Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Sangkar Yang Ideal Bagi Puyuh

Kandang yang baik mempertimbangkan ukuran yang sesuai dengan jumlah burung puyuh yang kita pelihara. Ukuran ideal atau luas sangkar burung puyuh yang ideal ialah sebagai berikut,
a. Luas sangkar 1 meter persegi sanggup dipergunakan untuk menampung burung puyuh umur antara 1 hingga 7 hari sebanyak 150 ekor. Untuk ukuran yang sama, bila dipergunakan buat menampung burung puyuh yang berumur 1 ahad hingga 2 minggu, maka akan sanggup muat 115 ekor burung puyuh. Apabila dipergunakan buat puyuh yang berumur 2 ahad hingga 3 minggu, sebaiknya diisi 100 ekor saja.

Untuk puyuh yang telah berumur 3 hingga 5 ahad maka sangkar yang berukuran 1 meter persegi ini baiknya diisi 75 ekor puyuh. Kemudian kalau puyuh telah berumur 5 hingga 7 ahad maka sangkar tersebut diisi dengan 60 ekor. Selanjutnya kalau sangkar tersebut akan digunakan untuk puyuh yang telah berumur 7 ahad ke atas, sebaiknya diisi 50 ekor. Dengan demikian puyuh-puyuh yang telah remaja itu tak terlalu berdesak- desakan. Juga kalau terlalu banyak nanti sangkar menjadi gaduh dan tak jarang sesama puyuh itu kemudian berkelahi. Bila hal itu terjadi maka karenanya akan mengakibatkan " stress ". Apalagi kalau di sangkar itu juga diletakkan alat/tempat masakan dan minuman, maka akan bertambah sesak.


Kandang untuk burung puyuh ini. sanggup dibentuk bertingkat-tingkat, Misalkan sanggup dibentuk bertingkat 2 atau 3 atau 4 bahkan sanggup juga 5. Akan tetapi untuk memudahkan pekerjaan kita, maka dianjurkan biar dibentuk tingkat 3 saja, biar memudahkan pekerjaan pencucian kandang. Tinggi sangkar yang ideal antara 35 - 40 cm. Apabila kita menciptakan sangkar tingkat tiga, paling tidak tingginya 1,20 m. Tinggi yang sekian ini sangat ideal buat pencucian dan perawatan burung-burung puyuh itu sendiri.

Kalau mau dibentuk tingkat 5 , maka tingginya akan mencapai 2 meter. Belum lagi kalau atasnya akan kita beri seng semacam wuwungan, maka ini akan menambah tinggi lagi. Dalam ketinggian 2 meter, jikalau akan membersihkan tentunya memerlukan bangku atau meja untuk panjatan.
Karena itulah, berdasarkan penelitian, tinggi 2 meter atau tingkat lima itu tidak praktis. Maka harus diubahsuaikan saja dengan kebutuhan ruangan daerah sangkar yang ada.

Post a Comment for "Ukuran Sangkar Yang Ideal Bagi Puyuh"