Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memberi Makan Dan Minum Kelinci Yang Benar Untuk Pemula

Sesudah pekan kemarin admin menulis "Boleh Tidaknya Memdiberi Minum Kelinci". Maka kali ini hobinatang.com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar. Ditambah juga bagaimana cara memdiberi makan pada kelinci. Tips ini berlaku bagi yang masih kecil (anakan) maupun yang sudah dewasa.

com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula

Emang serumit apa sih pemdiberian makan dan minum kelinci? Sampai hingga dibuatkan panduannya!

Buat para master/suhu, tentu ini bukanlah persoalan besar. Namun, bagi pemula sanggup menjadi persoalan besar kalau tidak tahu bagaimana cara memdiberi makan dan minum yang benar. Karena memdiberi makan pada kelinci dilarang sembarangan. Kita harus mengatur aktivitas makan, contoh makan, nilai gizi pada kuliner dan lain sebagainya.

Bila kalian (para pemula) salah dalam memdiberi makan dan minum pada kelinci, akhirnya sanggup fatal. Seperti kelinci akan sakit hingga berujung kematian. Kasian kan?

Manusia saja kalau contoh makannya salah sanggup sakit apalagi binatang kelinci yang imun badan tak sekuat manusia. Maka dari itu, mari kita ubah dan benahi lagi cara pemdiberian makan dan minum untuk si rabbit. Di bawah ini kami akan memandu anda cara pemdiberian minum dan makan pada kelinci yang benar.

Teknik Memdiberi Makan Dan Minum Kelinci


Pemdiberian makan dan minum yang salah sanggup menimbulkan kelinci stres dan menggigiti jeruji kandang. Bila dibiarkan ibarat itu terus, maka kelinci sobat erat sanggup mati. Berikut langkah langkah cara memdiberi minum kelinci dan memdiberi makan kelinci.

1. Sediakan Tempat Makan dan Minum yang Khusus


com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula

Sebelum memdiberi makan dan minum kelinci, sobat erat harus menyediakan mangkok yang diikat di besi kandang. Atau beli daerah makan kelinci khusus di toko binatang terdekat. Tujuannya supaya makanannya tidak tercecer kemana mana. Jika kelinci kalian makan rumput kering (hay) sanggup pribadi ditaroh di wadah besar khusus makanan. Sehingga kandangnya tidak awut-awutan dan membersihkan.

com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula
Dot minum Kelinci

Adapun untuk wadah minum, sanggup memakai botol minum kemudian ditambahi dot yang biasa digunakan hamster (lihat gambar di atas). Atau kalian sanggup juga menciptakannya sendiri. Tapi kalau mau gampang, Ya beli saja. Murah kok. melaluiataubersamaini memakai wadah minum khusus tersebut, air jadi simpel dikontrol. Kalau habis tinggal ditambah. Selain itu biar tidak berceceran dan simpel disedot.

2. Mengatur Jadwal Makan dan Minum Kelinci


com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula

Kelinci ialah binatang nokturnal yang aktif di malam hari. Sehingga dalam pemdiberian aktivitas makan, anda wajib memdiberinya kuliner dengan porsi besar pada malam hari. Misal 2-3 kali dalam satu malam. Kelinci memakan bertahap namun sering. Kaprikornus alangkah baiknya kalau sobat erat memdiberinya juga sedikit tapi sering. Jangan terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari kuliner tercecer kemana mana. Hingga akhirnya tumbuh kuman penyakit.

Banyak pemilik kelinci yang mengabaikan poin ini. Mereka cenderung memdiberi makan yang banyak pada pagi atau siang hari, namun lupa pada malam hari. Sehingga si rabbit mati alasannya yakni kembung minum air terus serta menggigit kayu sangkar akhir kelaparan tidak ada makanan.

