Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Ikan Hias Yang Anggun Alami Dan Buatan [Lengkap]

Makanan ikan hias- Dalam merawat binatang peliharaan, tentu tidak pernah lepas dari yang namanya makanan. Begitu juga dengan ikan hias. Dia membutuhkan masakan yang bagus dan bergizi semoga sanggup menopang pertumbuhannya. Di samping itu asupan masakan juga besar lengan berkuasa terhadap kesehatan dan pertumbuhannya.

Makanya apabila Anda sedang memelihara ikan hias di aquarium atau di daerah lain, Anda harus mempersembahkan pakan terbaik untuknya semoga kelangsungan hidupnya terjamin. Jangan hingga sembarangan dalam mempersembahkan pakan, hal itu sanggup menimbulkan si ikan sakit dan mati.

Sedangkan untuk jenis makanan ikan hias sendiri ada banyak sekali. Mungkin sanggup mencapai ribuan atau bahkan puluhan ribu macam. Sehingga di sini kita harus jeli dalam memilihnya. Yaitu harus menentukan pakan ikan yang sesuai dengan kebutuhannya dan juga sesuai dengan jenis ikan itu sendiri.

Loh, emang setiap jenis ikan tidak sama juga jenis makanannya?

Jelas tidak sama sob. Ikan hias itu ada berbagai jenisnya. Ada ikan hias yang habitatnya di air tawar dan ada pula yang di air laut. Untuk jenis-jenis hias sudah pernah kami bahasa di artikel ini, 15 Ikan Hias Cantik yang cepatdangampang Dipelihara Pemula.

Sedangkan dari segi makanan, ikan hias air tawar maupun ikan hias air maritim juga dibagi menjadi dua. Yaitu ikan hias Predator dan ikan hias biasa. Makanan ikan predator tidak sama dengan ikan hias biasa. Ikan predator memakan sesama jenis ikan lainnya yang berukuran lebih kecil darinya. Atau sanggup juga memakan katak, dan udang. Adapun ikan hias biasa spesialuntuk memakan pelet, flora atau kutu air.

Baca juga: 17 Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Lalu, apa saja masakan ikan hias yang bagus dan bergizi buatnya?

Nah di sini hobinatang.com akan memdiberi informasi terkait masakan apa saja yang cocok dan baik buat ikan hias. Baik air tawar maupun air laut. Daftar di bawah ini ialah masakan ikan yang selain pelet atau komersial. Kaprikornus spesialuntuk yang alami dan buatan sendiri di rumah.

Makanan Ikan Hias Yang Bagus Lengkap


 tentu tidak pernah lepas dari yang namanya masakan Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Makanan ikan yang bagus ialah masakan yang sanggup menjadikannya sehat pertumbuhannya ideal dan membuat warna tubuhnya semakin indah. Berikut ini kami bagi beberapa kategori masakan ikan:

1. Makanan Ikan Hias Kecil yang Alami


 tentu tidak pernah lepas dari yang namanya masakan Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]
cacing sutra

Yang pertama ialah masakan untuk ikan hias yang berukuran kecil ibarat ikan cupang, guppy, molly, neon tetra atau yang lainnya.

  • Arthemia: ialah jenis udang yang berukuran sangat kecil. Anda sanggup mempersembahkan pakan ini pada ikan hias yang masih anakan atau burayak. Takarannya sesuaikan dengan usia ikan dan ukuran mulutnya.
  • Jentik Nyamuk: jentik nyamuk sangat disukai ikan hias kecil ibarat cupang. Karena mengandung banyak protein dan juga sanggup menstimulasi ikan untuk melaksanakan reproduksi. Baca: Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang
  • Kutu air: kutu air berkembang biak secara partenogenesis dan termasuk dari keluarga krustasea. Makanan ini sangat bagus untuk menambah tingkat kecerahan warna ikan hias kecil ibarat guppy. Baca: Pakan Ikan Guppy Agar Cepat Besar
  • Cacing sutera: bentuknya yang panjang dan tipis serta warnanya yang merah membuat sebagian orang menyebutnya cacing darah. Kandungan protein dalam cacing sutra amat cocok buat mencerahkan warna anak ikan arwana, ikan guppy maupun cupang. Cacing sutera hidup di perairan yang terdapat tanah organiknya.

Daftar masakan di atas tergolong alami alasannya ialah berasal dari alam rawa rawa atau dikembangbiakan sendiri pada kolam khusus. Untuk mendapatkannya kalian juga sanggup membelinya eksklusif pada peternak cacing atau peternak kutu air.

2. Makanan Ikan Hias Buatan


 tentu tidak pernah lepas dari yang namanya masakan Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Poin yang kedua ialah masakan ikan hias yang buatan sendiri atau buatan pabrik yang sanggup dibeli di toko ikan. Sebenarnya membeli lebih simpel dibandingkan membuat sendiri. Karena Anda tidak perlu repot repot menyiapkan bahan-bahannya. Ada banyak macam masakan buatan yang sanggup anda pilih sesuai budget yang anda miliki, seperti:

  • Granule: ialah masakan yang berbentuk bundar dan sangat padat. Sehingga sangat cepat karam dikala di air. Granule cocok untuk ikan hias maritim yang sukanya berenang di dasar air. 
  • Pelet: masakan kesukaan si ikan ini bertekstur padat namun tidak sepadat granule. Biasa didiberikan untuk ikan hias yang sudah dewasa. Pelet sendiri ada dua macam, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. 
  • Flake: bentuk masakan berjenis flake ini berupa lembaran. Sehingga harus dihancurkan lampau sebelum didiberikan pada ikan. Walaupun dikala dimasukkan ke air, flake akan mengecil sendirinya, namun tetap harus dihancurkan sedikit supaya lebih simpel ditelan. Pakan tersebut sifatnya mengapug jadi cocok untuk ikan hias yang suka berada di permukaan air.
  • Tablet: sama ibarat namanya, pakan ikan hias jenis tablet bentuknya persis obat, bundar dan padat. Cocok untuk ikan hias sampaumur dan suka bergerombol. Sehinga mereka akan memakan tablet tersebut secara bersamaan.

Untuk ikan kecil sebaiknya didiberi pakan buatan yang berukuran kecil pula. Supaya sesuai dengan volume mulutnya. Dan sebaiknya tidakboleh terlalu sering memdiberi makan masakan pabrik. Karena akan menciptakannya bosan. Kombinasikan juga dengan masakan alami.

3. Makanan Ikan Hias Air Tawar Segar


 tentu tidak pernah lepas dari yang namanya masakan Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Apabila anda sudah sering memdiberi pakan buatan dan alami pada ikan, maka sekali kali diberi pakan yang segar semoga si ikan tidak bosan. Apa aja pakan ikan hias yang segar?

  • Kacang polong: pakan tersebut khusus untuk ikan yang suka berada di dasar air. Manfaat kacang polong untuk meningkatkan stamina ikan hias. Kami masukankan kacang polong dicairkan terlebih lampau untuk menghindari tersedak pada ikan.
  • Wortel: tidak spesialuntuk kutu air saja yang sanggup mencerahkan warna badan ikan hias. Karena wortel juga mengandung beta karoten yang sanggup mencerahkan warna ikan. Hanya saja tidak tiruana ikan sanggup menelan wortel yang bertekstur keras. Jadi, harus dicairkan lampau atau dipotong sekecil mungkin.
  • Jantung sapi: masakan khusus ikan hias predator ini sangat bagus untuk menambah stamina dan memmenolong pertumbuhan si ikan. Karena di dalamnya mengandung protein hewani yang cukup. Sebelum didiberikan pada ikan, sebaiknya membersihkankan dulu lemak yang melekat pada jantung sapi untuk menghindari kegemukan (obesitas) pada ikan.
  • Timun: bagi ikan yang belum sempurnanya vitamin silakan didiberi timun untuk menambah gizi dan energinya. Selain itu, timun juga sanggup meningkatkan nafsu makan ikan hias. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhannya.

Namun berdasarkan pengalaman, beberapa ikan hias tidak menyukai makan masakan segar di atas. Dia lebih menentukan memakan jentik nyamuk dan pelet dibandingkan timun, wortel atau kacang.

4. Makanan Ikan Hias Air Laut


 tentu tidak pernah lepas dari yang namanya masakan Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Untuk ikan hias air maritim sendiri sanggup didiberi masakan buatan ibarat yang kami sebutkan di atas. Yakni pakan buatan Granule. Karena sifatnya yang padat sehingga  cepat karam ke dalam air.

Disamping itu masakan untuk ikan hias air maritim umumnya didiberi udang (basah/beku) yang sudah dicacah kecil kecil. Atau kupasan karang. Ukurannya potongan udang sebaiknya diubahsuaikan dengan mulutnya.

Tapi ingat setiap jenis ikan mempunyai masakan pokok yang tidak sama. Ada ikan berasal dari spesies botana (surgeon fishes/tangs). Dia biasa memakan tumbuh flora ibarat rumput maritim asam dan anggur maritim hijau. Walau demikian, ikan simpel menyesuaikan diri sehingga sanggup menyantap udang rebon ataupun pellet.

Baca juga: 12 Makanan Ikan Arwana yang Bagus dan Menyehatkan

Itulah jenis makanan ikan hias yang bagus dan lengkap. Mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut. Kami masukankan tidakboleh terlalu hiperbola memdiberi pakan ikan alasannya ialah sanggup terjadi pembusukan apabila pakannya ada yang sisa. Sedikit tapi terus menerus kita lebih baik dibandingkan banyak tapi malah mengakibatkan bakteri.

Post a Comment for "Makanan Ikan Hias Yang Anggun Alami Dan Buatan [Lengkap]"