Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ekor Murai Kerikil Tidak Panjang

Burung Murai Batu (MB) pada umumnya mempunyai ujung yang panjang, walaupun ada beberapa jenis yang mempunyai ujung pendek. Hanya saja, Murai yang mempunyai ujung yang panjang lebih dimati oleh pecinta Murai. alasannya berdasarkan mereka Murai yang berujung panjang lebih cantik.

Bukan spesialuntuk itu, ujung yang panjang juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk Murai tersebut. di samping itu, kalau seujung Murai Batu mempunyai kwalitas bunyi yang baik dan mempunyai ujung yang cantik, maka Ia akan dihargai mahal. Lalu, bagaimana kalau Murai yang harusnya mempunyai ujung yang panjang justru spesialuntuk berujung pendek? Itu yang menjadi masalah.

 pada umumnya mempunyai ujung yang panjang Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang

Berbicara terkena kelainan ujung Murai Batu. umumnya seujung Murai Batu akan mempunyai ujung yang panjang setelah Ia mengalami 4 kali proses mabung, dengan kata lain ujungnya akan bertambah panjang pasca proses mabung selesai. Lalu, tolong-menolong apa penyebab ujung Murai Batu tidak panjang setelah mabung? Untuk mengetahuinya, mari kita simak bahan diberikut.

Beberapa Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang
Sesudah mabung umumnya baik bulu maupun ujung akan bertambah panjang, hal itu memang masuk akal dan umum terjadi. Akan tetapi, ada beberapa kasus yang menerangkan bahwa setelah mabung burung tidak kembali mempunyai ujung yang panjang. Benarkah itu?

Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut? diberikut yaitu beberapa hal yang menyebabkan ujung Murai Batu tidak mempunyai ujung panjang setelah mabung:

1. Pakan yang tidak tepat
Saat Murai mengalami mabung, Ia harus mendapat asupan nutrisi yang baik. Pasalnya, baik sebelum maupun setelah mabung, seujung Murai haruslah mendapat asupan nutrisi menyerupai protein dan vitamin yang cukup. Sedangkan fungsi dari zat tersebut yaitu untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki bulu Murai semoga tetap sehat. Maka dapat dipastikan, kalau Murai Batu tidak mempunyai ujung yang panjang pasca mabung, maka besar kemungkinan Ia tidak mendapat asupan nutrisi yang baik.

2. Suhu udara gerah
Penyebab Murai Batu mempunyai ujung yang pendek diberikutnya yaitu suhu yang gerah. Pasalnya, kalau terlalu gerah suhu cuacanya, maka zat lilin pada bulu ujung Murai akan hilang dan menyebabkan bulu tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Dicabuti secara paksa
Bulu Murai juga akan pendek dan tidak dapat berkembang dengan baik, apabila Anda cabuti bulu-bulu tersebut secara paksa.

4. Kondisi stres
Stres juga menjadi penyebab utama Murai tidak mempunyai bulu ujung yang panjang. Umumnya hal ini terjadi ketika Murai sedang mabung Ia mengalami kondisi yang stres dan terganggu, jadi ketika proses penumbuhan bulu itu berlangsung, bulu tersebut tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

5. Diadu sebelum Murai final mabung
Umumnya Murai yang mempunyai abjad fighter, Ia akan membalas kicauan burung lain dan memainkan ujungnya, walaupun dalam keadaan mabung. Jika begini, maka hal yang sangat mungkin terjadi yaitu pertumbuhan bulu ujung Murai akan terganggu, bahkan tidak jarang ujung Murai tidak dapat memanjang lagi.

Penyebab-penyebab Murai Batu tidak panjang di atas, dapat Anda jadikan sebagai rujukan dalam mencegah dan mengatasi burung MB yang mempunyai panjang ujung yang tidak wajar. Tapi yang jelas, untuk mencegah hal ini yaitu dengan melaksanakan perawatan khusus ketika Murai tersebut menjalani proses mabung.

Post a Comment for "Penyebab Ekor Murai Kerikil Tidak Panjang"