Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Sangkar Burung Pleci Minimalis Maupun Besar

Jika Anda ialah seorang peternak atau breeder burung, terutama burung kicau, termasuk Burung Pleci, tentu Anda tidak akan lepas dari urusan sangkar dan juga sangkar. Mempersiapkan sangkar bekerjsama tergantung dari kebutuhan, apakah Anda mempunyai banyak Burung Pleci atau spesialuntuk sedikit. Namun jikalau Anda ingin beternak secara profesional, maka 2 tipe sangkar untuk burung yaitu tipe Aviary dan tipe Soliter ialah pilihan utama.

Setiap bentuk sangkar mempunyai kelebihan dan belum sempurnanyanya masing-masing. Jadi, kembali kepada kebutuhan Anda.

Jika Anda ialah seorang peternak atau breeder burung Teknik Membuat Kandang Burung Pleci Minimalis Maupun Besar

A. Kandang Soliter
Kandang Soliter ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memakan banyak tempat. Anda dapat menciptakannya dengan memakai kawat ram atau Anda juga dapat memakai sekat triplek.
Kandang jenis ini sangat cocok apabila Anda ingin membudidayakan Burung Pleci dengan menempatkan sepasang burung di dalam satu kandang. Anda dapat menciptakannya berjajar atau bertingkat sesuai dengan kebutuhan. Metode ini selain mempersembahkan Anda peluang merawat burung secara khusus, dengan gaya soliter, juga populer praktis dalam perawatannya.

B. Kandang Aviary
Model sangkar ini biasanya berukuran cukup besar di manfaatkan untuk menampung banyak burung. Namun, tentu saja membutuhkan lahan yang tidak sedikit lantaran metode ini mencoba mengadopsi alam bebas.

Yang Harus Diperhatikan ketika Membuat Kandang Pleci
Saat Anda ingin membudidayakan Burung Pleci, ada beberapa hal di dalam sangkar yang dihentikan Anda lupakan diantaranya adalah,
1. Sarang
Ini ialah burung kecil yang tidak membutuhkan masukang terlalu besar. Anda dapat mendapat masukang dengan membeli di toko-toko burung harganya juga tidak terlalu mahal sehingga Anda pun tidak akan repot. Tempatkan kini di pojok atau bab belakang sangkar dalam posisi menggantung.
Pilihlah masukang yang tidak terlalu besar, dan pastikan materi pembuatan masukang ialah bahan-bahan yang lembut dan tidak berbahaya.

2. Tempat Makan dan Minum
Tempat makan dan minum sebaiknya erat dari pintu sehingga Anda tidak akan banyak mengganggu burung apabila menggantinya.

Tempat minum dapat juga diletakkan di luar kandang, namun harus tetap dapat dijangkau dengan praktis oleh burung dari dalam.

Meletakkan kawasan minum di luar sangkar dimaksudkan semoga sangkar tidak sering becek dan menyebabkan banyak sekali kuman atau jamur praktis berkembang.

3. Tangkenteng
Hampir tiruana burung sangat suka nangkring sehingga Anda dihentikan melupakan yang satu ini. Bahkan, produktivitas dan rajin atau tidaknya burung berkicau sehingga menghasilkan burung yang berkarakter dapat tergantung dari tangkenteng yang Anda diberikan. Oleh lantaran itu, beberapa jenis tangkenteng yang cocok untuk Burung Pleci menyerupai tangkenteng berbentuk aksara "T", tangkenteng model satu setengah, dan model tangkenteng yang lain harus Anda pertimbangkan dengan matang.

4. Pintu dan Sirkulasi Udara
Untuk sangkar tipe Aviary, sebaiknya pintu sangkar tidak terlalu besar dan cobalah menciptakannya spesialuntuk cukup badan anda, serta pintu lain berukuran kecil untuk memasukkan dan mengeluarkan makanan. Buatlah dengan pas untuk tangan Anda sehingga tidak megampangkan burung untuk keluar.
Pintu berukuran kecil dimaksudkan semoga Anda dapat mengganti masakan dan minuman apabila dibutuhkan. Ukurannya tidak terlalu bemasukan dan spesialuntuk cukup untuk tangan saja.

5. Perawatan
Dari sekian faktor yang ada, faktor perawatan juga dapat besar lengan berkuasa kepada hasil dari budidaya burung. Merawat sangkar burung dapat dimulai dari membersikah 4 kali dalam seminggu semoga tetap terjaga dan bebas dari penyakit.

Namun apabila Anda meletakkan kawasan air di dalam sangkar dan air sering tumpah, atau menyebabkan sangkar menjadi becek, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan meletakkan lap atau kain yang dapat menyerap air.

Sekian sedikit tips pembuatan kandang pleci yang dapat kami sampaikan kepada teman erat pleci mania, semoga bermanfaa. Simak juga isu lainnya yang tak kalah seru, yakni wacana cara membedakan kelabuin pleci jantan dan betina.

Post a Comment for "Cara Menciptakan Sangkar Burung Pleci Minimalis Maupun Besar"