3. Pilih Jenis Pakan yang Baik untuk Didiberikan


com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula

Dalam pemdiberian pakan pada kelinci harus memenuhi kebutuhan nutrisinya biar si kelinci tumbuh dengan baik dan sehat. Gizi yang seimbang sangat diperlukan. Berilah jenis kuliner kelinci kesukaan yang sehat. Namun juga diadaptasi keadaan dan usia. INI rinciannya:

a). Pemdiberian Pakan Kelinci Usia 0-2 Bulan


Untuk kelinci yang masih kecil harus benar benar diperhatikan jumlah dan jenis makanannya. Jika anda memdiberinya sayuran ibarat kangkung, sawi dan kubis maka porsinya tidakboleh terlalu banyak. Sebab sayuran tersebut mengandung banyak gas yang berakibat si kelinci diare dan kembung. Akan lebih baik kalau sobat erat memdiberinya pakan berupa rumput layu dan pelet untuk menghindari kelinci diare dan kembung yang berujung kematian. Baca: Makanan Kelinci Khusus Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

b). Pemdiberian Pakan Pada Kelinci Hamil


Tidak spesialuntuk kelinci, tiruana binatang maupun insan yang sedang hamil membutuhkan asupan kuliner yang bergizi dan porsi lebih banyak. Sebab, bayi yang dikandungnya membutuhkan kuliner juga untuk pertumbuhan mereka dan kelak sanggup lahir dengan normal dan sehat.

c). Pemdiberian Pakan Ampas Tahu


Makanan ampas tahu biasa digunakan para peternak untuk peliharaan mereka. Ampas tahu sanggup digunakan sebagai pakan kelinci yang sangat baik. Kandungan gizinya hampir sama dengan pelet. Hanya saja pelet lebih mahal harganya namun lebih awet. Sedangkan ampas tahu spesialuntuk bertahan kurang dari 3 hari. Sebelum mempersembahkan ampas tahu pada kelinci, sobat erat harus memerasnya terlebih lampau biar airnya terkurangi dan tidak menimbulkan kembung.

d). Alternatif Pakan Lainnya


Selain sayuran dan ampas tahu, sobat erat juga boleh mempersembahkan buah buahan. Tapi tidakboleh terlalu sering. Karena sanggup mengganggu pencernaan kelinci. Untuk biji bijian, dimasukankan berupa ubi jalar, ketela pohon dan biji jagung. Bekatul juga cocok untuk kelinci, cara memdiberinya harus dicairkan dulu dengan air serta tidakboleh hingga berasa asam. So, harus fresh dan masih gres pada ketika memdiberinya.

Pada dasarnya kuliner terbaik untuk kelinci yakni rumput. Anda sanggup membacanya pada artikel kami berjudul, "8 Jenis Rumput yang Bagus untuk Kelinci Beserta Gambarnya".

4. Pemdiberian Minum Pada Kelinci


com akan menyebarkan cara memdiberi minum kelinci yang baik dan benar Teknik Memdiberi Makan dan Minum Kelinci yang Benar untuk Pemula

Sampai kepada poin keempat (terakhir). Memdiberi minum pada kelinci sanggup dibilang wajib. Jangan percaya mitos mitos sesat yang tersebar ketika ini. Kelinci itu sangat simpel dehidrasi. Dia butuh cairan meskipun sudah makan rumput basah. Lalu bagaimana cara memdiberi minum kelinci?

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Gunakan botol khusus kelinci dan sediakan selalu air di dalamnya. Bila didapati air minumnya habis, segeralah di isi ulang supaya kelinci anda tetap terjaga asupan cairan yang ada di tubuhnya. Untuk ukuran kebutuhan air minum setiap hari sanggup dibaca di sini: Takaran Air Minum untuk Kelinci Setiap Hari

Itulah cara memdiberi makan dan minum kelinci yang benar. Silakan Anda praktekan di rumah dan tidakboleh lupa tetap perhatikan asupan gizi nutrisi yang ada pada makanannya.

Post a Comment for "Cara Memberi Makan Dan Minum Kelinci Yang Benar Untuk Pemula"