Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Bulu Burung Kenari Kusam

Sebagai penghobi burung kenari, tentu merawat burung kenari harus secara keseluruhan, tidak spesialuntuk mempersembahkan perawatan pokok, seperti: makan, minum, memandikan, dan menjemur, tetapi juga perlu memperhatikan kesehatan fisiknya. Permasalahan yang terjadi pada kenari keakungan anda, harus segera anda atasi, dengan begitu kenari keakungan anda akan menjadi lebih nyaman dan bebas dari masalah.

Salah satu hal yang bikin kenari terlihat kurang terawat yaitu bulu-bulu nya kusam. Menurut pendapat para penangkar kenari, bulu-bulu yang kusam itu penyebab utamanya yaitu lantaran belum sempurnanya minyak atau lemak. Lemak yang letak dan posisinya di atas pantat burung ini menipis, sehingga untuk mengatasinya cukup dengan mempersembahkan komplemen minyak ikan.

 tentu merawat burung kenari harus secara keseluruhan Penyebab Bulu Burung Kenari Kusam

Ada yang berpendapat, bahwa bulu kenari yang kusam tersebut tidak disebabkan lantaran belum sempurnanya lemak, tetapi pada penggalan lubang kelenjar lemak tertutupi kotoran kering, atau sanggup juga lantaran bekas luka yang mengering.

Apabila penyebabnya dikarenakan belum sempurnanya lemak atau jalan masuk lemaknya tertutup kotoran, maka sanggup anda  coba cek sendiri dengan cara menekan/ memencet secara perlahan pada penggalan atas pantat kenari. Bila tidak keluar minyak, maka sanggup jadi kenari tersebut jalan masuk kelenjar minyaknya mengalami kebuntuan, lantaran meskipun ada minyak sedikit, tetap saja keluar terdapat minyak yang melekat di tangan kita.

Nah, bulu kenari kusam selain disebabkan lantaran belum sempurnanya minyak, ada penyebab lain yang berpotensi besar, yaitu lantaran bulu kenari yang sudah terlanjur rusak. Adapun penyebab bulu rusak diantaranya yaitu sebagai diberikut:
  1. Saat dimandikan, kemudian bulunya masih sangat lembap dan eksklusif dijemur, maka hal ini sanggup mengakibatkan bulu kenari menjadi mengeriting, sehingga terlihat kusam.
  2. Terlalu sering atau terlalu banyak mempersembahkan zat kimia, baik obat anti kutu ataupun obat lainnya. Hal ini tentu sanggup merusak zat lilin yang terdapat pada bulu kenari, yang mana zat lilin ini berfungsi sebagai pelindung.
  3. Pada ketika kenari mabung biasanya kenari belum sempurnanya banyak minyak, atau meskipun masih tersedia banyak minyak tetapi bulu-bulunya sudah terlanjur rusak.
  4. Berikan obat alami terbaik seperi Orbird yang efektif mengakibatkan bulu kusam menjadi lebih mengkilau.
Dari poin-poin di atas sanggup disimpulkan bahwa bulu kusam pada kenari bukan spesialuntuk disebabkan belum sempurnanya minyak ataupun kelenjar minyak yang tertutup, tetapi sanggup juga lantaran bulu yang rusak lantaran mabung. Biasanya bulu yang rusak lantaran mabung, maka tunggu proses mabung selesai, maka bulu-bulunya akan kembali normal ibarat sedia kala.

Demikian share kali ini seputar penyebab bulu yang kusam pada burung kenari, biar apa yang kami sajikan di atas sanggup manambah secercah wawasan bagi teman bersahabat kenari mania.

Tak lupa juga kami menyertakan link artikel sebelumnya yang mengulas tentang "suara kenari".

Post a Comment for "Penyebab Bulu Burung Kenari Kusam"