Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Dan Mengatasi Kebotakan Pada Lovebird

Lovebird atau LB yakni salah satu jenis burun yang mempunyai bulu yang cantik. Selain indah dan lembut, bulu mereka sangatlah bagus dengan warna dan corak yang indah. Pantas saja banyak orang yang memilihara burung ini, pasalnya selain lantaran Ia bersuara merdu (baca: suara lovebird), burung ini juga mempunyai keindahan badan yang cantik.

Akan tetapi keindahan tersebut dapat saja hilang bila burung Anda mengalami kerontokan bulu yang parah dan menciptakannya botak. Mungkin bila kebotakan tersebut lantaran proses mabung itu bukan masalah, tapi bila proses tersebut terjadi lantaran hal lain bagaimana? (baca: tips perawatan lovebird mabung).

Lovebird atau LB yakni salah satu jenis burun yang mempunyai bulu yang bagus Teknik Mencegah dan Mengatasi Kebotakan pada Lovebird

Mencegah dan mengatasi Kebotakan pada Lovebird
LB yang botak tidak spesialuntuk diakibatkan lantaran proses mabung, akan tetapi dapat jadi kebotakan tersebut terjadi lantaran karena yang lain.

Adapun sebab-sebab kebotakan lovebird biasanya disebabkan oleh hal di bawah ini:

1. Cacingan
Burung yang sedang cacingan biasanya tidak akan mengalami kerontakan yang parah, akan tetapi bila kerontokan yang Ia alami yakni cacingan yang kronis maka ada kemungkinan Ia akan mengalami kerontokan bulu. Untuk mengatasi hal ini biasanya dengan menghubungi dokter binatang terdekat, atau Anda juga dapat memakai obat anti-cacing untuk didiberikan ke burung Anda.

2. Kekurangan vitamin dan protein
Protein yakni salah satu zat yang mendukung pertumbuhan bulu burung, sama dengan insan burung juga memburuhkan zat tersebut untuk menumbuhkan bulu mereka. Saat burung belum sempurnanya zat ini maka ada kemungkinan bulu burung akan menjadi kusam dan yang paling parah yakni kerontokan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda gunakan masakan yang mengandung vitamin, mineral, dan juga protein yang baik untuk pertumbuhan bulu burung. Bila perlu, diberi multivitamin perhiasan yang berkarakter, ibarat OrBird.

3. Karena stres
Penyebab kebotakan lovebird lainnya yakni stres. Stres akan membuat keratin pada lovebird menjadi berkurang. melaluiataubersamaini begitu, bulu burung akan lebih praktis rontok, dengan gampangnya bulu burung yang rontok maka besar kemungkinan bila burung tersebut akan mempunyai kebotakan. Untuk mengatasi problem ini yakni dengan cara membuat mood burung Anda tetap terjaga, selain itu sebisa mengkin Anda hindari hal-hal yang membuat burung Anda stres (baca: cara mengatasi lovebird stres).

4. Faktor keturunan
Faktor ini biasanya yakni faktor mutlak, ya dikala indukan burung mempunyai kebotakan maka sangat besar kemungkinan anak mereka mengalami kebotakan juga. Untuk mengatasi hal ini yakni dengan cara mempersembahkan extra food yang mengandung banyak protein, tujuannya supaya sang anakan akan mempunyai nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan bulu mereka.

Teknik-cara mencegah dan mengatasi kebotakan pada lovebird di atas dapat Anda lakukan untk menghindarkan burung-burung keakungan Anda dari problem kebotakan. Namun mengatasi saja tidak cukup unuk mencegah kerontokan tersebut terulang kembali, untuk itu Anda juga harus melaksanakan tindakan pencegahannya. Pencegahan tersebut yakni dengan cara menjaga nutrisi protein yang dikonsumsi burung, menjaga kemembersihkanan burung, dan mengatur masakan yang masuk dan dikonsumsi burung Anda.

Post a Comment for "Cara Mencegah Dan Mengatasi Kebotakan Pada Lovebird"