Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cenderawasih Raja, Si Permata Hidup Dari Timur

Keindahan alam wilayah papua memang sudah populer hingga ke luar negeri. Tidak spesialuntuk pada pemandangan alamnya saja, keindahan tanaman dan faunanya juga sangat beragam. Salah satu fauna khas dan menjadi maskot dari kawasan papua yaitu burung cenderawasih. Kita mengenal burung cenderawasih sebagai burung dengan keindahan bulunya dan ternyata, ada banyak jenis spesies dari cenderawasih sendiri. Salah satu spesies yang unik yaitu cenderawasih raja. Jenis ini mempunyai tampilan beda dari lainnya tentunya dan pada peluang ini, mari kita ulas aneka macam hal terkena spesies satu ini.

Keindahan alam wilayah papua memang sudah populer hingga ke luar negeri Cenderawasih Raja, Si Permata Hidup Dari Timur

Spesies cenderawasih raja yaitu spesies cenderawasih terkecil diantara lainnya. Biasanya kita melihat cenderawasih dengan ukuran yang cukup besar yaitu menyerupai Cendrawasih kuning besar, namun jenis ini mempunyai ukuran sebesar 16 cm dan tentunya terbayang sudah seberapa kecilnya burung tersebut. Walaupun kecil, keindahan jenis tersebut tidak perlu diragukan. Keindahannya membuat orang inggris menyebutnya sebagai living gem atau permata hidup alasannya yaitu kecil, indah, dan hidup tentunya. Spesies ini ialah spesies pemakan buah serta atropod guna bertahan hidup. Berikut yaitu ciri khas dari burung kecil nan indah di tas.(Baca juga: makanan burung cendrawasih sebagai penguat warna)

Ciri Khas Burung Cenderawasih Raja
Adapun beberapa hal tidak sama terdapat pada burung cenderawasih satu ini. Berikut ialah perbedaan milik permata hidup ini.

1. Bagian mencolok dari spesies raja yaitu kakinya. Kaki burung ini berwarna biru jelas agak petang mempersembahkan kesan indah dan mulia bagi burung ini. Tidak salah bila nama raja didiberikan padanya

2. Pada bab badan, biasanya keseluruhan bulu punggung hingga kepala akan berwarna merah renta terang. Pada bab dada hingga buntut bab bawah, warna putih yaitu warna dominanya

3. Paruh raja cenderung kecil berwarna kuning

4. Bagian dalam akup mempunyai warna hijau zamrut pada bab ujung dan bab tengah hingga awal akup berwarna abu-abu.

5. Seperti halnya burung cenderawasih lainnya, buntutnya akan dihiasi oleh dua bulu Panjang hitam dengan ujung yang melingkar dan bercorak indah.

Selain itu, ada juga perbedaan antara pejantan dan betina dari jenis cenderawasih raja di atas. Perbedaannya adalah:
1. Perbedaan bulu bab bawah betina dimana betina mempunyai warna coklat dan bergaris-garis.

2. Penampilan pejantan lebih cenderung berwarna merah renta jelas dan putih serta kakinya cenderung biru terang.

Habitat Burung Cenderawasih Raja
Habitat atau lingkungan hidup dari jenis ini cukup beragam. Hampir di seluruh tanah papua terdapat jenis ini. Karena tingkat perkembang biakan yang tinggi dan kemampuan beradaptasi yang baik, spesies raja sanggup bertahan usang dari gerusan perubahan lingkungan. Umumnya di setiap kawasan baik dataran rendah atau tinggi bisa dijumpai jenis ini. Salah satu hal menarikdanunik dari spesies cenderawasih juga dimiliki oleh spesies ini. Hal unik tersebut yaitu tarian pemikat dimana burung jantan akan melaksanakan tarian dengan memamerkan keindahan bulunya guna menarikdanunik perhatian sang betina. Jika ada betina yang tertarik, betina akan mendekati sang jantan dan lalu pejantan akan membuahinya.(Baca juga: cara mengenal cendrawasih hitam)

Sekilas pengetahuan ihwal cenderawasih raja tentunya akan menambah wawasan kita terhadap burung nusantara. Meskipun cukup banyak di papua, namun kita perlu menjaga keberadaan burung tersebut alasannya yaitu mereka tidak bisa berkembang biak di tempat lain selain papua. Maka dari itu, tugas dari masyarakat serta pihak di lingkungan habitatnya perlu ditingkatkan biar spesies raja tidak punah alasannya yaitu fauna di atas juga salah satu kekayaan Indonesia.

Post a Comment for "Cenderawasih Raja, Si Permata Hidup Dari Timur"