Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan-Pakan Bergizi Tinggi Burung Cucak Jenggot

Postingan kali ini ialah lanjutan dari postingan sebelumnya terkena makanan cucak jenggot. Pakan yang bergizi tinggi memegang peranan paling penting dalam memenuhi kebutuhan gizi cucak jenggot sehari-hari, termasuk dalam tahap perkembangbiakan (reproduksi) dan pertumbuhan. Pakan yang bergizi tinggi tersebut sanggup berupa serangga, buah-buahan, dan pakan buatan pabrik (voer) (baca: ternak cucak jenggot).

Berikut ini yaitu cara menyediakan pakan-pakan bergizi tinggu untuk burung cucak jenggot yang dibudidayakan.

Postingan kali ini ialah lanjutan dari postingan sebelumnya terkena  Pakan-Pakan Bergizi Tinggi Burung Cucak Jenggot

A. Kroto 
Bagi para penggemar cucak jenggot, kroto menjadi salah satu pilihan pakan yang kaya akan protein. Kroto juga dipercaya bisa membuat cucak jenggot berkicau dengan bunyi gacor dan merdu, di samping juga bisa membuat bulu-bulunya menjadi lebih mengkilap. Kroto yang dimaksud ini yaitu telur dari tiruant merahatau tiruant rangrang yang banyak ditemukan di pohon-pohon besar, menyerupai jambu biji.

Bagi cucak jenggot, kroto ialah masakan istimewa yang niscaya akan pribadi jabis dilapah bila disediakan di dalam wadah pakan. Menurut jenisnya, kroto yang anggun untuk didiberikan kepada cucak jenggot yaitu kroto berair dan halus. Kroto berair yaitu homogen kroto yang gres diambil dari tempatnya, yakni masukang tiruant merah atau tiruant rangrang.kroto ini mempunyai kandungan air yang tinggi, sehingga ketika dilihat tampak menyerupai berair namun tetap segar. Kroto berair mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, yakni mencapai 47,89% dan sanggup bertahan dalam waktu kurang lebih satu hingga 3 hari.

Sementara itu, kroto halus yaitu homogen kroto yang berupa tiruant rangrang pekerja kecil dan besar. Kroto ini tampak menyerupai pakan yang hidup, lantaran berjalan ke sana- ke mari untuk mengamankan kroto basah. Cucak jenggot sangat menyukai kroto jenis ini, meskipun terkadang spesialuntuk dimakan sedikit saja.

Sampai kini ini, seruan kroto di pasar untuk keperluan pakan cucak jenggot dan beberapa burung kicau lainnya sangatlah tinggi, hingga pada hasilnya mengancam populasi tiruant rangrang penghasil kroto tersebut. Maka dari itu, atas kepedulian sekelompok pelestari lingkungan, kini ini banyak bermunculan pusat akal daya tiruant merah atau rangrang ini hingga sanggup menghasilkanjumlah kroto yang lebih banyakuntuk memenuhi seruan pasar. Bagi anda yang membutuhkan kroto untuk pakan burung cucak jenggot juga sanggup memesan di sentra-sentra akal daya tiruant rangrang tersebut bila kebetulan took yang biasa menjual kroto kehabisan stok.

B. Jangkrik
Pakan suplemen yang harus didiberikan untuk cucak jenggot salah satunya yaitu jangkrik. Jangkrik ialah pakan suplemen yang mengandung protein tinggi. Bahkan, saking tingginya, jangkrik bisa meningkatkan power bunyi cucak jenggot dan juga meningkatkan birahi. Meskipun demikian, pemdiberian jangkrik harus dibatasi dalam tahap yang wajar. Jangan terlalu berlebihan, lantaran justru mengakibatkan burung cucak jenggot menjadi over birahi.

