Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memandikan Musang Yang Baik Berdasarkan Para Ahli

Bagaimana cara memandikan musang? Memandikan musang ialah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya. melaluiataubersamaini dimandikan secara teratur, si musang akan sehat, membersihkan dan terhindar dari penyakit. Tapi tentunya tidak dilakukan secara sembarangan, lantaran di sana ada metode khusus dalam memandikannya supaya tidak menyerang, menggigit dan merasa nyaman. Apalagi musang yang belum jinak atau galak, hemt pokoknya hati-hati deh.

Maka dari itu, hobinatang.com di sini akan berbagi tips memandikan musang yang baik, berdasarkan saya pribadi dan para hebat member-member grup MLI (Musang Lovers Indonesia) yang mereka tiruana sudah sangat berpengalaman. Teknik ini cocok untuk tiruana jenis musang, baik pandan, bulan, rase, akar dan biul. Dan juga cocok ditiruana usia serta keadaan, baik dewasa, baby, galak, liar dan lain sebagainya.

Teknik Memandikan Musang dengan Baik


Sebelum musang dimandikan kalian harus mengikuti langkah-langkah diberikut ini:

1. Menyediakan Perlengkapan Mandi untuk Musang


Yups, yang pertama kali harus kalian siapkan ialah peralatan mandi. Alat dan materi di bawah ini harus tersedia lengkap supaya tidak menyulitkan kalian ketika memulai memandikan musang, lantaran mungkin beberapa musang suka berontak jikalau sedang dimandikan.

  • Selang yang sudah menyalur di kran, atau boleh juga memakai gayung beserta baknya.
  • Sarung tangan dari materi kain tebal (jika musang masih suka menggigit)
  • Shampo khusus kucing atau shampo apa saja yang penting tidak pedih di mata (tidakboleh shampo orang dewasa)
  • Hair lotion yang untuk bayi
  • Handuk khusus (untuk mengeringkan bulunya)

2. Langkah-Langkah Memandikan Musang


 Memandikan musang ialah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya Teknik Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli
Foto by Seftian Pratama

 Memandikan musang ialah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya Teknik Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli
Gambar Musang Mandi by Rozie Rhamadhan


 Memandikan musang ialah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya Teknik Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli
Gambar by Rydho Zaluku

Apabila persedian sudah lengkap, maka langkah selanjutnya ialah proses memandikannya. Silahkan ikuti dan cermati:

  • Sediakan sangkar khusus untuk memandikan musang, lantaran musang dimandikan di dalam sangkar tapi ada juga mitra grup MLI yang pribadi dimandikan di dalam kolam lantaran sudah jinak.
  • Lalu pindahkan musang ke sangkar khusus tadi, tidakboleh lupa untuk melepaskan aksesoris yang ada ditubuhnya. Bila perlu dipotong dulu kukunya, minta menolongan 1-2 orang untuk memegangi.
  • Siram musang dari luar sangkar memakai selang yang tersalur air kran, dengan tekanan air tidak terlalu deras dan tidak pula terlalu pelan tapi sedang-sedang, yang mau pake gayung juga boleh.
  • Apabila dirasa sudah berair merata, tuangkan sedikit shampo bayi ke tangan anda kemudian usapkan ke musangnya sambil dipijat-pijat hingga busanya merata. (Jika sudah jinak dimasukankan tidakboleh memakai kaos tangan) tapi jikalau susah, tarik ujungnya pelan-pelan sambil diusap.
  • Bilas hingga tiruana busanya hilang, kemudian dilap pakai handuk khusus atau dapat juga dijemur. Apabila sudah setengah kering maka diambil lagi.
  • Kemudian dioleskan pakai hair lotion di cuilan tubuhnya hingga merata.
  • Dan terakhir cara yang terakhir, dijemur kembali hingga kering kira-kira 5 menit.

3. Waktu yang Tepat untuk Memandikan Musang


 Memandikan musang ialah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya Teknik Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli
Arezz Harazuku

Kapan waktu yang pas untuk memandikannya? Waktu yang sempurna untuk memandikan musang ialah ketika pagi hari, kira-kira antara jam 07.00 hingga 08.30.  Karena sinar matahari di ketika itu mengandung vitamin D yang manis untuk kulit dan tulang, selain itu dapat juga membunuh kuman yang ada ditubuhnya.

Sebaigian kawan-kawan ada yang bilang, tidakboleh memandikan musang jikalau masih kecil antara umur di bawah 2 bulan atau 3 bulan . Karena dikhawatirkan belum berpengaruh menahan dinginnya air alhasil beliau dapat mati. Musang dimandikan 1 X dalam satu ahad atau dua minggu.

4. Manfaat Memandikan Musang


Mungkin dari kalian ada yang berfikir, "memang apa sih manfaatnya?". Manfaatnya sangat banyak mas, selain menjaga kesehatan juga dapat melatih musang supaya bonding dan jinak. sepertiyang yang pernah dibahas pada artikel, cara menjinakkan musang gres beli.

Video memandikan musang 2 bulan:


Nah, makanya tidakboleh malas-malas merawat binatang keakungan kita yak. Baiklah kami akhiri panduan cara memandikan musang yang baik berdasarkan ahlinya. Silahkan di share jikalau berkenan. Thanks for my friends in MLI #salamwangi

Post a Comment for "Cara Memandikan Musang Yang Baik Berdasarkan Para Ahli"