Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Ciblek Yang Cacingan

Dari sekian banyak penyakit yang sering menyerang Ciblek, cacingan yakni penyakit yang paling umum terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang burung yang mempunyai kondisi kemembersihkanan badan dan sangkar yang buruk. melaluiataubersamaini kondisi menyerupai itu, masuk akal kalau perkembangan cacing akan semakin pesat dan menyebabkan cacingan.

Penyebab Ciblek yang cacingan pun tidak spesialuntuk dari kemembersihkanan sangkar dan badan yang buruk. Kualitas pakan yang tidak membersihkan pun sanggup menyebabkan burung menderita penyakit ini. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan, baiknya membersihkankn tiruana elemen sangkar burung, termasuk cepuk, keramba, pakan, termasuk badan burung itu sendiri.

Dari sekian banyak penyakit yang sering menyerang Ciblek Teknik Mengobati Ciblek yang Cacingan

Namun kalau burung sudah terlanjur terkena cancingan, segeralah lakukan perawatan khusus. Perawatan tersebut menyangkut perawatan untuk mengurangi dan mencegah perkembang biakan cacing dalam tubuh. Sehingga badan burung pun akan terbebas dari penyakit cacingan.

Teknik Mengatasi Ciblek yang Cacingan
Berikut yakni beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi burung yang sedang menderita cacingan:

1. Pertama, pindahkan burung ke sangkar atau sangkar khusus yang dipakai sebagai karantina untuk burung yang sakit.
2. Tetap diberikan asupan pakan, khususnya pakan yang berkarakter. Namun bila nafsu makan burung berkurang dan burung enggan untuk makan, lakukan pololohan, semoga asupan nutrisi burung tetap terjaga.
3. Bersihkan tiruana pernak pernik burung, termasuk sangkar, cepuk, keramba, atau pun tangkenteng.
4. Pastikan pakan yang didiberikan ialah pakan yang berkarakter, membersihkan, dan masih segar.
5. Khusus untuk extra food (EF)/makanan ekstra, diberikan EF yang berkarakter baik, membersihkan, dan tidak terbebas dari parasit, termasuk cacing.
6. Untuk tindakan lebih lanjut, cara mengobati Ciblek yang cacingan ini bisa dilakukan dengan mempersembahkan obat cacing khusus burung yang bisa dibeli di toko burung.
7. Sedangkan untuk menjaga kesehatan burung, diberikan asupan multivitamin yang cukup, semoga badan buruh lebih fit dan segar.

Ciri Burung yang Menderita Cacingan
Di bawah ini ialah ciri-ciri yang bisa dipakai sebagai indikasi dari kondisi burung yang sedang menderita cacingan:

1. Kondisi burung yang lesu, lemas, dan tidak bertenaga.
2. Kendati nafsu makannya stabil, badan burung akan terlihat kurus kering.
3. Pada kondisi terparah, burung bisa saja kehilangan nafsu makan dan tergeletak di bawah sangkar.
4. Burung akan jadi pendiam dan tidak mau berkicau sebagai mana mestinya.

Itulah beberapa ciri Ciblek yang cacingan lengkap dengan cara mengobatinya. melaluiataubersamaini mengetahui ciri dan penanganan burung yang cacingan di atas, diperlukan Anda bisa lebih siap dan sigap dalam menghadapi kondisi serupa (Baca juga: cara ternak ciblek).

Post a Comment for "Cara Mengobati Ciblek Yang Cacingan"