Jangkrik ialah pakan suplemen yang simpel didapatkan di pamasukan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp.2000 saja anda sudah bisa mendapat angkrik kira-kira 35 hingga 45 buntut untuk stok beberapa hari. Selain itu, jangkrik juga termasuk hewan serangga yang simpel untuk dibudidayakan. Oleh lantaran itu, stok atau persediaan di pamasukan tidak pernah kehabisan.
Berdasarkan penuturan pada pembudidaya, jangkrik juga bisa meningkatkan kekuatan dan stamina cucak jenggot. Oleh lantaran itu, pemdiberian jangkrik dalam dalam jumlah cukup banyak diharapkan menjelang hari dimana ia akan dilombakan. Jangkrik yang didiberikan kepada cucak jenggot sanggup menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram, jauh di atas pakan-pakan suplemen lainnya. Sember energi ini mempunyai kandungan senyawa kimia menyerupai asam amino yang diharapkan cucak jenggot untuk proses pembentukan sel-sel baru. Selain itu, sumber energy ini juga mengandung glutation (SSH) yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

C. Belalang
Belalang termasuk pakan suplemen bagi cucak jenggot yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti jangkrik. Belalang terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari belalang rumput, belalang pohon, belalang setan, belalang sembah, dan belalang daun. Tetapi, belalang yang paling banyak dicari untuk didiberikan kepada burung cucak jenggot yaitu belalamg rumput.

Belalang rumput yang mempunyai warna mayoritas hijau serta habitat di padang rumput ini dianggap sebagai belalang yang mempunyai kandungan gizi paling bagus. Penggunaan belalang sebagai pakan cucak jenggot bahwasanya sudah dikenal semenjak lama, bahkan ratusan tahun yang lalu. Sebelum jangkrik mulai dibudidayakan dan banyak dijual di toko-toko, belalang sudah lebih lampau dipakai sebagai pakan suplemen bagi cucak jenggot oleh para penghobinya.

Berdasarkan penuturan para penghobi cucak jenggot, belalang diyakini sanggup meningkatkan kualitas suara, di samping juga membuat bulu-bulu cucak jenggot terlihat lebih mengkilap. Namun, ketika para penghobi burung cucak jenggot itu sudah mulai malas mencari belalang di alam, mereka beralih pada jangkrik yang simpel didapatkan dan dibeli di took-toko penjual pakan burung.

D. Ulat hongkong
Ulat hongkong kerap kali dijadikan sebagai pakan suplemen alternative bagi burung cucak jenggot. Ulat jenis ini simpel didapatkan dan dibeli di took-toko  yang menjual pakan burung dengan harga sangat murah. Ulat hongkong pada awalnya spesialuntuk dipakai sebagai pakan ikan hias dan ikan konsumsi yang dibudidayakan. Namun, sehabis diketahui kandungan gizinya, ulat hongkong banyak dipakai oleh pembudidaya sebagai pakan alternative bagi cucak jenggot.

Ulat hongkong sangat disukai cucak jenggot, berapapun jumlah ulat buntut yang diletakkan di wadah pakan niscaya akan habis dilahap burung ini dalam sekejap. Oleh lantaran itu, pemdiberian ulat hongkong harus dibatasi, dan dihentikan berlebihan. Sebab, bila berlebihan, lama-kelabuaan sanggup membuat mata cucak jenggot menjadi abses dan tubuhnya lumpuh.

Ulat hongkong mempunyai kandungan lemak cukup tinggi. Karena kandungan lemak inilah ulat hongkong sanggup mengendap di dalam pencernaan cucak jenggot selama berhari-hari. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan menjadi duduk kasus bila pemdiberiannya selalu dibatasi.

E. Ulat bamboo
Ulat bamboo biasanya dijadikan sebagai pakan burung kacer dan burung murai kerikil untuk menurunkan birahinya. Sebagai pembudidaya ikan konsumsi juga kerap mengakibatkan ulat jenis ini sebagai pakan bagi ikan-ikan konsumsi mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, pembudidaya cucak jenggot juga banyak memakai ulat bambu untuk menstabilkan cucak jenggot yang mengalami kondisi over birahi.

Burung cucak jenggot yang sedang mengalamo kondisi over birahi memang sangat menjengkelkan. Tidak peduli apakah kondisi itu terjadi pada dikala menjelang dijodohkan atau sehabis perkawinan, yang terperinci kondisi over birahi membuat cucak jenggot sering turun di dasar kandang, kemudian mengejar-ngejar pasangannya, bahkan hingga melukainya lantaran terlalu agresif.

