Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan Dan Dewasa

Teknik menjinakan kucing hutan- Pada dasarnya tiruana binatang sanggup dijinakkan. Entah itu yang buas maupun yang tidak. Hanya saja tingkat kesusahannya tidak sama-beda. Sedangkan kucing hutan sendiri ialah binatang liar yang habitat aslinya yakni hutan. Dia mencari makan dengan cara berburu binatang kolam sebuntut macan.

Untuk statusnya sendiri, kucing hutan yakni binatang apendik (hampir punah). Sehingga di Indonesia kucing blacan dilindungi oleh pemerintah. Lalu kalau tidak boleh kenapa masih banyak yang memelihara kucing hutan?

Namanya juga manusia, yang tidak punya rasa puas. Sama halnya dengan, "Korupsi dilarang, kenapa masih banyak yang korupsi?". Itulah manusia. Demi menerima uang dari penjualan kucing hutan, para oknum-oknum tersebut rela memburu kucing hutan. Biasanya yang mereka cari yakni kucing hutan anakan. Bahkan tidak sedikit yang memisahkan induk dan anaknya secara paksa dengan cara membunuh induknya.

Hal inilah penyebab utama kucing hutan menjadi langka. Namun, saya menulis tutorial ini bukan berarti mendukung anda untuk memelihara binatang yang dilindungi loh. Justru sebaliknya, saya sangat menghimbau kepada kawan-kawan tiruana biar memelihara kucing hutan secara legal. Artinya kawan-kawan sudah membuat surat izin dari pemerintah untuk merawat kucing hutan.

Baiklah kembali lagi ke pembahasan bagaimana cara menjinakkan kucing hutan yang galak. Melatih kucing hutan supaya jinak tidaklah gampang. Membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Karena memang sifat alaminya yakni liar, beliau sangat buas. Makanya kalian harus benar-benar siap sebelum menjinakkan kucing hutan.

Apalagi jikalau kalian memelihara kucing hutan yang dewasa. Sangat susah dijinakkan atau malah beliau sanggup mati akhir tidak cocok dengan lingkungan Anda yang bukan habitat aslinya. Selain itu beliau juga sangat sensitif dengan manusia, dipegang aja susah apalagi diajak bermain.

Meski begitu banyak juga yang sudah berhasil melatih kucing hutan menjadi jinak. Rata rata mereka melatihnya semenjak usia kecil, tapi ada juga yang sudah usia dewasa. Di sini hobinatang.com akan menyebarkan gosip terkena cara menjinakkan kucing hutan blacan cukup umur maupun yang masih anakan atau baby.

Teknik Menjinakan Kucing Hutan


 Pada dasarnya tiruana binatang sanggup dijinakkan Teknik Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan dan Dewasa

Tips menjinakkan kucing hutan dibawah ini menurut pengalaman para master yang sudah berhasil melakukannya. Jika masih bingung, tidakboleh segan segan bertanya di kolom komentar.

1. Memdiberi Pendekatan pada Kucing Hutan


Sebagai binatang yang liar, tentu saja kucing hutan tidak sanggup kita paksakan biar eksklusif jinak. Namun, lakukan pendekatan secara perlahan-lahan. Terlebih lagi buat Anda yang gres membeli kucing hutan. Berikan beliau peluang untuk pembiasaan dengan lingkungan barunya.

Ada berbagai teladan pendekatan yang sanggup kalian lakukan misalnya, membuat beliau nyaman dengan daerah tinggal barunya, menjaga jarak terlebih lampau supaya beliau beradaptasi, memdiberinya makan dengan penuh kasih akung dan lain sebagainya. Intinya buat beliau senyaman mungkin tinggal bersama anda.

2. Memperkenalkan Bau Pemiliknya


 Pada dasarnya tiruana binatang sanggup dijinakkan Teknik Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan dan Dewasa

Mungkin cara yang kedua dalam menjinakkan kucing hutan ini terlihat guah. Tapi menurut banyak pengalaman, tips ini sangat ampuh. Karena kucing hutan mempunyai penciuman yang tajam, sehingga dengan praktis beliau sanggup mengenali busuk pemiliknya.

Umumnya orang-orang meletakkan pakaian bekasnya ke dalam kandang. Hal ini bertujuan biar kucing hutan sanggup mengenal aroma keringat pemiliknya. Kalau sanggup kalian menentukan pakaian yang sudah dikenakan selama 3 hari.

3. Berikan Makan melaluiataubersamaini Tangan


Memdiberi kucing hutan makan dengan tangan kita sendiri sangat memmenolong sekali dalam proses penjinakan. Fungsinya biar beliau kenal dengan aroma tangan kita dan beliau merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Ini juga salah satu tips pendekatan padanya. Apakah akan menggigit?

Jika memang kucing hutan terlihat akan menggigit. Kalian harus tetap tenang, tidakboleh eksklusif menarikdanunik tangan anda secara cepat. Karena justru hal itu akan membuat kucing hutan berasumsi bahwa anda yakni musuh yang nyata. hehe Tenanglah, bila anda memang takut, tariklah pelan pelan tangan Anda. Jangan kaget apalagi teriak.

4. Gendong Kucing Hutan


 Pada dasarnya tiruana binatang sanggup dijinakkan Teknik Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan dan Dewasa

Langkah diberikutnya yakni memberanikan diri untuk menggendong kucing hutan. Ajak pelan-pelan kucing hutan keluar dari sangkar kemudian gendong dengan tangan anda sendiri. Apabila kucing hutan memang masih terlihat sangat galak dan masih suka mencakar, sebaiknya tangan kalian dilapisi kain yang tebal supaya kondusif dari gigitan atau cakaran kucing hutan.

Lakukan cara tersebut secara terus-menerus. Bila mana dirasa sudah bersahabat dengan anda, cobalah untuk menggendong tanpa pelapis kain. Ajak beliau bermain sore di lapangan atau halaman rumah.

5. Mandikan Dua Kali Seminggu


Meski banyak yang menyarankan memandikan 3 kali dalam seminggu, namun saya tetap lebih menentukan 2 kali dalam seminggu. Karena kita tahu bahwa sifat alami kucing ialah takut dengan air. Makara beliau sanggup stress bila keseenteng terkena air. Untuk kucing hutan anakan, cukup diusapi air saja. Jangan dimandikan layaknya kucing dewasa. Untuk cara memandikannya, silahkan baca: Panduan Merawat Kucing Hutan Anakan dan Dewasa

Itulah langkah-langkah sempurna dalam menjinakan kucing hutan blacan anakan maupun dewasa. Yang paling penting yakni kesabaran dan ketekunan, setelah jinak kalian sanggup mengajaknya bermain sesuka hati anda. :)

Post a Comment for "Cara Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan Dan Dewasa"