Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Teknik memelihara burung hantu- Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl, namun ia juga kerap dipanggil bird of prey (BOP). Sedangkan di Indonesia sendiri malah dipanggil burhan/burung hantu. Dinamakan burung hantu alasannya keberadaannya dianggap sebagai menunjukan kematian.

Selain itu ia juga mempunyai kebiasaan yang menakutkan. Yakni aktif di malam hari (nocturnal) dan mempunyai ciri ciri fisik yang tidak sama dari burung pada umumnya. Dilihat dari matanya saja sangat menyeramkan, bentuknya lingkaran dan menghadap ke depan, tak menyerupai burung pada umumnya yang matanya menghadap ke samping.

Meskipun banyak mitos yang beredar di masyarakat, hal itu tidak membuat takut para penghobi burung ekostik satu ini. Bahkan semakin hari pemelihara burung hantu semakin meningkat, artinya penggemar burung hantu semakin banyak.

sepertiyang yang sudah kami tulis di artikel, [Jenis dan Harga Burung Hantu terbaru 2018] bahwa spesies dikala ini yang paling terkenal ialah spesies barn owl (Tyto Alba). Dan kalau teman dekat ingin memelihara barn owl, kalian harus mengeluarkan uang sebanyak
Rp. 250.000-400.000 perbuntut untuk anakan. Sedangkan usia 8 bulan-dewasa bisa mencapai Rp. 3.500.000-Rp. 10.000.000 (tiruana tergantung pada kondisi dan kualitas burung).

Bagaimana cara memelihara burung hantu buat pemula?

Teknik Memelihara Burung Hantu


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Teknik merawat burung hantu tergolong susah, terlebih lagi yang masih anakan. Sebab mereka simpel stres dan mati. Makara teman dekat harus telaten dan optimal dikala memelihara BOP. Jika berhasil memelihara dan melatihnya, bukan mustahil kalian akan menerima banyak manfaat. Seperti menjadi mitra di rumah, penjaga sawah dari hama tikus dan bisa dibudidayakan kemudian dijual.

Baiklah silakan disimak beberapa tips memelihara burung hantu yang baik dan benar bagi pemula:

1. Memelihara Burung Hantu yang Masih Anakan


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Dianjurkan biar teman dekat memelihara burung hantu yang masih anakan. Karena burung hantu anakan lebih simpel dilatih atau dijinakkan oleh pemiliknya. Dan makanannya pun belum terlalu berat, cukup didiberi pakan serangga menyerupai jangkrik atau lainnya. Disamping itu harga burung hantu yang masih kecil tergolong lebih murah dibandingkan yang sudah dewasa.

2. Menyediakan Tenggeran Untuknya


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Tahap diberikutnya dalam memelihara burung hantu ialah menyediakan daerah nangkringnya (Perching). Umumnya orang-orang spesialuntuk menciptakankan tenggeran/tangkenteng sebagai media daerah tinggal dibandingkan menggunakan sangkar besi atau sangkar Aviary yang tertutup rapat. Sebab burung hantu cenderung simpel stres. Sehingga sangat tidak baik apabila dikurung dalam sangkar.

Selain itu dengan menciptakankan tenggeran untuk nangkring burung hantu juga sanggup mempercepat dalam proses menjinakkannya. Bila sudah jinak ia lebih simpel dilatih dan tidak simpel stress. Namun kalau kalian terpaksa menggunakan sangkar, sebaiknya menentukan sangkar yang luas dan besar.

Adapun untuk tenggeran sendiri kalian bisa menciptakannya dari ranting kayu alami dengan bentuk ideal dan nyaman, tidakboleh terlalu besar dan tidakboleh terlalu kecil. Biasanya burung hantu yang belum jinak harus dimenolong dengan mengikat kakinya pada tenggeran supaya tidak terbang dan hilang.

3. Memelihara melaluiataubersamaini Kasih Sayang


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Kerap memdiberi kasih akung sanggup mempercepat proses penjinakan burung hantu. Bentuk kasih akungnya dengan cara mengelus kepalanya secara lembut. Sering seringlah mengelus dan menyentuh kepalanya dan amati ekspresinya apakah ia terlihat nyaman atau tidak. Lakukan hal itu sesering mungkin biar burung hantu cepat bersahabat dan mengenal Anda. Akhirnya ia simpel diperintah, simpel dijinakkan serta simpel dilatih.

