Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Gecko Yang Benar Untuk Pemula

Teknik Merawat Gecko- Halo reptil lovers, kalian niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya gecko kan? Ya, beliau ialah hewan peliharaan dari keluarga tokek yang nokturnal, artinya beliau lebih aktif di malam hari ketimbang siang hari. Hewan ini mempunyai bermacam-macam jenis, mulai dari gecko leopard, gargoyle dan lain-lain.

Baca: Harga dan Jenis Tokek Hias Gecko Terpopuler di Indonesia

Ngomong-ngomong tokek hias satu ini juga mempunyai banyak penggemar loh, meskipun tak sebanyak ular atau kura-kura tapi setidaknya sudah ada komunitas sendiri di facebook-facebook Indonesia. Umumnya alasan mereka merawat gecko ialah lantaran beliau mempunyai corak warna yang cantik, unik dan lucu.

Seperti hewan reptil lainnya, memelihara gecko tidaklah susah alias simpel dipelihara yang penting kalian memahami langkah-langkah perawatannya. Mulai dari tempat, pemdiberian pakan, pemanis dan hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan sehari-hari.

Bagaimana cara merawat gecko yang baik dan benar bagi pemula?

Teknik Merawat Gecko dengan Benar


Ada 5 langkah yang harus kalian penuhi ketika ingin memelihara gecko, diberikut urutannya:

 kalian niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya gecko kan 5 Teknik Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

1. Membuatkan Kandang Gecko 


Pertama tama kalian harus menyediakan sangkar yang layak dan nyaman, anda sanggup membeli akuarium untuk dijadikan sebagai kandangnya, ukurannya sanggup 45x30x20cm (panjang, lebar dan tinggi) kemudian di dalam akuarium tersebut dimenambahkan substrat (alas) berupa karpet reptil, kertas, koran atau handuk.

Jangan pernah melapisinya dengan pasir, serutan kayu, atau material lain yang menimbulkan debu, alasannya ialah malah mengakibatkan duduk perkara fokus kalau terpengaruhi debunya. Sediakan juga kawasan persembunyian karna beliau suka bersembunyi di siang hari menyerupai cicak dan kawasan masakan serta minumannya, kawasan makan sanggup memakai mangkok kecil, untuk kawasan minum sanggup memakai tutup aqua galon.

Oh iya, semoga si gecko merasa nyaman tarohlah sangkar di kawasan yang tidak terlalu jelas dan atasnya ditutupi jaring supaya mencegah dari serangan predator menyerupai kucing.

2. Memdiberikan Pencahayaan dan Pemanasan pada Gecko (Kalau kedinginan)


 kalian niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya gecko kan 5 Teknik Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Karena beliau lebih aktif di malam hari maka (jika dingin) dibutuhkan lampu UV (ultra violet) sebagai pencahayaan untuk menghangatkan suhu kandang. Dimasukankan untuk memakai lampu dengan watt rendah semoga menghindari sangkar menjadi terlalu gerah. Jangan biarkan temperatur lebih tinggi dari 34.4ºC.

Dari kami sendiri sebaiknya gecko ga didiberikan lampu gak duduk perkara kalau suhu normal. Malah beliau terkesan benci sama cahaya, tapi kalau memang kedinginan pake saja heatpad, dimasukankan cahayanya tidak jelas cari warna biru apa merah. Dan wattnya rendah, 5 watt misalnya.

3. Memdiberi Makanan untuk Gecko yang Bergizi


 kalian niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya gecko kan 5 Teknik Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Teknik merawat gecko selanjutnya yaitu pemdiberian pakan yang bernutrisi dan bergizi. Jenis masakan utama gecko ialah serangga menyerupai jangkrik, ulat hongkong (mealworm) atau ulat jerman. Untuk gecko yang masih kecil, diberikan juga jangkrik yang kecil supaya sesuai dengan ukuran mulutnya.

Tarohlah ulat hongkong, jangkrik di mangkuk, khusus jangkrik kaki belakangnya harus di potong dulu supaya tidak loncat. Berikanlah 2-5 jangkrik saja setiap harinya. Tapi kalau di dalam sangkar tersebut masih tersisa pakan yang kemarin sebaiknya tunggu dulu hingga terpengaruhi tiruana. Apabila sobat bersahabat ingin bepergian jauh, menambahkan jumlah pakannya semoga tidak kelaparan.

4. Pemdiberian Multivitamin pada Gecko


Sebenarnya pakan jangkrik ataupun ulat hongkong pun sudah cukup untuk kebutuhan tubuhnya, tapi lebih baik lagi kalau kalian memenuhi asupan calsium untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatannya. So, diberilah vitamin D3 yang sanggup kalian beli di pet shop.

5. Menjaga Kemembersihkanan Kandang Gecko


 kalian niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya gecko kan 5 Teknik Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Setiap makhluk hidup niscaya ingin kawasan tinggalnya terawat, membersihkan dan nyaman. Sehingga dalam duduk perkara kemembersihkanan sangkar harus diperhatikan dengan baik. Kandang yang kotor akan mengakibatkan tumbuhnya basil sehingga si gecko sanggup simpel terjangkit jamur atau penyakit lainnya.

Dalam merawat kemembersihkanan sangkar gecko tak sesusah merawat sangkar musang. Sebab kotorannya terbilang keras dan kecil, hal itu membuat lebih simpel dikumpulkan dan dimembuang.

Baiklah itu saja tips trik lengkap cara merawat gecko yang benar untuk pemula, semoga panduan ini sanggup memmenolong menghilangkan kebingungan anda ketika pertama kali memelihara gecko. Terimaksih

Post a Comment for "5 Cara Merawat Gecko Yang Benar Untuk Pemula"