Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Efektif Menjinakkan Burung Lovebird

Lovebird yang jinak yaitu dambaan setiap breeder, namun akungnya tidak tiruana burung eksklusif mempunyai sifat tersebut. Biasanya seujung burung akan membutuhkan waktu untuk masa penyesuaian, masa tersebut bisa mempunyai kegunaan untuk penyesuaian burung terhadap lingkungan, pemilik, sangkar, pakan, dan situasi di sekitar burung.

Setiap burung yang gres saja dibeli niscaya membutuhkan waktu untuk akrab dengan pemiliknya, dalam rentang waktu ini Anda sebagai pemilik harus melaksanakan pendekatan terhadap burung peliharaan Anda.

Lovebird yang jinak yaitu dambaan setiap breeder Teknik Efektif Menjinakkan Burung Lovebird

Teknik Menjinakan Lovebird
Burung yang jinak yaitu burung yang simpel dilatih, burung ini bisa menangkap perintah dan bahan yang didiberikan sang pemilik. Akan tetapi setiap burung membutuhkan waktu untuk bisa akrab dan jinak ke pemiliknya, semoga burung jinak lebih cepat ada baiknya Anda melaksanakan hal-hal diberikut ini:

1. Memandikan burung 
Anda bisa memandikan burung secara rutin dan continue setiap hari, tips menjinakan lovebird dengan metode ini yaitu dengan cara menyemprotkan burung dengan semprotan air hingga Ia benar-benar basah. Lakukan cara ini minimal 1 hingga 2 kali dalam sehari, selain itu Anda bisa melaksanakan siulan untuk memancing burung semoga mau berkicau.

2. Menjemur burung 
Sesudah melaksanakan mandi, Anda haruslah menjemur burung di tengah sinar matahari. Selain untuk menjaga setamina burung, hal ini juga bisa menambah kedekatan antara sang burung dengan pemilik. Lakukan cara ini minimal 2-3 jam sehari, biasakan untuk menjemur di bawah sinar matahari pagi atau sore hari, gunanya semoga burung lebih merasa nyaman alasannya sinar yang tidak terlalu gerah.

3. Diangin-anginkan 
Anda bisa melaksanakan cara ini untuk mengajarkan penyesuaian ke burung, Anda bisa menempatkan kandang burung tersebut di teras rumah. Gunanya semoga sang burung terbiasa melihat wajah manusia, cara ini akan membuat burung lebih nyaman dan terbiasa dengan interaksi manusia.

4. Kredongan 
Berikanlah kredong kandang pada malam hari saja, gunanya semoga burung lebih hening dalam diberistirahat. Akan tetapi tidakboleh pernah gunakan kredong dikala pagi dan sore hari, alasannya jikalau Anda lakukan hal tersebut maka akan menjadikan proses penyesuaian menjadi terganggu.

5. Mengajaknya bermain
Tips ampuh menjinakan lovebird diberikutnya yaitu dengan mengajaknya bermain, dengan bermain bersama akan menambah kedekatan antara sang pemilik dan burung peliharaanya. Anda bisa melaksanakan siulan untuk memancing bunyi burung, atau Anda juga bisa menyuapkan biji jagung atau kwaci padanya. Selain untuk memancing kedekatan, hal ini juga dinilai ampuh untuk membiasakan burung dengan interaksi yang kita diberikan.

Dalam menjinakan burung jenis apapun, sebaiknya Anda perbanyak interaksi terhadap burung tersebut. Karena dengan memperbanyak interaksi maka sang burung akan merasa nyaman dengan Anda, selain itu burung akan lebih terbiasa dengan gerak-gerik kita dan interaksi kita padanya.

Post a Comment for "Cara Efektif Menjinakkan Burung Lovebird"