Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Sapi Bunting

Umur sapi yang telah mencapai usia 15 hingga 18 bulan sanggup dikawinkan untuk pertama kalinya. Sapi betina yang tidak bunting sesudah dikawinkan akan mengalami siklus berahi 21 hari sekali dan usang berahi rata-rata 18 jam. Sapi yang tampak berahi sanggup dikawinkan pada pertengahan masa berahi. Jika perkawinan pertama atau kedua tidak berhasil, biasanya perkawinan ketiga sering membawa hasil.
Sapi yang mulai bunting, maka perawatan secara khusus harus kita lakukan. Untuk itu perlu adanya perawatan sebagai berikut.
  1. Makanan untuk sapi bunting perlu diperhatikan lebih serius. 
  2. Keadaan fisik sapi bunting ini akan mempengaruhi produksi selama masa laktasi mendatang. 
  3. Sapi yang telah bunting bau tanah perlu dilepaskan di lapangan secara teratur. Dengan dilepas bebas di lapangan maka sapi tersebut sanggup dengan bebas bergerak kemana-mana dan ini merupakan gerak tubuh sapi tersebut. Gerak tubuh itu penting untuk menjamin kesehatan tubuhnya dan memperlancar foetus pada ketika melahirkan.
  4. Sapi yang sedang bunting harus kita hindarkan dari benturan apapun, termasuk jangan hingga tergelincir.
  5. Pemerahan susu haruslah diperhatikan, ketika sapi akan melahirkan kurang dari 1,5 ataupun 2 bulan.
  6. Menjelang induk sapi ini melahirkan, maka harus ditambah lagi makanan yang cukup dan ditambah makanan penguat yang kandungan Proddnya 16%, jumlahnya 2 - 3 kg /ekor untuk setiap harinya. Hal ini berkhasiat sekali untuk:
  • membantu pembentukan ambing, terutama pada sapi dara; 
  • membantu pembuatan kolestrum.

Makanan ini sangat diperhatikan benar-benar sebab akan mempengaruhi fisik. Keadaan fisik sapi bunting akan memilih produksi susu selama masa laktasi mendatang. Telah diketahui bahwa sapi bunting perlu dilepaskan di lapangan terbuka semoga sanggup bebas bergerak. Gerak tubuh ini sangat penting pula artinya buat sapi yang bunting, laba gerak tubuh tersebut adalah  sebagai berikut.
a. Otot-otot daging memperoleh latihan sehingga memperlancar peredaran darah.
b. Menjaga kesehatan, bentuk dan posisi kuku sapi supaya tetap baik.

Gerak tubuh sapi atau melepaskan sapi bunting di lapangan terbuka ini, sebaiknya di daerah yang berumput dan terkena sinar matahari selama 1 - 2 jam. juga sebaiknya sapi tersebut dilepaskan 
sesudah dimandikan terlebih dahulu. 

Post a Comment for "Cara Merawat Sapi Bunting"