Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Jalak Sutra (Sturnus Sturninus) Yang Cakep Dan Lembut

Jalak Sutra dikenal juga dengan nama burung Jalak Kapas atau burung Jalak Cina. Nama Latin dari burung ini yaitu Sturnus Sturninus. Sebenarnya burung ini ada di Indonesia sebab bermigrasi dari negara lain ibarat China, Sidiberia dan kaki pepegununganan himalaya. Biasanya burung tersebut hadir antara bulan Oktober sampai bulan Maret secara berkelompok atau beramai-ramai (ombyokan).

Mereka hadir ke Indonesia, terutama ke pulau-pulau yang hangat ibarat Pulau Kalimantan, Sumatera dan beberapa tempat di pulau Jawa sebab negara asal burung burung tersebut biasanya sedang dilanda ekspresi dominan dingin.

 dikenal juga dengan nama burung Jalak Kapas atau burung Jalak Cina Burung Jalak Sutra (Sturnus Sturninus) yang Cakep dan Lembut

Jalak Sutra dalam istilah aneh disebut Purple Backet Starling atau Daurian Starling. Burung ini termasuk kedalam kelompok keluarga sturnidae atau jalak-jalakan. Dibandingkan dengan burung jalak lain, ukuran atau panjang badan burung ini lebih pendek. Untuk burung cukup umur saja panjangnya sekitar 18 cm.

Ciri Jalak Sutra
Beberapa ciri-ciri umum yang biasanya dipakai untuk mengenal burung Jalak Sutra diantaranya adalah, burung ini mempunyai punggung serta buntut berwarna petang. Kepala dan dadanya berwarna abu-abu dengan akup yang berwarna hitam kehijau-hijauan. Terdapat garis berwarna putih terlihat sangat mencolok di akupnya.(Baca: ciri jalak suren)

Antara burung jantan dan betina terlihat serupa namun ada beberapa hal yang membedakannya diantaranya adalah, warna di penggalan punggung biasanya terlihat mengkilat, berwarna hitam atau keunguan pada pejantan. Selain itu, terdapat bercak hitam di penggalan tengkuk atau belakang kepala serta di penggalan perut berwarna putih.

Sebaliknya, burung betina mempunyai bulu di punggung berwarna abu-abu petang yang tidak terlalu mengkilap dan di penggalan belakang kepala terdapat spot berwarna coklat.

Teknik Merawat Jalak Sutra
Karena ini yaitu burung yang bermigrasi dari tempat lain atau dari negara lain, maka perlakuannya juga sedikit tidak sama dengan burung yang orisinil berasal dari Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, burung ini biasanya akan terbiasa dengan lingkungan dan cuaca gres yang ada di Indonesia.

Jalak Sutra menyukai beberapa masakan yang hampir sama dengan burung jalak lain seperti, serangga, cacing, buah-buahan, kroto dan beberapa burung bahkan sanggup dilatih memakan voer.

Untuk memelihara burung jalak, kita harus memperhatikan kemembersihkanan badan serta sangkarnya. Setiap hari burung ini harus dimandikan dengan metode semprot memakai air cuek atau air hangat. Biasanya air hangat dipakai untuk memancing biar bunyi burung sanggup lebih plong dan gacor.(Baca juga: suara jalak bali)

Post a Comment for "Burung Jalak Sutra (Sturnus Sturninus) Yang Cakep Dan Lembut"