Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil

Teknik menetaskan telur kura kura- Selamat sore sob, ketika kalian ingin budidaya kura-kura, kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses. Siebab di sana ada berbagai langkah-langkahnya, mulai dari memilihkan induk berkarakter, menyediakannya kawasan dan mengawinkannya.

 kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses Teknik Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil

Sesudah kalian berhasil mengawinkannya, datang saatnya untuk menunggu keluarnya si telur dari perut sang betina. Lalu setelah itu kalian tinggal menuju tahap penetasan telur kura-kura.

Menetaskan telur juga ada ilmunya loh, walaupun gotong royong tidak susah tapi kalau tidak dipelajari juga akan fatal, contohnya telurnya busuk atau gagal menetas.

Nah, dari situlah hobinatang akan menyebarkan tips dan trik terbaik meneteskan telur kura-kura air tawar. Artikel ini juga sebagai suplemen dari goresan pena sebelumnya yang berjudul, cara ternak kura-kura.

Bagaimana cara menetaskan telur kura kura brazil, sulcata atau yang lainnya?

Teknik Menetaskan Telur Kura-Kura Air yang Paling Baik


Sebelum mengulas cara menetaskan telur kura-kura, perlu kalian ketahui bahwa kuiura-kura biasanya akan bertelur spesialuntuk di bulan Agustus hingga September menjelang ekspresi dominan hujan, namun selain di bulan itu juga bisa.

Berapa usang telur kura-kura akan menetas dan kapan waktunya?

Khusus untuk kura-kura brazil umumnya setelah 3 ahad sudah dapat menetas, dan untuk jenis lain biasanya 2-3 bulan. Tapi tentu saja tiruana tergantung pada sistem penetasan dan volume suhunya. Sistem apa yang paling baik?

Menurut para master, metode terbaik dalam menetaskan telur yaitu menetaskan secara buatan dibandingkan dengan secara alami. Karena biasanya tingkat kegagalan dan kematiannya lebih rendah dibandingkan yang alami. Selain itu dengan cara buatan, kita dapat mengecek kapan saja.

Agar lebih jelas, silahkan simak kedua cara penetasan telur di bawah ini, kemudian bandingkan mana yang lebih bagus:

1. Menetaskan Telur Kura-Kura Secara Alami


 kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses Teknik Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil
Gambar by facebook Nurie Anori

Yang secara lami memang lebih simpel, namun ini sangat tidak dimasukankan alasannya yaitu tingkat kelahirannya dapat rendah atau malah gagal:

  • Siapkan kawasan ternak yang baik dan sudah tersedia pasir serta airnya. Untuk suhu tempatnya dimasukankan tidak lebih dari 30,6°C dan tidak kurang dari 23,9°C. Idealnya yang manis yaitu 27,8° - 29,4°C. Hal ini supaya ketika indukan kura-kura sudah bertelur, telurnya tidak rusak. Soalnya bila suhunya semakin cuek maka akan semakin usang pula menetasnya. Tapi sebaliknya bila suhunya ideal 27-29 C maka waktu menetasnya akan normal, yakni sekitar ± 65 - 85 hari.
  • Apabila suhunya dirasa sudah cukup, maka selanjutnya membiarkan telur-telur kura-kura menetas dengan sendirinya dan selamat menunggu.

 kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses Teknik Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil

cepatdangampangkan? yang alami memang ibarat itu, tidak sama dengan yang buatan.

2. Menetaskan Telur Kura-Kura Secara Buatan


Buatan di sini maksudnya memmenolong proses penetasan telur, dan cara ini banyak digunakan oleh peternak atau penghobi kura-kura untuk tiruana jenis:

a. Siapkan media penetasan telur kura-kura

 kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses Teknik Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil
Gambar by facebook Marlia Handayani

  • Sediakan kawasan yang transparan ibarat akuarium plastik (critter cage) atau dapat juga wadah lainnya.
  • Substrate ibarat tanah, pasir, atau vermiculite, aspen bedding dan peat moss.
  • Thermometer untuk mengukur kelembaban.

b. Atur wadah supaya sesuai suhunya

 kalian harus mengerjakan tahap demi tahap dan proses demi proses Teknik Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil

  • Jika sudah terkumpul tiruana bahannya masukan substrate (pasir, tanah dll) pada critter cage hingga mencapai setengah tinggi media. Pair, tanah atau substrate lainnya harus lembab tapi tidak terlalu basah, bila kalian memakai aspen bedding atau peat moss,silahkan letakkan dulu ke dalam mangkok 15-20 menit supaya airnya meresap ke bawah.
  • Ukur suhu substrate apakah sudah sesuai atau belum (ideal 27,8° - 29,4°C) dengan memasukkan termometer yang sudah disediakan.
  • Apabila tiruana sudah siap, pindahkan telur kura-kura ke dalam wadah penetasan di atas.
  • Lalu bentuklah lubang untuk telur di alasnya (sekitar 10-20 cm) supaya si telur kura-kura tidak goyang.
  • Ingat! Jangan hingga kalian menutup tiruana telurnya, sisakan saja pucuk telurnya tanpa tertutupi pasir biar kita dapat mengecek apakah busuk atau tidak.
  • Apabila ada telur yang keriput (peyot) secepatnya telur tersebut dikeluarkan. Jika itu memang terjadi berarti  kelembaban pada incubator terlalu rendah.
  • Ciri-ciri telur kura-kura yang rusak ialah mengeriput (peyot) sekali, berwarna hitam, mengecil, dan berbau busuk.
  • Kemudian yang terakhir kalian tinggal menunggu saja.

Baik itu saja panduan lengkap cara menetaskan telur kura-kura air tawar brazil atau yang lainnya. Selamat mencoba dan tidakboleh lupa like facebooknya (komunitas penghobi hewan peliharaan). Catatan ini menurut pengalaman para master. Baca juga: cara merawat kura-kura

Post a Comment for "Cara Terbaik Menetaskan Telur Kura Kura Air Tawar Brazil"