Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Dan Berapa Usang Kacer Mabung

Tahukah Anda, kapan dan berapa usang Kacer mabung? Pertanyaan ini biasanya akan dilontarkan oleh Kacer mania pemula, tapi terkadang orang awam juga sering menanyakan hal menyerupai ini. Tapi perlu Anda ketahui, proses mabung ini tidak spesialuntuk terjadi pada Kacer saja, melainkan pada jenis burung kicau lainnya seperti, Murai Batu, Lovebird, Anis, dan beberapa jenis burung kicau lainnya.

Karena saking seringnya sebuntut burung mabung, maka proses mabung ini dijadikan sebagai proses alami pada burung. Tapi ingat, walaupun ini proses alami, Anda juga harus tetap mempersembahkan burung ini perawatan khusus. Selain untuk kesehatan burung itu sendiri, perawatan ini juga mempunyai kegunaan untuk mempercepat proses mabung.

 Pertanyaan ini biasanya akan dilontarkan oleh Kacer mania pemula Kapan dan Berapa Lama Kacer Mabung

Kapan dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Kacer Untuk Mabung?
Sebenarnya, kapan dan berapa usang waktu Kacer mabung itu relatif. Artinya, masa dan waktu mabung sebuntut Kacer dengan Kacer lainnya tidaklah sama. Tapi yang jelas, setiap Kacer niscaya akan mengalami mabung. Pasalnya, tanpa melewati fase ini, mereka tidak akan dapat tumbuh dan berubah menjadi dewasa. Selain menjadi teladan masa pertumbuhan Kacer, mabung juga sering dijadikan sebagai patokan sudah remaja atau tidaknya sebuntut Kacer.

Berikut ialah waktu dan lamanya durasi mabung untuk setiap burung, termasuk Kacer yang Anda miliki:

1. Fase mabung yang pertama terjadi dikala Kacer masih piyik sampai 3 bulan ke depan. Fase ini ialah fase dimana terjadi pergantian dari bulu piyik ke bulu trotolan.
2. Fase diberikutnya terjadi pada 3 bulan sesudahnya, atau lebih tepatnya dikala usia Kacer menginjak 6 bulan. Fase ini ialah fase dimana pergantian dari bulu trotolan  ke bulu yang lebih kuat, atau bulu dewasa.
3. Pada rentang usia 6-8 bulan, sebuntut Kacer umumnya akan menjalani masa normal, tanpa proses mabung.
4. Sesudah usianya menginjak 12-15 bulan, Ia akan menjalani masa mabung kedua, yang berarti membuktikan bahwa burung ini sudah remaja atau sudah siap untuk berkembang biak.

Itulah fase mabung yang biasanya dijalani oleh Kacer. Sedangkan untuk kapan dan berapa usang Kacer mabung, itu tiruana tergantung pada perawatan dan petes yang Anda diberikan. Jadi, bila Anda mempersembahkan perawatan dan petes yang baik, maka masa mabung yang akan terjadi pada Kacer pun akan lancar, dan begitu pun dengan sebaliknya. Semakin jelek perawatan yang Anda diberikan, maka semakin tidak teraturlah masa mabung yang dijalani Kacer.

Post a Comment for "Kapan Dan Berapa Usang Kacer Mabung"