Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Ikan Nilem

Perairan Untuk Ikan Nilem
Air bak dalam keadaan alkalis atau netral lebih baik daripada air yang bersifat asam. pH 4 mematikan ikan, pH 6,5 - 9 ialah keadaan yang paling baik untuk perikanan. Air yang baik, yaitu air yang cukup mengandung oksigen (O2).Untuk mengukur pH memakai pH meter atau kertas pH.
Nilem (Osteochiius hasselti (C.V.) yang juga sejenis ikan sungai, tapi kecil ukurannya. Di kolam, Nilem paling besar hanya sanggup mencapai 20 cm. Di alam orisinil Nilem berpijah terutama pada final animo hujan. Tapi di kolam-kolam sanggup kita kawinkan setiap ketika sepanjang tahun asal kita ciptakan pedoman yang ekstra deras di bak perkawinannya.

Induk-induk Nilem yang sudah dipingit kira- kira 2 hari lamanya di bak penyimpanan induk, dikawinkan dalam bak perkawinan yang nantinya akan bertugas sebagai bak peneluran pula. Kolam sesempit 1 bata (14 meter persegi) hanya dimasuki induk-induk 5 pasang dengan perbandingan 1:1. Berhasilnya perkawinan ini sebagian besar tergantung dari adanya tempat-tempat bercumbuan yang terperinci mengatakan perbedaan pedoman air.

Telur-telur yang dikeluarkan, dibiarkan hanyut ke bak penetasan telur yang dibangun di bawah bak perkawinan tadi, dan ditetaskan di situ, untuk dipungut sesudah berumur 5 hari.

Benih-benih Nilem yang masih kecil mula-mula memakan plankton tapi lalu lebih suka mengais ganggang-ganggang penempel yang tumbuh di permukaan daun-daun flora air (epiphyton dan periphyton). Karena itu, bak untuk memelihara nilem, harus kita tanami stek-stek ganggang rantai (Hydrilla, Nayas) atau ganggang-ganggang ekor kucing (Utricularia) sebagai tempat tumbuh ganggang- ganggang penempel tadi.

Nilem hanya cocok untuk dipelihara di daerah- tempat sejuk, yang tingginya dari 150 m hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Tapi yang paling anggun di daerah-daerah yang mempunyai ketinggian 800 m, dengan suhu air optimum antara 18° dan 28 °C. Nilem tidak cocok untuk dipelihara di dataran rendah. Oleh alasannya ialah itu semoga budidaya ikan nilem baik maka kita harus membudidayakannya di bak yang berlokasi di dataran tinggi.

Post a Comment for "Inilah Cara Ikan Nilem"