Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Penyebab Janjkematian Doc Ayam Kampung ? Ini Cara Mengatasinya

Faktor penyebab maut doc ayam kampung Apa Penyebab Kematian DOC Ayam Kampung ? Ini Teknik Mengatasinya

Lintas Ternak Apa seh penyebab maut DOC ayam kampung ? DOC (Day Old Chick) yaitu sebutan dalam dunia ternak unggas khususnya ayam yang gres berumur 1 hari.Biasanya maut DOC banyak terjadi pada umur satu hari hingga sebulan.Namun banyak peternak galau dan tidak mengetahui penyebab maut DOC tersebut.

Sebenarnya tingkat maut terbaik yaitu 0%,namun itu sangatlah mustahil.Pasti ada beberapa DOC yang akan mati.Akan tetapi dengan managemen yang baik (pakan dan lingkungan) tidak menutup kemungkinan maut DOC sanggup diminimalisir.Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa penyebab maut DOC ayam kampung dan cara mengatasinya.

1.Bisa Kaprikornus Karena Infeksi

Kandang yang kurang baik dan sangat kotor sanggup menjadikan tumbuhnya mikroorganisme ,yang sanggup menjadikan penyakit tertentu.Apabila anak ayam terinfeksi sanggup menjadikan kekebalan badan menjadi menurun drastis.Akibatnya ayam akan menawarkan tanda-tanda penyakit menyerupai lesu,nafsu makan menurun,demam dll.Anak ayam yang sudah terinfeksi biasanya lebih suka berdiam diri di bawah alat pemanas untuk menghangatkan tubuhnya.Jika ayam tersebut terlalu usang berada dibawah alat pemanas sanggup menjadikan kehilangan cairan tubuh dan tak jarang berujung pada kematian.

Teknik menanganinya :

a.)    Usahakan sinar matahri sanggup masuk ke area sangkar dengan baik
b.)    Peliharalah DOC yang seragam baik umur maupun strainnya
c.)    Mengisolasi unggas yang sudah terserang penyakit supaya tidk menular
d.)    Menjaga sanitasi lingkungan kandang

2.Kesalahan Pada Saat Transportasi

Pada dikala anda melaksanakan pengiriman DOC sendiri maupun mengangkut DOC dengan tidak hati-hati sanggup menjadikan kematian.Misalnya kondisi jalan yang tidak mulus sehingga terjadi goncangan yang sangat keras,kepadatan daerah pengangkutan tidak terlalu diperhatikan dan mengangkut DOC pada dikala terik matahri menyengat tanpa mempersembahkan perlindungan.(Ada beberapa jasa paket khusus binatang yang sanggup menangani DOC dengan baik).

Teknik mengatasinya :

a.)    Berikan sayuran menyerupai kecambah dll pada dikala pengiriman
b.)    Pilihlah jasa pengiriman barang yang kondusif dan nyaman bagi ternak
c.)    Pilihlah produsen DOC yang terpercaya
d.)    Memperhatikan kepadatan DOC didalam box

3.Kesalahan Pengaturan Alat Pemanas

Keberadaan alat pemanas mutlak diharapkan ,karena berfungsi untuk memmenolong oc ayam kampung untuk menghangatkan tubuhnya.Pengaturan antara jarak pemanas dengan litter juga harus anda perhatikan.Perhatikanlah penyebaran anak ayam dibawah alat pemanas,apabila sudah menyebar merata berarti suhu sudah ideal.Tapi jikalau anakn ayam menjauhi alat pemanas atau menggerombol dibawah alat pemanas maka suhu alat pemanas masih belum ideal.

Teknik Mengatasinya :

a.)    Siapkan alat pemanas cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan menyerupai mati lampu dll.
b.)    Selalu mengontrol suhu gerah secara teratur
c.)    Memilih alat pemanas yang kondusif dan simpel dalam pengoperasiannya
d.)    Perhatikan jarak alat pemanas dengan litter

4.Kondisi DOC Terdehidrasi

Kondisi ini sanggup terjadi ketika dalam pengangkutan dan didalam mesin penetas.Jarak pengangkutan DOC yang terlalu jauh sanggup menjadikan doc terdehidrasi .Selain itu tata laksana penetasan yang kurang baik menyerupai tingkat kelembaban yang rendah dan suhu mesin tetas yang terlalu tinggi juga sanggup menjadikan dehidrasi.

Teknik mengatasinya :

a.)    Perhatikan tata laksana penetasan
b.)    Mengirim DOC yang baru  berumur satu hari (baru menetas)
c.)    Penanganan yang sempurna ketika DOC hadir
d.)    Memilih dan memperhatikan telur tetas
e.)    Tidak tergiur dengan harga doc yang murah
f.)    Memperhatikan kepadatan pada waktu pengiriman
g.)    Dll

5.Kesalahan Saat Vaksinasi

Ingat kesalahan dalam pemilihan dan pelaksanaan vaksin sanggup mempersembahkan efek negatif buat doc.Waktu yang sempurna pemdiberian vaksin aktif umur 3-4 hari.Kebiasaan yang mempersembahkan vaksin kepada doc yang gres turun dari box,jelas akan merugikan doc yang gres berumur 1 hari yang masih mempunyai anti bodi maternal bawaan dari induk.Jika memungkinkan belilah vaksin ditoko yang sudah terotorisasi .Karena kebanyakan kulkas atau pendingin yang tidak standard sanggup meneybabkan vaksin simpel rusak.

Teknik Mengatasinya :

a.)    Ayam yang kondisi sehat yang boleh divaksin
b.)    Pemilihan waktu yang sempurna untuk melaksanakan vaksin
c.)    Memilih jenis vaksin yang tepat
d.)    Konsultasikan doter binatang untuk mendapat hasil yang terbaik

Demikianlah beberapa penyebab ktian pada DOC ayam kampung lengkap dengan cara mengatasinya.Semoga dengan adanya artikel diatas sanggup menambah wawasan anda wacana penangana doc ayam kampung.Belajar dari pengalaman tetap menjadi hal yang terbaik buat anda.Semoga bermanfaa

Post a Comment for "Apa Penyebab Janjkematian Doc Ayam Kampung ? Ini Cara Mengatasinya"