Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Mengatasi Kacer Membisu Ketika Lomba

Terkadang walaupun sudah dilatih sedemikian rupa, seujung burung Kacer masih saja diam dilapangan. Umumnya mereka melongo alasannya yaitu demam panggung, stres, atau alasannya yaitu faktor lainnya. Nah jikalau hal ini terjadi, tentu akan sangat merugikan pemilik burung itu sendiri.

Betapa tidak, pemilik burung sudah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melatih dan merawatnya, namun ketika lomba Kacer kesanyangannya malah melongo diam dan tidak bersuara.

Terkadang walaupun sudah dilatih sedemikian rupa Solusi Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Sebenarnya penyebab utama dilema ini yaitu alasannya yaitu kurangnya persiapan, terutama persiapan pada hari-hari terakhir sebelum lomba. Pemilik Kacer biasanya menyepelekan hal ini dan tidak melaksanakan persiapan selesai lomba. Maka dari itu, untuk mencegah Kacer diam ketika lomba, seorang pemilik haruslah melaksanakan petes dan perawatan khusus sebelum lomba.

Adapun perawatan dan petes tersebut yaitu sebagai diberikut:

1. Mandikan Kacer sebelum dibawa ke arena lomba.
2. Sesudah mandi diberikan burung ini 3 ujung UH dan 2 ujung jangkrik.
3. Jika sudah, kemudian kerodong kandang Kacer.
4. Sebelum Kacer digantang ke arena, bukalah kerodong sebanyak setengah sangkar.
5. Ambil tiruana cepuk, daerah minum, atau pun perlatan lainnya dalam sangkar.
6. Sesudah itu membersihkankan kandang dari kotoran dan sisa masakan yang berserakan.
7. Sebelum lomba dilangsungkan, diberikan burung ini 2 ujung UH dan 2 ujung jangkrik.
8. Sesudah itu tutup kandang Kacer dengan kerodong hingga lomba dilangsungkan.

Teknik mengatasi Kacer yang melongo ketika lomba diatas dapat Anda gunakan sebelum kontes burung dilangsungkan. Akan tetapi, selain cara-cara diatas, Anda dapat melaksanakan cara lain yaitu:

1. Memdiberikan waktu pada Kacer untuk pembiasaan lingkungan kontes
Teknik ini sangat baik untuk melatih mental dan mood Kacer sebelum kontes dilangsungkan. Anda dapat membuka kerodong Kacer pada lingkungan lomba selama 15 menit, setelah itu Anda tutup kembali kandang Kacer dengan kerodong. Tapi ingat, untuk menghindari timbulnya stres pada Kacer, sebaiknya lakukan cara ini pada tempat-tempat yang sedikit sepi dan tidak mencakupk.

2. Melatih Kacer dengan Kacer yang lain
Teknik ini sangatlah baik dilakukan sebelum lomba dilangsungkan. Anda dapat mengetrek Kacer Anda dengan 3-4 Kacer lainnya yang mempunyai skill yang baik. Tapi ingat, pastikan Anda mengtrek Kacer Anda dengan Kacer yang sudah gacor dan rajin bunyi.

Nah itu tadi yaitu solusi mengatasi Kacer diam ketika lomba. Selain memakai cara-cara diatas, dalam mengatasi permasalahan ini, Anda juga harus mempersembahkan asupan EF yang cukup. Selain itu, sebelum lomba dilangsungkan, Anda juga harus menjaga mood, birahi, dan kesiapan dari burung pahlawan Anda tersebut.

Post a Comment for "Solusi Mengatasi Kacer Membisu Ketika Lomba"