Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lele Dan Pemeliharaannya

Pembenihan lele berkembang sejalan dengan meningkatnya perjuangan pembesaran lele. Apalagi dengan adanya perjuangan pembesaran lele di bak terpal yang biayanya tidak terlalu mahal. Bahkan, perjuangan pembenihan lele di bak terpal pun sanggup dilakukan di halaman atau pekarangan rumah yang relatif sempit.

A. PELUANG USAHA
Semakin banyak orang yang terjun dalam perjuangan pembesaran lele menciptakan undangan benih semakin tinggi. Tentu hal ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Apalagi, berdasarkan salah seorang pembenih di tempat Bogor menyebutkan bahwa bisnis benih lele sanggup menunjukkan laba sampai 200%. Selain permintaannya tinggi, perjuangan pembenihan pun sanggup dilakukan sepanjang tahun alasannya yaitu lele sanggup memijah sepanjang tahun. Tekniknya pun  bisa dipilih, baik secara alami ataupun dengan teknik buatan (penyuntikan).


MEMULAI USAHA
Pilih lokasi perjuangan yang sumber airnya tidak tercemar. Kondisi dan kesuburan air akan membantu kesuksesan usaha. Siapkan bak terpal untuk pemijahan 5 unit dan bak pendederan 10 unit. Luas bak sekitar 4 m x 5 m. Siapkan kakaban 1-2 buah pada bak pemijahan sebagai tempat menempelnya telur. Siapkan peralatan yang diperlukan menyerupai pompa air, seser. dan ember.
Siapkan induk betina berukuran 1. kg/ekor dan jantan 0,8-2 kg. Rasio pemijahan jantan dan betina yaitu 1:1

KENDALA
Pembenihan yang dilakukan di outdoor lebih berisiko alasannya yaitu larva dan benih tidak tahan terhadap air hujan yang berlebihan alasannya yaitu lele termasuk ikan yang tidak bersisik. Jika pemeliharaan tidak dilakukan secara intensif, benih sanggup mati secara tiba-tiba, terutama yang kepadatannya tinggi.

STRATEGI
Hindari perkawinan ikan dalam satu keturunan alasannya yaitu sanggup memperlemah keturunan dan kualitas benih. Atur ketinggian air di bak pemijahan antara 30-50 cm. Beri pakan pelet pada induk dengan protein 28-32% sebanyak 1-2 dari bobot ikan. Frekuensi pemberiannya cukup 2 kali sehari.
Siapkan induk yang akan dipijahkan. Pilih teknik pemijahan yang dikuasai. baik secara alami atau kawin suntik. lnduk berukuran 1 kg sanggup menghasilkan telur sebanyak 20.000-60.000 telur.

Post a Comment for "Lele Dan Pemeliharaannya"