Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakem / Parameter Evaluasi Pleci Dalam Lomba

Pleci ialah salah satu burung yang mempunyai bunyi yang khas, bulu yang indah, dan corak layaknya kacamata yang unik di sekitar matanya. melaluiataubersamaini ketiga keunikan tersebut burung ini berkembang menjadi sebagai burung kicau yang banyak disukai kicaumania. Tidak spesialuntuk itu, alasannya ialah burung ini mempunyai bunyi yang merdu dan khas, lomba untuk mengukur skill Pleci juga sering diadakan.

Tidak jauh tidak sama dengan lomba burung kicau lainnya, pakem evaluasi Pleci dalam lomba pun tidak jauh dari kualitas bunyi dan penampilan burung itu sendiri. melaluiataubersamaini kata lain, jawara kontes Pleci umumnya ialah burung-burung dengan kualitas vokal yang baik, penampilan yang bagus, dan kondisi fisik yang sehat.

Pleci ialah salah satu burung yang mempunyai bunyi yang khas Pakem / Parameter Penilaian Pleci dalam Lomba

Pakem Penilaian Pleci Saat Lomba
Ketiga evaluasi di atas ialah pakem yang umumnya diterapkan dalam setiap kontes Pleci. Jadi, kalau Anda ingin Pleci Anda menjadi jawara kontes Pleci, Pleci Anda harus memenuhi ketiga hal di atas. Dan untuk mendapat ketiga hal di atas, Anda haruslah mempersembahkan perawatan dan petes yang baik pada Pleci yang ada miliki.

Berbicara terkena pakem penilaian, diberikut ini ialah klarifikasi singkat wacana pakem evaluasi Pleci ketika lomba:

1. Volume bunyi Pleci
Volume bunyi yang dimaksud ialah volume bunyi yang dikeluarkan Pleci ketika kontes berlangsung, baik itu volume yang dikeluarkan ketika Ia ngalas atau pun ketika Pleci tersebut ngeroll. Akan tetapi, volume bunyi yang dimaksud juga bukan spesialuntuk keras, melainkan volume bunyi yang alami dan jernih, bukan volume bunyi yang parau dan nyaring.

2. Irama lagu yang dimainkan Pleci
Irama lagu yang dimaksud ialah irama lagu yang indah, dengan ketukan tempo yang rapih dan teratur. Irama lagu sendiri mencakup beberapa hal, ibarat naik turunnya nada, panjang pendeknya nada, dan permainan speed yang serasi dan indah.

Pada dasarnya, Pleci yang juara ialah Pleci dengan irama lagu yang baik, variatif, punya isian yang sesuai dengan irama lagu, permainan speed yang rapih dan baik, rajin bunyi, dan mempunyai irama lagu yang tidak terpotong-potong.

3. Penampilan fisik dan gaya
Untuk pakem evaluasi Pleci yang satu ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:
a. Kondisi fisik
Pleci yang dianggap jawara ialah Pleci yang sehat, tidak cacat, dan mempunyai kondisi bulu yang sehat dan terawat.
b. Penilaian gaya
Penilaian gaya yang tepat dapat didiberikan apabila Pleci tersebut nagen, bangkit tegak di tangkenteng, dan tidak terlalu banyak lompat-lompat.
c. Durasi kerja yang baik
Sebuntut Pleci akan didiberikan evaluasi yang baik apabila Ia mempunyai durasi kerja setidaknya 75% dari total durasi yang didiberikan panitia. melaluiataubersamaini kata lain, Ia harus berkicau setidaknya 45 menit, kalau durasi kerja yang didiberikan panitia ialah 1 jam atau 60 menit.

Pada dasarnya, 3 pakem evaluasi Pleci di atas ialah pakem-pakem yang umumnya diterapkan di beberapa kontes Pleci. Kendati sederhana, namun penerapan dari ketiga pakem di atas dapat dibilang susah. Maka dari itu, untuk memenuhi ketiga pakem di atas, petes dan perawatan secara intensif dianggap sangat perlu untuk dilakukan.

Post a Comment for "Pakem / Parameter Evaluasi Pleci Dalam Lomba"