Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Penyakit Pada Sugar Glider Dan Cara Pengobatannya

Selamat sore sugar glider lovers seindonesia, apa kabarnya? di sini kami akan membuatkan informasi kepada kalian tiruana, baik yang mau membeli ataupum yang sedang memelihara sugar glider. Yaitu informasi ihwal jenis penyakit pada sugar glider dan cara mengobatinya.

Membahas jenis penyakit sugar glider bukan berarti untuk menakut-nakuti kalian yang masih nubi atau pemula, namun tujuannya supaya kita sanggup antisipasi dan sanggup tahu penyebab-penyebabnya sehingga kita sanggup lebih perhatian terhadap perawatan dan kesehatan si sugar glider.

Apa saja penyakit pada sugar glider?

Jenis Penyakit Sugar Glider dan Teknik Mengatasinya


Di bawah ini ada sebagian daftar jenis penyakit SG yang merujuk pada artikel DrH. Fira Sovica:

1. Penyakit Mata pada Sugar Glider


Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Kalian tahukan bagaimana rasanya sakit mata? Gejala sakit mata yang menimpa insan rasanya hampir sama dengan binatang. Yaitu bengkak, berair dan gatal-gatal.

Mungkin bagi kita sakit mata ialah hal yang biasa, tapi bagi sugar glider tidak! alasannya ialah penyakit ini sanggup menjadikan gatal-gatal di kepingan mata sehingga ia pun menggaruknya dan garukan tersebut sanggup mengakibatkan kebutaan. Kaprikornus segera diatasi kalau sudah terserang.

Teknik mengatasinya cukup didiberikan obat tetes mata khusus binatang yang sanggup kalian beli di toko binatang atau apotik terdekat. Tapi kalau tidak kunjung sembuh, lakukan cara di bawah ini:

  1. Pisahkan sugar glider yang sehat dengan yang sakit, supaya penyakit mata ini tidak menular ke rekannya.
  2. Jangan didiberi makan yang berprotein tinggi menyerupai seranggga, jangkrik. Kaprikornus diberikan saja buah-buahan sehat.
  3. Siapkan tisu berair anti alkohol yang steril, untuk memmembersihkankan beleknya.
  4. Beri obat tetes mata, kalau masih belum sembuh juga bawa ke dokter hewan.

Makanya sebelum terjadi, Anda harus menjaga kemembersihkanan sangkar supaya kuman dan kuman tidak tumbuh berkembang.

2. Penyakit Hairloss pada Sugar Glider


Apa itu hairloss?

Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya
Foto by facebook Alvin Fawaz

Hairloss ialah salah satu jenis penyakit sugar glider yang menjadikan bulu tubuhnya rontok. Biasanya penyebab utama penyakit ini ialah karna keadaan sangkar yang kotor, kurang nutrisi dan protein serta stress.

Agar sugar glider anda tidak terkena penyakit hairloss, dimasukankan untuk merawat sangkar dengan baik, jaga selalu keadaan supaya tetap membersihkan, minimal dimembersihkankan 2 kali dalam 1 pekan/minggu, terutama kawasan pulasnya (pounch). Sebab kondisi sangkar yang kotor sanggup menumbuhkan kuman dan jamur, sehingga kuman dan jamur tersebut akan menyerang tubuh sugar glider dan menjadikan gatal-gatal serta iritasi kulit kemudian jadinya bulunya rontok.

Selain itu kalian juga harus memdiberi masakan yang bergizi dan menjaganya biar tetap damai alias tidak stres, maka jauhkanlah sangkar SG dari kawasan yang sangat bising, terutama ketika di waktu istirahatnya (siang hari).

Nah, itulah cara mencegah penyakit hairloss, kemudian bagaimana cara mengobatinya?

Bersihkan area bulu yang rontok setiap hari memakai air hangat yang sudah dicampur sabun cair dettol secara pelan-pelan sambil dilakukan observasi dan pengecekan, apakah SG masih mencicipi gatal atau tidak.

Namun bila kulit sugar glider sudah terlanjur luka akhir sering digaruk, maka kalian tidakboleh memdiberi makan yang mengandung protein tinggi menyerupai serangga.

3. Penyakit Diare pada Sugar Glider


Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Nah, jenis penyakit sugar glider inilah yang kami sebut paling berbahaya. Mengapa? Karena diare ialah penyakit yang paling sering menimpa binatang sugar glider.

