Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Kutilang Sutra

Kutilang sutra ialah salah satu burung kicau yang cukup terkenal di negeri ini, meskipun burung ini tak setenar burung murai watu dan lovebird. Terkadang burung ini menjadi materi omongan yang hangat bagi sebagian besar kicaumania, alasannya beberapa kelebihan yang dimiliki dan diperhitungkan. Burung kutilang sutra masih termasuk dalam jenis burung kutilang, dan sudah tak sedikit yang memeliharanya sebagai burung peliharaan di rumah. Maka, bagi sobat bersahabat kicaumania belum lengkap rasanya kalau belum mempunyai burung yang unik satu ini.

 ialah salah satu burung kicau yang cukup terkenal di negeri ini Burung Kutilang Sutra

Ternyata, burung kutilang yang terkenal ini sempat menjadi perhatian kicaumania di Indonesia, mengingat bahwa burung dianggap mempunyai bunyi kicauan yang merusak bunyi burung lainnya. Namun anggapan itu spesialuntuk sebatas anggapan yang ternyata kutilang sutra suaranya bukanlah merusak tetapi justru banyak kicaumania yang menggunakannya sebagai materi untuk petes burung kicau. Nah, alasannya sudah banyak yang menganggao burung kutilang sutra ini suaranya manis dan tidak merusak, maka tak sedikit pula yang memeliharanya di rumah, bahkan menangkarnya. Jadi, kini tidak perlu khawatir lagi dalam menentukan burung kicau untuk dipelihara di rumah, alasannya justru semakin manis mengoleksi banyak burung kicau.

Biasanya perbedaan yang paling menonjol antara kutilang jantan dengan kutilang betina ialah diliat dari bab dagunya. Burung ini terkenal dengan bunyi kicauannya yang snagat merdu, namun banyak yang mengangap suaranya meskipun merdu tetapi "monoton". Tetapi yang niscaya bunyi kutilang sutra sangat manis kalau dijadikan sebagai materi memaster burung kicau terbaik lainnya, seperti: kenari, murai batu, kacer, cucak ijo, dan lain sebagainya.

Kutilang sutra paling banyak menyebar luas sampai ke pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Biasanya burung ini tinggal di perbuktian-perbukitan, pepegununganan, dataran tinggi yang banyak pepohonan, hutan, dan lain-lain. Hidupnya secara berkelompok, gotong royong baik saat berada di suatu tempat maupun pindah ke tempat yang lain. Dan setiap kelompok biasanya mempunyai pemimpin, yaitu pejantan yang mempunyai bunyi kicauan yang paling keras dan lantang dengan postur yang paling besar. Kutilang ini bisa menyerang burung kicau pengganggu yang hadir, sehingga masuk akal kalau burung ini juga disebut sebagai burung petarung yang tidak spesialuntuk manis dalam berkicau tetapi juga mempunyai mental yang kuat. Sedangkan masakan burung kutilang sutra ini ialah bermacam-macam jenis buah-buahan dan serangga-serangga kecil.

Sekian kami akhiri serba-serbi tentang mengenal burung kutilang sutra, biar info kali ini bisa menjadi secercah wawasan buat sobat bersahabat sekalian. Sebelumya sudah kami ulas artikel terkena burung kutilang, yaitu "suara kutilang" dan "kutilang emas".

Post a Comment for "Burung Kutilang Sutra"