Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Anak Angsa Usia Seminggu

Semakin hari anak belibis akan tumbuh berkembang lebih besar, namun dalam usia 7-15 hari (dua minggu) bulu-bulunya belum tumbuh, tetapi ketahanan tubuhnya meningkat dari sebelumnya.

Pemeliharaan anak belibis umur seminggu tidaklah jauh berbeda dengan pemeliharaan dengan umur sebelumnya. Pada umur-umur ini pelataran umbaran perlu diperluas dengan cara mengatur pagar pembatas yang terbuat dari anyaman bambu tipis. 

Jika memakai kotak induk, tentu kita akan mengurangi jumlahnya supaya tidak berdesak-desakan. Sedangkan yang lain. ditempatkan pada kotak induk tersendiri. Kita harus rajin mengawasi dan menilik semua anak bebek. Umpamanya, jikalau dijumpai anak belibis yang pertumbuhannya tidak normal, lamban, dan lebih kecil dalam kelompoknya, maka perlu dipisahkan. Terhadap anak belibis yang demikian, perlu dipacu nafsu makannya dengan cara menawarkan vitamin, contohnya Vita Vhicks atau yang sejenis.

Pertumbuhan anak belibis terhambat mungkin pula disebabkan lantaran gangguan penyakit. Amati secara seksama. Mungkin terkena diare bercampur darah. Hal ini dapat diperiksa di sekitar duburnya. Jika memang demikian maka anak belibis terkena cacing. Perlu diberi obat anti cacing. contohnya Cacing Exitor, Doctril, Doxytrin dan lain-lain. Pemberiannya dicampur air minum dengan takaran sesuai anjuran.

Apabila anak belibis menampakkan tanda-tanda mencret, susah bernapas, kadang kala pincang lantaran sendi bengkak, dan berak hijau, berarti terkena penyakit koksidosis. Harus diberi pengobatan sejenis Antikoksi, Cocy, Decoxy. Maladex atau yang sejenis sesuai takaran yang dianjurkan. Namun jikalau tidak ada tanda-tanda penyakit maka sumbangan ransum yang bergizi dan vitamin sudah cukup untuk memacu pertumbuhannya. Jangan lupa. jikalau udara cuek atau pada malam hari kotak induk tetap diberi lampu penghangat.

Post a Comment for "Cara Memelihara Anak Angsa Usia Seminggu"