Sugar glider yang terjangkit diare akan mengalami gangguan pencernaan, dan kalau tidak segera diatasi akan menjadikan kematian. Penyebab utamanya ialah sumber makanan, atau salah memdiberi makanan. Intinya tidakboleh terlalu sering memdiberi makan jenis serangga, sebaiknya mengkombinasikan masakan sugar glider dengan buah-buahan atau lainnya.

Teknik mengatasinya diberikan obat dan vitamin yang sanggup kalian beli di pet shop. Selengkapnya sanggup dibaca: Teknik Mengobati Sugar Glider Mencret


4. Kaki Bengkak



Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya

Kaki sugar glider yang mengalami pembengkakan biasanya lantaran infeksi kuman yang melekat pada luka di kepingan kaki SG. Mungkin lantaran kandangnya yang kotor sehingga kuman sanggup tumbuh dan berkembang dengan bebas.

Sugar glider yang terjangkit penyakit ini sanggup stres dan mencicipi kesakitan yang jadinya akan membusuk.

Langkah Pengobatan Kaki Sugar Glider yang Bengkak:

  1. Hindari masakan yang mengandung protein berlebih menyerupai jangkrik, ulat hongkong  telor rebus dan bubur bayi.
  2. Berikan masakan yang tidak mengandung protein atau rendah protein seperti, pisang, pepaya, lengkeng, semangka dan lain-lain.
  3. Tambahkan sedikit madu pada air minum sugar glider, lantaran sanggup menguatkan daya tahan tubuh sugar glider. Tapi hendaknya sobat bersahabat juga berhati-hati dalam pemdiberian madu tersebut, tidakboleh hiperbola alasannya ialah pemdiberian glukosa yang terlalu banyak pada air minum SG malah akan membuat luka SG semakin memburuk.

Itulah alasannya ialah penyakit kaki infeksi pada sugar glider dan cara mengobatinya. Kalau ingin lebih lengkap baca, cara mengobati infeksi pada sugar glider AMPUH.

5. Penyakit Hild Leg Paralysis


Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya

Hild leg paralysis ialah penyakit belum sempurnanya kalsium dan fospor, tanda-tanda awalnya yaitu kurang nafsu makan, berat tubuh menurun dan kurang aktif. Biasanya penyakit ini timbul lantaran faktor makanan, atau referensi makan yang salah.

Teknik mengobatinya cukup gampang, sobat bersahabat cukup mempersembahkan pelengkap vitamin sugar glider dan memdiberi masakan yang banyak mengandung kalsium dan fospor. Makanan tersebut sanggup berupa buah-buahan menyerupai pisang atau lainnya. Agar mempercepat penyembuhan, menambahkan saja madu pada minumannya, tidakboleh terlalu banyak tapi sedang-sedang saja.

6. Katarak pada Mata Sugar Glider


Selamat sore sugar glider lovers seindonesia 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Teknik Pengobatannya

Sebenarnya penyakit yang terakhir ini termasuk jenis penyakit mata, namun kami pisahkan lantaran lebih parah dan penanganannya tidak sama.

Penyakit katarak disebabkan lantaran asupan masakan yang mengandung lemak terlalu tinggi sehingga gizi pada tubuhnya tidak seimbang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di mata sugar glider, yang kemudian akan merembet ke seluruh matanya hingga pada jadinya mengalami kebutaan.

Pengobatan penyakit katarak sangatlah susah, meskipun masih sanggup ditangani tapi tetap saja membutuhkan waktu yang cukup usang untuk menyembuhkannya. Semakin anda cepat mengobatinya maka akan semakin cepat sembuhnya, tapi sebaliknya kalau anda tidak segera mengobatinya maka akan semakin susah atau bahkan buta selamanya.

Mengatasi penyakit katarak hampir sama menyerupai cara mengobati penyakit infeksi kaki, yaitu memperbanyak konsumsi buah dan menghindari masakan berprotein tinggi. Tapi lebih dimasukankan lagi kalau eksklusif pergi ke dokter hewan.

Baca juga: Tips Merawat Sugar Glider yang Benar

Baik terimakasih, itulah klarifikasi panjang lebar terkena jenis penyakit pada sugar glider dan cara pengobatannya. Semoga sanggup bermanfaa bagi kalian tiruana khususnya yang sedang mengalami problem pada SGnya. [nb: bagi yang mempunyai gambar di atas silahkan tulis komentar di bawah, supaya sanggup kami tulis]

Post a Comment for "6 Jenis Penyakit Pada Sugar Glider Dan Cara Pengobatannya"