Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Murai Kerikil Borneo

Murai Batu Borneo atau Kalimantan ini yakni salah satu jenis Murai yang paling banyak dijual di pamasukan. Harga dari Murai jenis ini memang lebih terjangkau dari pada Murai Sumatera, apalagi Murai Jawa yang sudah langka. Akan tetapi, dengan harga yang relatif terjangkau ,

Murai ini juga mempunyai kualitas yang tidak kalah jauh dengan Murai Sumatera. Hanya saja, cara bertarungnya memang tidak sama dengan gaya bertarung Murai Sumatera.

Murai Batu Borneo atau Kalimantan ini yakni salah satu Teknik Merawat Murai Batu Borneo

Berbicara terkena Murai Batu Borneo. Sebenarnya kalau dicermati, lebih banyak didominasi Murai yang dijual di pamasukan yakni Murai Borneo hasil tangkapan. Maka dari itu cara merawat Murai Batu Borneo ini pun harus dibedakan dengan cara perawatan Murai pada umumnya. Karena umumnya, Murai hasil tangkapan jauh lebih praktis stres dari Murai hasil budidaya. Lalu, bagaimanakah cara merawat Murai asal Kalimantan ini?

Teknik Merawat Murai Batu asal Borneo
Dalam merawat dan melatih Murai Borneo ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. misalnya, Anda harus tahu dari mana Murai tersebut berasal, apakah dari hutan? Atau hasil budidaya? Umumnya kalau Murai tersebut hasil budidaya, maka Anda dapat perlakukan Murai tersebut layaknya perlakukan Murai ternak lainnya.

Akan tetapi kalau Murai tersebut yakni Murai dari hutan, maka cara perawatannya harus dibedakan. adapun cara perawatan Murai Batu Borneo hasil tangkapan di hutan yakni sebagai diberikut:

1. Melatih Murai untuk makan voer
Umumnya Murai liar akan kaget dan enggan untuk makan Voer. maka dari itu, Anda harus melaksanakan tindakan penyesuaian. Yaitu, dengan mencampurkan Voer tersebut dengan pakan alaminya. Adapun pakan alaminya adalah:

a. Jangkrik
b. Kroto
c. Ulat Hongkong
d. Ulat kandang
e. Dan beberapa serangga lainnya.

2. Proses penyesuaian perawatan dan lingkungan
Agar Murai tersebut tidak terlalu stres, sebaiknya Anda lakukan perawatan yang enteng saja. Artinya, dalam melaksanakan perawatan tersebut  Anda dihentikan memaksa atau menuntut burung tersebut untuk mengikuti kehendaka Anda. Kita ambil contoh, ketika Murai enggan untuk mandi, alangkah baiknya Anda memandikan Murai tersebut dengan perlahan, selain itu Anda sebaiknya menyemprotkan air saja pada bulu-bulunya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan cepuk khusus mandi pada sangkar Murai tersebut.

Sedangkan proses penyesuaian lingkungan sekitar pada Murai Batu, dapat Anda lakukan dengan cara mengkredong sangkar Murai tersebut. Selain itu, Anda juga harus menempatkan sangkar Murai pada daerah yang hening dan jauh dari kebisingan. perawatan Murai Batu Borneo ini akan memmenolong Murai tersebut dalam beradaptasi terhadap lingkungan. Selain itu, cara ini juga akan menjauhkan Murai dari stres.

Pola perawatan Murai Batu Borneo di atas dikhususkan untuk Murai Borneo hasil tangkapan. Ya, meskipun tidak tiruana Murai Borneo hasil tangkapan, tapi lebih banyak didominasi burung yang beredar di pasar burung yakni hasil tangkapan, dan tidak terkecuali dengan Murai Batu asal Borneo ini.

Sedangkan untuk Murai Borneo hasil budidaya, Anda dapat lakukan perawatan layaknya Murai pada umumnya. Pasalnya, Murai Borneo hasil ternakan akan lebih praktis dirawat alasannya yakni tidak praktis stres, selain itu Ia juga mempunyai emosi yang lebih setabil. Memdiberikan OrBird juga sangat anggun dalam menimbulkan burung tetap sehat dan tampil prima.

Post a Comment for "Cara Merawat Murai Kerikil Borneo"