Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Murai Watu Ngelowo / Ngebatman Dan Cara Mengatasinya

Saat Murai Batu dalam kondisi ngelowo dapat dipastikan Ia tidak akan mau bunyi, atau pun ngeplong. Pasalnya, dalam kondisi ini seujung Murai spesialuntuk akan berbagi akupnya sembari berkicau dengan bunyi yang kecil. Jika hal ini terjadi di rumah Anda mungkin bukanlah masalah, tapi jikalau hal ini terjadi di kontes, maka hal ini akan menjadi masalah.

Dalam kondisi ini MB tidak akan membuktikan performa yang terbaik. Tidak spesialuntuk itu, Ia pun akan sering turun dari tangkenteng ketika kondisi Murai sedang ngelowo. Lalu, apa penyebab MB ngelowo dan bagaimana cara mengatasinya?

Saat Murai Batu dalam kondisi ngelowo dapat dipastikan Ia tidak akan mau bunyi Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman dan Teknik Mengatasinya

Mengenal Murai Batu Ngelowo dan Teknik Mengatasinya
Ngelowo atau ngebatman ialah kondisi dimana Murai tidak dapat berkicau dengan performa yang baik. Mereka akan cenderung berbagi akupnya dan berkicau dengan bunyi yang kecil.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan Murai mengalami ngelowo, adapun penyebab atau faktor tersebut ialah sebagai diberikut:

1. Burung sedang OB atau over birahi.
2. Burung sedang mengalami dorong ujung, atau lebih tepatnya Burung tersebut masih dalam tahap mabung.
3. Penyebab Murai Batu ngelowo selanjutnya ialah apabila Ia sedang mabung Murai sudah diajak ke kontes.
4. Murai Batu muda yang kalah mental setelah bertarung.
5. Proses penjemuran yang berlebihan.
6. Murai Batu yang memang mempunyai mental jelek.

Penyebab di atas sangatlah umum terjadi, sedangkan untuk mengatasi problem ini ialah sebagai diberikut:
1. Kurangilah pemdiberian jangkrik pada MB, alasannya ialah jangkrik akan menambah birahi burung dan menciptakannya menjadi sering ngelowo.
2. Anda dapat mempersembahkan cacing tanah pada burung yang sering ngelowo. Hal ini sangat baik, alasannya ialah dengan cacing ini birahi Murai akan turun dan mengakibatkan burung tersebut tidak ngelowo lagi.
3. Menempatkan Murai tersebut ke sangkar umbaran, dan jauhkan jarak tiap tangkentengnya. Hal ini dimaksudkan biar Murai lebih sering bergerak dan membuat Murai tidak ngelowo lagi.
4. Penjemuran hiperbola ialah penyebab Murai Batu ngelowo dan cara mengatasinya ialah dengan mengurangi durasi penjemuran, dari yang 2 jam menjaadi 1 jam saja tidap harinya.
5. Cobalah untuk melaksanakan pemandian pada malam hari. Hal ini akan mengurangi tingginya birahi Murai, serta menghindarai Murai dari sifat ngelowo.
6. Jika hal ini masih berlanjut, Anda dapat mengatasinya dengan menjodohkan Murai ini dengan lawan jenisnya. Ya Anda dapat menempelkan Murai ini dengan jodohnya selama 1 sampai 1,5 bulan, gunanya untuk menjaga kondisi birahi Murai tersebut biar tetap setabil.
7.Beri multivitamin OrBird.

Ada beberapa yang perlu Anda ingat, yaitu tidakboleh pernah melombakan Murai yang mabung, masih muda, mempunyai mental yang jelek, dan Murai yang masih dalam proses dorong ujung. alasannya ialah hal ini akan menjadi penyebab Murai Batu mempunyai sifat ngelowo atau ngebatman ketika lomba tersebut digelar.

Post a Comment for "Penyebab Murai Watu Ngelowo / Ngebatman Dan Cara Mengatasinya"