dengan punggung yang sedikit hijau. Berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dibandingkan dengan burung Pleci lainnya. Habitatnya kebanyakan berada di Jawa dan Nusa Tenggara (baca juga: pleci auriventer).

Perhatikan juga perawatan khusus untuk lomba jikalau anda ingin mengikutsertakan Pleci keakungan anda di even perlombaan burung kicau (baca: perawatan Pleci lomba).

Post a Comment for "Mengenal Burung Pleci Mata Putih"