Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Burung Lovebird Yang Lumpuh

Lovebird yaitu binatang biasa yang juga bisa mengalami sakit, banyak penyakit yang bisa dialami burung dan salah satunya yaitu stroke atau keadaan kaki burung yang lumpuh. Ciri utama penyakit ini yaitu kakunya kaki dan cakar burung, dengan keadaan tersebut Ia akan membisu di tenggerannya lantaran tidak bisa untuk pindah ke tenggeran lain atau pun terbang.

Masalah stroke memang kerap kali menyerang burung ini, namun kebanyakan breeder bisa mengatasinya dengan metode perawatan yang baik dan benar.

Lovebird yaitu binatang biasa yang juga bisa mengalami sakit Teknik Mengobati Burung Lovebird yang Lumpuh

Mengatasi Lovebird yang Terkena Stroke 
Stroke atau kelumpuhan kaki pada lovebird memang sering terjadi, hal ini bisa disebabkan lantaran beberapa hal. Penyebab itu mulai dari masukang yang tidak ideal hingga dengan salah perawatan.

Untuk mengatasi itu tiruana Anda bisa melaksanakan penanganan dan perawatan sederhana menyerupai dibawah ini:

1. Untuk burung yang sedang stroke enteng maka proses penyembuhannya bisa mencapai 2 minggu.
2. Untuk burung yang sedang stroke ada baiknya kita pisahkan dan tempatkan burung ini pada sebuah sangkar khusus.
3. Anda bisa membuat sangkar tersebut dengan luas 40cm x 40 cm, untuk serpihan atasnya Anda bisa memasang kawat sebagai pintu masuk. Sedangkan untuk kandangnya sediri terbuat dari papan triplek, dan gunakan juga papan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
4. Gunakanlah lampu pijar yang mempunyai daya sekitar 5 Watt sebagai penghangat, lampu dan sangkar ini berfungi sebagai inkubator khusus untuk burung yang sedang mengalami stroke.
5. Untuk cara mengatasi lovebird yang lumpuh diberikutnya Anda bisa gunakan balsem, Anda bisa mengoleskan benda ini ke kaki burung yang sedang stroke minimal 2 kali dalam sehari. Balsem berkhasiat untuk membuat otot-otot pada kaki burung tersebut lebih kendur dan rileks.
6. Untuk perawatan hari pertama sebaiknya Anda diberikan pakan berupa jangung muda, namun jagung muda tersebut haruslah didiberi air. Kondisi burung yang menyerupai ini akan menyulitkan Ia untuk melaksanakan proses pencernaan makanan, jadi sebisa mungkin Anda haruslah mempersembahkan pakan yang sekiranya praktis untuk dikonsumsi.
7. Pada hari keempat dan seterusnya Anda bisa gunakan wadah cepuk untuk minum, wadah ini berkhasiat untu melatif burung biar bisa minum sendiri.
8. Mulai hari keempat sebaiknya Anda kurangi penerangan inkubator, kurangilah cahaya lampu pijar terutama pada siang hari.
9. Untuk mempercepat proses penyembuhan Anda bisa gunakan pelengkap burung menyerupai propolis, pelengkap ini akan memmenolong burung dalam melawan penyakit yang Ia derita.
10. Demi proses penyembuhan burung sebaiknya Anda hindari tiruana proses perawatan menyerupai pemandian dan penjemuran.

Pemulihan:
Untuk melaksanakan proses pemulihan biar terbaik sebaiknya Anda gunakan multivitamin untuk burung menyerupai OrBird, Anda bisa memakai multivitamin ini sebanyak 3 tetes sehari. Multivitamin ini mengandung khasiat prospolis yang baik untuk kesehatan burung.

Post a Comment for "Cara Mengobati Burung Lovebird Yang Lumpuh"