Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menangkar Dan Membudidayakan Burung Merak Biru

Burung merak biru biasa dikenal sebagai merak India yang mempunyai nama ilmiah Pavo Cristatus. Seperti namanya, satwa langka tersebut mempunyai warna bulu berwarna biru petang mengkilap sangat cantik. Karena kecantikannya, satwa tersebut sering dicari oleh banyak orang baik untuk ditangkar ataupun untuk dipakai sebagai hiasan (diambil bulu-bulunya). Ukuran dari jantan pada spesies ini sendiri bisa mencapai 230 cm dengan epilog ujung sangat panjang disertai warna hijau melantik. Diatas kepala pada jenis ini juga mempunyai jambul tegak biru membentuk kipas. Untuk betinanya, satwa tersebut sendiri mempunyai ukuran lebih kecil dan mempunyai bulu kurang mengkilap. Untuk populasi, jenis tersebut tersebar dihutan terbuka dengan padang rumput di India, Sri Lanka, Pakistan, Nepal dan Bhutan. '

Burung merak biru biasa dikenal sebagai merak India yang mempunyai nama ilmiah Pavo Cristat Teknik Menangkar dan Membudidayakan Burung Merak Biru

Mengenal lebih jauh wacana burung merak biru
Sebelum kita mengulas bagaimana cara menangkar burung merak, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk wacana binatang satu ini. Sebagai informasi, untuk jantan, burung merak tersebut ialah poligami spesies alias mempunyai pasangan lebih dari satu. Pada demam isu reproduksi, biasanya burung jantan akan berbagi epilog ujungnya dibuka dan membentuk menyerupai kipas disertai bintik berbentuk mata berwarna biru. Untuk betina sendiri, mereka biasanya juga menetaskan telur mulai dari tiga sampai enam butir. Jumlahnya cukup sedikit sehingga membudidayakan satwa langka tersebut memang tidak gampang. Karena tidak gampang, maka kalian perlu mengetahui secara detail terkena unggas ini sebelum memeliharanya.(Baca juga : Teknik ternak merak jawa)

Untuk pakan, spesies warna biru intinya tidak jauh tidak sama dengan jenis lainnya. Pakannya yakni berupa guaka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan. Terkadang juga menyukai serangga dan banyak sekali binatang kecil menyerupai cacing, laba-laba, dan kadal kecil. Merak biru ialah burung nasional Negara India alasannya yakni mempunyai peranan penting dalam mitologi Buddha, Hindu, dan kebudayaan-kebudayaan lainnya di Negara ini. Namun, kini spesies ini juga ada di Indonesia sehingga kalian bisa membudidayakan spesies burung tersebut. Agar berhasil dalam membudidayakannya, diberikut ada beberapa gosip yang bisa kalian gunakan selama penangkaran unggas.(Baca juga : Tips memelihara anak owl)

• Sebelum mempunyai jenis unggas tersebut, maka sebaiknya kalian mempunyai lahan untuk menangkarnya alasannya yakni lahan luas untuk sangkar ialah kunci utama semoga penangkaran berhasil dan sang betina bisa bereproduksi dengan sangat baik.

• Buatlah sangkar yang besar dan sediakan makanan didalamnya. Taruhlah pakan secara alami semoga suasana sangkar menyerupai pada habitat aslinya. Beri juga air didalamnya semoga satwa ini tidak dehidrasi.

• Biasanya demam isu kawin satwa yakni demam isu penghujan sehingga jikalau demam isu hujan tiba, taruhlah induk jantan dan betina secara bersamaan semoga bisa mereproduksi.

• Jangan menaruh jantan lebih dari satu alasannya yakni bisa bertarung, ada baiknya ketika menangkar binatang menarikdanunik ini dengan menaruh betina lebih banyak alasannya yakni termasuk spesies poligami.

• Spesies unggas tersebut tidak memproduksi telur cukup banyak sehingga sangat penting ketika mengeram. Agar kesudahannya terbaik, ada baiknya menaruh telur merak ini pada ayam yang sedang mengerami. Hal itu akan mempersembahkan peluang menetas lebih besar dibanding dierami sendiri.

melaluiataubersamaini memperhatikan hal-hal diatas, maka membudidayakan unggas yang bukan orisinil Indonesia sangat bisa dilakukan. Burung merak biru memang mempunyai corak menarikdanunik nan indah. Akan tetapi jikalau terus diburu maka eksistensi dari satwa tersebut bisa punah. Oleh alasannya yakni itu, wangsit penangkaran dan membudidayakan unggas ini patut untuk didukung. Biaya yang dikeluarkannya pun bisa dikatakan tidak terlalu tinggi.



Post a Comment for "Cara Menangkar Dan Membudidayakan Burung Merak Biru"