4. Jangan Menjemur di Bawah Panas Terik Matahari


Burung hantu termasuk binatang nokturnal. Di alam liar ia aktif spesialuntuk di malam hari, ia juga mencari mangsa spesialuntuk di malam hari. Dan setelah kenyang ia akan kembali ke tempatnya. Sehingga apabila matahari sudah meninggi atau sudah gerah, maka segera masukkan burung hantu ke daerah yang teduh. Ingat, tidakboleh pernah memandikan burung hantu pada siang hari.

5. Tenang Saat Merawat Burung Hantu


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Ketika teman dekat merawat burung hantu terutama dikala menjinakkannya, kalian harus tetap tenang. Sebab kalau gelagapan mungkin ia juga akan ikut gelagapan dan akhirnya stress tidak mau makan.

Biasanya yang sering gelagapan atau takut dikala menjinakkan burung hantu ialah para pemula. Mereka takut kalau nanti digigit atau dicakar burung hantu yang galak. Padahal kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan sarung tangan biar melindungi serta mengurangi resiko kalau sewaktu-waktu burung hantu menggigit ketika dijinakkan.

6. Matikan Lampu di Malam Hari


Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, burung hantu ialah binatang nokturnal yang aktifnya di malam hari. Sobat tidakboleh mengganggu aktifitasnya dengan menyalakan lampu yang terang. Maka kami masukankan matikan lampu daerah burung hantu tinggal sampai petang tiruana.

Tenang saja burung hantu itu tidak menyerupai kita yang kesusahan melihat kalau dalam keadaan petang. Melainkan ia mempunyai penglihatan yang tajam dan bisa melihat dikala malam hari petang gulita.

7. Sering Berkomunikasi


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Salah satu perawatan burung hantu yang harus kalian perhatikan yaitu berkomunikasi dengannya. Meski ia tidak bisa berbicara layaknya burung paruh bengkok, ia juga bisa memahami sapaan manusia. Bahkan burung hantu akan merasa bahagia dan nyaman dikala kita mengajaknya bicara atau menyapanya.

Mungkin saja ia merasa diperhatikan hehe. Selain itu dengan cara mengajaknya komunikasi juga akan membuat burung hantu tidak stres. Pastinya teman dekat tahu sendiri kan apa hasilnya kalau burung hantu stres? Yups, ia akan malas makan yang akhirnya mati.

8. Memdiberi Makanan pada Burung Hantu


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

INI point paling penting dalam memelihara burung hantu celepuk, tyto
alba/barn owl atau jenis jenis lainnya. Meski burung hantu pemakan daging (karnivora), tetap saja ia dilarang didiberi makan sembarangan. Kalian harus memperhatikan kandungan protein dan gizi makanannya.

Untuk pakan burung hantu jenis celepuk cukup didiberi pakan jangkrik atau ikan kecil. Tapi tidak sama dengan burung hantu jenis lainnya. Mereka membutuhkan pakan berupa tikus putih, ikan kecil-kecil dan burung emprit. Usahakan tidakboleh memdiberinya daging olahan apalagi yang kemasan.

Sebab banyak mengandung zat pengawet atau zat kimia yang sanggup merusak kesehatan burung hantu. Makara teman dekat harus mempersembahkan pakan yang masih hidup. Teknik pemdiberiannya bisa ditaruh di wadah yang simpel dijangkau oleh si burung atau anda bisa pribadi menyuapinya sambil diberintraksi.

Baca: Makanan Burung Hantu Lengkap untuk Semua Jenis

Begitu juga pemdiberian air minum, taruhlah pada sebuah daerah yang simpel dijangkau juga oleh si burung hantu. Yang terang diberikan secara rutin disiplin dan teratur. Bila perlu dibuatkan jadwal makan burung hantu.

9. Anggap Sebagai Sahabat


 Dalam bahasa Inggris burung hantu diartikan sebagai Owl 9 Teknik Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula

Sebelum ditutup saya akan mempersembahkan tips terakhir dalam perawatan burung hantu. Yaitu anggaplah ia sebagai mitra atau teman dekat kita. Burung hantu tidak menyerupai burung kicau yang simpel dipelihara. Sehingga teman dekat harus benar-benar memperhatikan poin-poin diatas contohnya sering mengajaknya interaksi, memdiberi makan yang bernutrisi dan mempersembahkan daerah yang nyaman.

Jika sudah menyerupai itu, si burung tidak rela kabur meninggalkan anda meski tidak ditali di tenggeran, alasannya ia sudah menyukai anda. :)

Itulah 9 cara memelihara burung hantu yang baik dan simpel untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaa bagi pemula dan menambah wawasan penghobi burung hantu. Sekian dari kami terimakasih. Boleh dicopy paste asalkan menyertakan sumbernya.

Post a Comment for "9 Cara Memelihara Burung Hantu Yang Benar Untuk Pemula"