Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Sangkar Sapi Yang Baik

Kandang merupakan faktor penting yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Tanpa sangkar yang baik akan mengganggu pertumbuhan sapi, sangkar yang baik mempunyai beberapa syarat diantaranya adanya ventilasi udara, adanya sinar matahari yang cukup dan bersih.


A. Ada beberapa bab sangkar yang harus diperhatikan diantaranya:
  1. Kerangka Kandang. Kandang sanggup kita buat berdasarkan kemampuan keuangan kita masing-masing, yaitu tinggal menentukan kerangka dari besi, beton atau cukup dari kayu saja. Setelah itu tinggal menentukan model sangkar yang bagaimana yang ingin kita buat.
  2. Atap Kandang. Atap sangkar sanggup kita buat memakai materi dari asbes, genting, seng, alang-alang maupun ijuk. Atap sangkar sapi perah yang biasa digunakan di Indonesia terbuat dari materi genting ataupun alang-alang. Kedua materi itu gampang didapatkan. Selain gampang didapatkan materi tersebut juga punya daya tahan yang baik serta dingin. Tidak panas menyerupai seng atau asbes.
  3. Lantai Kandang. Seperti telah diterangkan di bab depan, lantai sangkar sebaiknya dibentuk dari materi semen atau batu. Hal ini dilakukan supaya ganjal sangkar tetap kering dan tidak menjadikan sapi menjadi sakit jikalau berbaring di lantai.
  4. Dinding Kandang. Dinding sangkar yang lazim digunakan di Indonesia yaitu dari materi tembok. Namun, di pedalaman-pedalaman desa, masih sering tampak dibentuk dari materi bambu, papan ataupun lembaran-lembaran plastik. Dinding sangkar yang paling banyak dipergunakan di desa- desa biasanya dari materi bambu dan kayu.
B. Macam-macam Kandang
Kandang sapi yang biasa dibentuk dan digunakan oleh para peternak yaitu sangkar tunggal dan sangkar ganda.
1. Kandang Tunggal : Hanya terdiri atas satu baris kandang.
2. Kandang Ganda : Kandang ini terdiri atas dua baris sangkar yang sanggup dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut:

1. Head to head (berhadapan)
Artinya sapi-sapi itu saling berhadap- an dan hanya dibatasi oleh sekat yang rendah.
2. Tail to tail (berlawanan)
Artinya sapi-sapi itu dikandangkan dengan secara berlawanan buntut dengan buntut dan bertolak belakang.


Post a Comment for "Cara Menciptakan Sangkar Sapi Yang Baik"