Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian

Burung Kacer populer sebagai salah satu burung unik yang mempunyai kicauan khas serta dapat di-master. Burung ini mempunyai gayanya sendiri ketika berkicau mulai dari membuka akup, menggoyangkan buntutnya dan bergoyang-goyang ke kanan serta ke kiri. Tentu saja tingkah lakunya yang unik dan tidak biasa tersebut memancing banyak orang untuk dapat memilikinya.

Namun, untuk mempunyai Burung Kacer tidaklah gampang. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam merawatnya sebab burung ini populer sangat agresif. Burung Kacer mempunyai sifat fighter yang sudah populer dan bahkan proses penjinakannya pun akan memakan waktu yang tidak sedikit.

Burung Kacer populer sebagai salah satu burung unik yang mempunyai kicauan khas serta dapat Teknik Jitu Merawat Burung Kacer Harian

Teknik Merawat Kacer
Proses perawatan kacer harus benar-benar diperhatikan. Baik itu perawatan secara rutin maupun perlakuannya biar ia tidak stres dan mbagong.

A. Sangkar
Sangkar harus dimembersihkankan setiap hari biar burung tetap sehat dan terhindar dari banyak sekali macam penyakit. Pemdiberian makan serta extra food sebaiknya dilakukan secara rutin. Air dapat diganti apabila sudah kotor atau berkurang.

B. Setting Harian
  1. Perawatan harian burung ini dimulai dari pagi hari antara pukul 06.30 atau 07.00 dengan mengangin-anginkannya terlebih lampau selama kurang lebih 15 sampai 30 menit.
  2. Sesudah itu burung kemudian dibandingkan dengan disemprot sampai berair kuyup atau dengan memakai kerambah.
  3. Sambil burung dimandikan, anda dapat juga memmembersihkankan atau mempersembahkan perawatan untuk kandang dan mengganti masakan serta minuman.
  4. Sesudah dimandikan, burung kemudian dijemur selama kurang lebih 1 sampai 2 jam dan didiberi extra food berupa jangkrik, dapat 3 sampai 5 buntut. Pemdiberian masakan ekstra memakai menolongan lidi maupun memakai tangan apabila sudah jinak.
  5. Saat menjemur burung, anda dapat menempatkannya di daerah yang ramai atau banyak dilalui orang biar burung terbiasa dengan insan dan lebih praktis menjadi jinak.
  6. Sesudah di jemur, burung kembali diangin-anginkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.
  7. Sesudah itu, burung dapat diistirahatkan atau diperdengarkan master untuk melatih suaranya. Saat istirahatkan, burung sebaiknya tidak dikerodong.
  8. Pada sore hari, dimulai dari pukul 15.30 atau pukul 16.00 anda dapat mengangin-anginkannya kembali sebelum dimandikan.
  9. Sesudah memandikan burung, anda dapat mempersembahkannya extra food berupa 3 sampai 5 buntut jangkrik, kroto atau yang lainnya. Kemudian dijemur dan diangin-anginkan kembali sebelum di istirahatkan pada malam hari.
  10. Pada malam hari contohnya menjelang magrib, anda dapat mengkrodong burung ini dan memperdengarkan master.
C. Pakan
Pemdiberian pakan utama dapat berupa voer. Sedangkan untuk extra food, sebaiknya anda tidak mempersembahkan terlalu banyak biar birahinya tidak cepat naik. Selain memakai jangkrik, burung ini juga dapat didiberi extra food berupa orong-orong, hewan binatang kecil ibarat ulat hongkong, belalang, dll.

D. Menghindari Burung Kacer Mbagong
Untuk menghindari biar burung tidak bermasalah atau mbagong, sebaiknya secara rutin burung dimandikan dan didiberikan extra food yang tidak berlebihan. Jangan ganti setting hariannya biar tidak stress.

E. Mastering
Proses mastering burung ini biar dapat gacor dapat dilakukan dengan memakai burung master yang dilakukan pada siang hari sampai menjelang sore dan malam hari. Selain itu, anda juga dapat memakai audio terutama di malam hari untuk meningkatkan kualitas bunyi dan isian.

Selain dapat diperdengarkan master setiap hari, proses mastering juga sangat baik apabila dilakukan pada ketika burung mabung, dimana ketika itu burung diberistirahat secara total. Pada ketika itu, burung biasanya akan lebih praktis menyerap suara-suara yang ada disekitarnya dan menyimpannya dalam memori otaknya

Baca juga artikel sebelumnya: cara menjinakkan ciblek.

Post a Comment for "Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian"