Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjodohkan Burung Lovebird Yang Baik Dan Efektif

Lovebird ialah burung anggun yang dikenal sebagai burung setia dan mempunyai kekek panjang, lucu, dan menggemaskan. Selain itu burung ini juga mempunyai bulu yang terlihat membersihkan, cerah, serta menarikdanunik. Menurut sejarah yang berkembang, burung ini pada awalnya dihadirkan dari benua Afrika.

Hingga ketika ini, di Indonesia sudah banyak peternak yang berhasil membudidayakan jenis burung ini.
Pengembangbiakan Lovebird kemudian semakin disukai dan semakin menjanjikan. Terlebih, dengan adanya lomba-lomba yang diadakan baik itu pada tingkat regional maupun tingkat nasional.

Lovebird ialah burung anggun yang dikenal sebagai burung setia dan mempunyai kekek panjang Teknik Menjodohkan Burung Lovebird yang Baik dan Efektif

Mengenal Lovebird
Sepeti yang sudah disebutkan sebelumnya, burung ini ialah tipe burung monogami yang mempunyai pasangan dan selalu terlihat bersama-sama. Namun adakalanya burung ini tidak berpasangan dengan lawan jenisnya, melainkan berpasangan dengan sesama jenis.
Hal tersebut tentu saja akan mengganggu proses pengembangbiakan. Terlebih, bila anda tidak mengetahui bagaimana cara membedakan dan menentukan antara yang betina atau yang jantan.
Intinya, sebelum anda melaksanakan pengembangbiakan untuk mendapat keturunan Lovebird yang baik, terlebih lampau anda harus mempunyai sepasang jantan dan betina yang sehat serta baik kondisi mentalnya. Apabila anda menginginkan keturunan yang mempunyai bunyi bagus serta kekek yang panjang, ada baiknya anda menentukan betina yang mempunyai bunyi bagus serta kekek panjang alasannya ialah biasanya bunyi dapat diturunkan melalui DNA selain tentunya efek dari kuliner dan perawatan.

Teknik Menjodohkan Lovebird

Sepasang Lovebird
Teknik menjodohkan atau mengawinkan Lovebird dapat dilakukan dengan, menentukan pejantan yang berusia 8 bulan atau 1 tahun dan siap untuk membuahi. Kemudian anda harus juga mempunyai betina yang berusia 1 tahun atau lebih dimana usia tersebut ialah usia ideal untuk memulai bertelur.
Letakkan di dalam satu sangkar, baik mulai dari mereka masih anakan, atau anda juga dapat menyatukan mereka ketika mereka berusia sampaumur (bulan).

Metode Berkelompok
Metode ini juga biasanya dilakukan oleh beberapa breeder yang kesusahan menentukan jenis kelabuin dari burung-burung yang mereka miliki. Selain itu, metode ini juga akan megampangkan anda dalam membiarkan seleksi alam menentukan sendiri pasangan yang sempurna yang mereka inginkan.
Tekniknya cukup sederhana, anda dapat memasukkan beberapa burung di dalam satu kandang sekaligus, namun ingat, kandang tersebut haruslah luas dan besar.

Metode Poligami
Metode ini juga dapat dicoba, caranya sangat sederhana, pertama siapkan satu pejantan, kemudian anda dapat menjodohkannya dengan 3 ujung betina yang siap dibuahi. Menurut beberapa jago burung Lovebird, 1 pejantan dapat membuahi sampai 4/5 burung betina. Walau demikian, ada baiknya anda meterbaikkan sampai 3 ujung saja.

Perhatikan Makanan dan Asupan Gizi
Saat anda menginginkan keturunan yang baik dari Lovebird yang anda jodohkan, perhatikan kuliner yang anda diberikan. Makanan-makanan ibarat jagung muda, milet, biji bunga matahari ialah makanan-makanan yang dimasukankan untuk memmenolong burung semoga tetap sehat dan dapat mempunyai keturunan yang baik.

Selain memperhatikan makanannya, anda juga setidaknya harus mempersembahkan vitamin kepada burung-burung tersebut dan melaksanakan perawatan secara telaten. Berikut ialah beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menjodohkan burung ini.

1. Hindari daerah yang ramai dan bising atau tidak tenang.
2. Jangan terlalu sering mengganggu burung.
3. Ciptakan situasi dan lingkungan yang membersihkan dan nyaman.
4. Perhatikan kuliner dan vitamin yang diharapkan oleh burung.
5. Selengkapnya (baca: makanan lovebird).

Sekian sedikit ulasan terkena tips menjodohkan burung lovebird, kami harapkan artikel ini dapat berkhasiat buat sobat bersahabat sekalian.

Post a Comment for "Cara Menjodohkan Burung Lovebird Yang Baik Dan Efektif"