Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Sangkar Puyuh

Setelah sangkar jadi kita buat, maka kita harus memikirkan pula peralatan-peralatan kandang. Peralatan yang diharapkan ialah sebagai berikut.


1. Tempat Makanan
Tempat makanan untuk puyuh ini sebaiknya memang dibuatkan tersendiri dari seng atau kaleng dengan ukuran memanjang 40 hingga 60 cm. Kemudian di belahan atasnya berlubang, dan lubang ini harus lebih besar dari kepala puyuh, burung tersebut sanggup mematuk makanan yang berada di dalamnya. Kalau tidak dibuatkan dari seng, sanggup juga dibuatkan dari papan tipis atau tripleks. Namun bila keadaan mendesak, sanggup juga dipergunakan besek (anyaman bambu). Namun demikian jikalau memakai besek, makanan sanggup dengan gampang tertumpah.



2. Tempat Minuman
Tempat minuman untuk burung puyuh ini banyak dijual di pasar- pasar burung. Biasanya tempat minuman ini dibentuk dari plastik atau botol-botol plastik yang sanggup mengeluarkan air sedikit demi sedikit. Dibuat dari botol plastik biar gampang dibersihkan. baik luar maupun dalamnya. Botol plastik juga sangat simpel dan mudah, ringan serta gampang dipindahkan ke mana-mana sesuai dengan keperluan. Hal yang harus diperhatikan, tempat minum buat bawah umur puyuh, harus diberi kerikil, kelereng atau koral lain, dengan maksud biar anak puyuh ini jikalau minum dan terkena air tidak menjadi berair kuyup sekujur badannya. Sebab, jikalau anak puyuh ini badannya hingga berair kuyup maka sanggup menimbulkan kematian. Memang burung  puyuh populer sebagai jenis burung yang tak pernah mandi, bila sekali mandi maka akan mati.

3. Lampu
Setiap belahan sangkar harus terang, bukan hanya terperinci sinar matahari saja, akan tetapi juga terperinci dari penyinaran lampu, baik lampu listrik atau lampu minyak tanah.  Setiap belahan sangkar harus memiliki lampu sendiri-sendiri.

Lampu berfungsi sebagai penerangan di malam hari dan penghangat. Dalam prakteknya, burung-burung puyuh memang perlu penerangan, lantaran ia makan, minum, kawin di setiap saat, siang atau pun malam. Lampu yang biasa dipergunakan jikalau untuk tempat yang berhawa panas, pada siang hari memerlukan 40 watt dan malam harinya 60 watt. Tapi jikalau animo penghujan pada siang hari memerlukan 60 watt. 

Boleh kita tambah dengan batang untuk tenggeran. Akan tetapi tolong-menolong batang untuk tenggeran ini gunanya hanya untuk komplemen saja, lantaran burung puyuh tidak pernah mau bertengger. Lain sekali dengan burung-burung lain yang gemar bertengger pada sangkar burung puyuh bila tidak diberi tenggeran juga tak apa-apa

Post a Comment for "Peralatan Sangkar Puyuh"