Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Lovebird Yang Sakit Mata Atau Snot

Sakit mata pada lovebird memang sering terjadi, tanda-tanda awal penyakit ini dapat Anda lihat pada penggalan mata burung yang basah dan pada tepi matanya berwarna sedikit kekuning-kuningan. Akan tetapi bila penyakit ini sudah parah maka mata akan bengkak, timbul benjoal, berair, dan pandangan yang kabur, bila tetap dibiarkan dapat berakibat jelek pada burung Anda.

Kenapa? Karena burung ini akan kesusahan untuk makan sebab tidak dapat melihat makanannya dengan jelas, selain itu perilakunya juga akan berubah dan cenderung guah dengan sering mematuk benda-benda di sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda lakukan perawatan khusus pada burung yang sakit mata.

Sakit mata pada lovebird memang sering terjadi Teknik Mengatasi Lovebird yang Sakit Mata atau Snot

Teknik Mengobati Sakit Mata / Snot Pada Lovebird
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata pada burung Anda, namun bila Anda menemui burung yang sedang mengalami sakit mata sebaiknya segera jauhkan Ia dari kawanannya.

Jika Anda tidak segera menjauhkannya maka khawatir penyakit ini akan menular ke burung yang lain. untuk mengobati sakit mata pada lovebird lakukanlah cara-cara diberikut ini:

1. Perawatan harian 
Untuk burung yang sedang sakit mata sebaiknya Anda hentikan aktivitas penjemuran baik pagi atau pun sore hari, sebisa mungkin gunakan selalu kredong supaya burung tersebut terhindar dari sinar UV yang dipancarkan matahari.

2. Pemdiberian pakan 
Untuk pemdiberian pakan Anda dapat melakukannya namun dengan porsi yang lebih sedikit, burung ini akan sedikit belum sempurnanya nafsu makannya jadi diberilah Ia setengah dari porsi biasanya. Untuk menjaga kondisinya Anda dapat mencampurkan multivitamin pada minuman burung ini, selain itu Anda juga dapat tetap mempersembahkan pakan seperi biasanya baik pakan rutin maupun extra food. Anda dapat mempersembahkan jagung muda untuk menambah setamina burung, tapi sebisa mungkin hindari kangkung sebab tidak baik untuk burung yang sedang sakit mata.

3. Pemandian burung 
Untuk burung yang sedang sakit sebaiknya tidak dimandikan terlebih lampau, Anda spesialuntuk perlu memmembersihkankan feces (tahi burung) yang berantakan di kandang. Selain itu hindari juga kontak dengan sinar matahari langsung. Kenapa? sebab sinar matahari akan berdampak jelek pada kondisi penyakit yang Ia derita, sinar matahari yang mengandung UV akan membuat penyakit ini lebih parah dan susah untuk disembuhan.

4. Proses pengobatan 
Untuk pengobatan sakit mata pada lovebird sebaiknya Anda lakukan secepat mungkin sebelum penyakit yang diderita semakin parah dan susah untuk disembuhkan, Anda dapat melaksanakan pengobatan ini sendiri dengan cara diberikut:

a. Rendamlah kain pada air hangat
b. Kemudian Anda membersihkankan mata burung ini dengan kain tersebut, untuk temperatur kain sebaiknya tidak terlalu gerah atau pun dingin.
c. Sesudah itu diberikanlah obat tetes mata atau OrBird juga manis untuk mata yang sakit maupun yang tidak, tujuannya supaya mata yang normal dan sehat ini tidak tertular. Untuk frekuensi perawatannya Anda cukup lakukan setiap 1 kali hari, Anda dapat melakukannya pada pagi atau pun sore hari.

Anda dapat melaksanakan perawatan di atas untuk lovebird yang sedang sakit mata enteng, namun bila sakit mata yang Ia alami yaitu sakit mata yang parah sebaiknya Anda hadiri dokter binatang untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Perlu Anda ketahui, bila Anda terlambat melaksanakan penanganan terhadap penyakit ini maka dapat jadi burung Anda akan mengalami penyakit yang lebih parah dan dapat berakibat fatal untuk kesehatan matanya.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Lovebird Yang Sakit Mata Atau Snot"