F. Pisang kapok
Pisang kapok mungkin menjadi pakan yang tergolong simpel diperoleh. Pisang jenis ini terbagi menjadi dua jenis, yakni pisang kapok kuning dan pisang kapok putih. Sekilas, tidak adanya perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya. Tetapi, bila diperhatikan secara baik-baik, bila masak, kulit pisang kapok kuning tampak akan kuning, sementara pisang kapok putih terlihat putih.

Kedua jenis pisang kapok tersebut sangat baik didiberikan sebagai pakan selingan bagi burung cucak jenggot. Sebab, selain bermanfaa memperlancar system pencernaan, pisang kapok juga bermanfaa mengurangi resiko timbulnya penyakit dalam badan cucak jenggot. Cucak jenggot yang didiberikan pisang kapok secara rutin akan terlihat lebih bergairah dan bahagia berkicau. Menurut penuturan para pembudidaya, pisang kapok ialah sajian masakan kesukaan yang sangat disukai cucak jenggot.

G. Apel 
Apel sangat baik didiberikan kepada burung cucak jenggot, lantaran mengandung banyak serat. Serat ini berfungsi sebagai antidepresan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan cucak jenggot. Lebih dari itu, buah yang rasanya manismasam ini juga mempunyai manfaat penting lainnya, menyerupai zat besi yang terkandung di dalamnya sanggup mempercepat penyembuhan cucak jenggot ketika sedang sakit, mengurangi lemak dan kolesterol yang ada di dalam badan cucak jenggot, dan menjaga tubuhnya dari kegemukan.

Beberapa manfaat penting tersebutdapat dihasilkan dari pemdiberian apel yang rutin pada cucak jenggot, contohnya satu kali dalam seminggu atau tiga kali dalam dua minggu. Pemdiberian apel yang rutin pada cucak jenggot ini boleh dibarengi dengan pemdiberian buah-buahan lain. Bahkan, hal tersebut justru sangat bagus, lantaran dalam waktu satu hari cucak jenggot bisa mendapat asupan gizi bervariasi dari beberapa pakan buah yang tidak sama.

H. Pakan voer
Jenis pakan harian yang paling cocok untuk didiberikan kepada cucak jenggot yaitu voer. Voer mengandung vitamin, mineral, protein, serta beberapa vitamin lengkap yang sangat diharapkan cucak jenggot.

Pada dasarnya, tiruana jenis voer baik, lantaran dalam proses pembuatannya sudah melalui serangkaian penelitian yang bertujuan memenuhi kebutuhan gizi cucak jenggot. Selama dalam keadaan baik, dan belum kadaluwarsa, voer tersebut boleh didiberikan kepada cucak jenggot, baik voer jenis halus maupun kasar.

Untuk mengetahui jenis voer yang cocok untuk cucak jenggot, anda bisa memperhatikan bentuk kotoran cucak jenggot sehabis memakannya. Jika kotoran terlihat padat dan kering, bisa dipastikan jenis voer yang didiberikan tersebut cocok. Sebaliknya, bila kotorannya basah, encer, berair, atau lembek, bisa dikatakan bahwa jenis voer yang didiberikan tersebut tidak cocok.

Voer, terlepas dari jenisnya, bahwasanya mempunyai kandungan lemak yang tidak sama. Ada voer yang mempunyai kandungan lemak cukup tinggi, ada juga yang mempunyai kandungan lemak rendah. untuk cucak jenggot yang dibudidayakan, sebaiknya anda lebih menentukan voer yang mempunyai kandungan lemak rendah. Sebab, voer tersebut bisa menjaga badan cucak jenggot dari kegemukan.

Berikut ini beberapa laba pengguna voer sebagai pakan harian cucak jenggot, antara lain:

1. Voer simpel diperoleh di toko-toko yang khusus menjual pakan burung dan harganya cukup terjangkau.
2. Voer sanggup bertahan usang dan sanggup disimpan dalam jangka waktu tidak mengecewakan lama.
3. Voer tidak membuat cucak jenggot yang memakannya menjadi ketagihan.

Demikian sudah kami jelaskan panjang lebar terkena pakan cucak jenggot yang tentunya bergizi dan anggun untuk kesehatan cucak jenggot. (Om Shodiq Gacor)

Post a Comment for "Pakan-Pakan Bergizi Tinggi Burung Cucak Jenggot"