Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Kepodang Jantan

Burung Kepodang di alam liar populer cukup agresif. Bahkan beberapa burung tersebut tidak bingung untuk melukai lawannya apabila ia merasa terganggu. Sebagai salah satu ciri khas burung petarung, Burung jenis ini bahkan tidak sungkan-sungkan untuk memakan anak burung yang masih kecil jikalau diperlukan. Itulah sebabnya mengapa banyak burung lain yang memusuhi Kepodang.

Selain belum sempurnanyanya tersebut, ternyata Burung Kepodang juga mempunyai banyak kelebihan, mulai dari bulunya yang tampak sangat elok sehingga dikatakan sebagai burung pesolek, dan banyak juga dimanfaatkan sebagai kepingan dari ritual tertentu. Tidak spesialuntuk itu, suaranya yang khas serta menggelegar juga menjadi nilai lebih dari burung ini (lihat juga: harga kepodang).

Burung Kepodang di alam liar populer cukup kasar Ciri-Ciri Burung Kepodang Jantan

Membedakan Kepodang Jantan dan Betina
Untuk sanggup membedakan antara Burung Kepodang jantan dan burung betina memang tidak gampang. Dibutuhkan keahlian serta mata yang awas untuk sanggup membedakannya lantaran burung ini memang terlihat identik. Bagi anda yang ingin menambah pengetahuan seputar tips membedakan jenis kelabuin Kepodang, diberikut beberapa diantaranya.

A. Topeng
Teknik pertama untuk membedakan burung jantan dan betina ialah dengan melihat topeng, atau mantel, atau bulu berwarna petang yang terdapat dibagian mata sampai kepala kepingan belakang. Burung jantan mempunyai mantel atau topeng yang lebih tipis dibagian belakang kepala dibandingkan dengan burung betina yang tampak lebih luas dan lebih lebar.

B. Pangkal Ekor
Untuk membedakan burung jantan dan betina selanjutnya ialah dengan memperhatikan awal ujungnya. Di atas pantat burung tersebut terdapat bulu berwarna kuning yang tampak terang apabila burung tersebut berjenis kelabuin jantan. Sedangkan pada burung betina, bulu kuning tersebut tampak petang dan tidak sejelas burung jantan.

C. Garis Kuning pada Sayap
Teknik simpel selanjutnya untuk membedakan burung jantan dan betina ialah dengan memperhatikan garis-garis kuning pada akupnya. Goresan garis kuning tersebut, pada burung jantan tampak lebih lebar dan renggang. Sedangkan pada burung betina terlihat lebih sempit

D. Ekor
Ekor burung jantan mempunyai warna kuning dibagian sisinya, kemudian terdapat warna hitam di kepingan tengahnya. Sedangkan untuk burung betina, ujungnya mempunyai warna kuning yang tidak terlalu banyak atau lebih sedikit dibagian sisinya apabila dibandingkan dengan burung jantan. melaluiataubersamaini kata lain, ujung burung betina lebih didominasi warna hitam.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Kepodang Jantan"