Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Gampang Membudidayakan Burung Murai Kerikil Bagi Pemula

Lintas TernakBagaimana Teknik Menangkarkan Burung Murai Batu ? Burung Murai Batu yaitu salah satu habitat burung yang aslinya dari wilayah Asia mencakup Indonesia,Malaysia dan Thailand mempunyai ciri berwarna hitam pada bab bulu atas serta pada bab bawah berwarna orange.Burung ini banyak digemari oleh para penghobi burung namun tidak tiruana orang sanggup mempunyai burung ini alasannya yaitu harganya cukup mahal.Jenis burung murai watu yang banyak dicari yang berasal dari hutan Sumatera (Murai Medan,Lampung hingga Murai Aceh).Namun jenis murai watu dari Kalimantan kurang begitu diminati dan harganya juga dibawah jauh dari murai Sumatera.

Burung murai watu termasuk burung langka,makanya banyak orang berbondong-bondong untuk menangkarkannya.Beternak murai watu menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan.Permintaan pasar yang terus meroket dan penangkar yang sanggup dibilang masih sedikit yang berhasil.Untuk menangkarkan burung ini sanggup dibilang susah-susah gampang,dibutuhkan niat,keuletan,bakat,telaten dan pengalaman.Banyak faktor yang harus anda perhatikan dalam menangkarkan burung ini yaitu kemembersihkanan kandang,lingkungan,pemdiberian pakan dan cara anda memperlakukan burung setiap harinya.Untuk itu Lintas Ternak akan mempersembahkan Langkah-langkah simpel dalam membudidayakan burung murai watu dirumah.

Bagaimana Teknik Menangkarkan Burung Murai Batu  8 Teknik cepatdangampang Membudidayakan Burung Murai Batu Bagi Pemula

9 LANGKAH MUDAH DALAM BETERNAK BURUNG MURAI BATU 


1.Niat

Pertama-tama jikalau anda ingin membudidayakan burung murai watu untuk perjuangan ternak,harus mempunyai niat lingkaran dan tidakboleh tanggung-tanggung.Apabila dirasa sudah mantap anda boleh melakukannya.

2. Survei Lokasi

Anda sanggup memanfaatkan ruang disekitar rumah anda untuk meletakkan sangkar murai yang akan anda tangkarkan.Lokasi yang nyaman sangat penting dan megampangkan burung mengikuti keadaan semoga terhindar dari resiko stress.Pilihlah lokasi sangkar yang tenang,tidakboleh terlalu akrab dengan keramaian,aman dari gangguan hewan dan pencuri dll.

3.Pembuatan Kandang Murai Batu

Untuk sangkar anda bebas mendesain sangkar ternak murai sesuai selera.Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan sangkar ternak murai diantaranya minimal pembuatan sangkar dengan ukuran P 90 L90 T90 cm.

4.Pemilihan Bibit Murai Batu Unggul

Dalam pemilihan indukan murai watu yang anggun tidak harus mahal,melatih pengalaman anda beternak murai watu sanggup anda lakukan secara bertahap.Tidak perlu memikirkan harus menentukan indukan trah juara.Biarkan pengalaman anda semakin memahami contoh dan cara yang sempurna beternak murai batu.Sesudah itu barulah anda bergeser bertahap kekualitas burung murai.Untuk membudidayakan burung murai harus menentukan indukan jantan dan betina,kriterianya yaitu sebagai diberikut :

Indukan Jantan

Pilihlah indukan pejantan yang tidak takut terhadap insan dan mempunyai mental yang bagus.Pejantan paling tidak uisanya sudah 2 tahun keatas dan sudah matang untuk melaksanakan perkawinan.Pastikan burung pejantan tidak dalam keadaan sakit maupun cacat fisik.

Indukan Betina

Pilihlah betina yang sudah berusai 1 atau 2 tahun.Pastikan burung dalam keadaan sehat dan tidak terlalu kurus.Selain itu burung harus jinak dan tidak takut terhadap insan semoga tidak simpel stress.

5.Pemdiberian Pakan Burung

Burung juga membutuhkan asupan vitamin,protein,mineral dan karbohidrat.Pakan yang baik untuk burung murai yaitu pakan alami menyerupai jangkrik,kroto,ulat hongkong dan cacing.Pada ketika burung anda sudah dimasukkan dalam sangkar ternak sebaiknya selalu sediakan pakan alami lebih dari 2-3 jenis pakan alami.
Pemdiberian pakan yang berkarakter sanggup merangsang birahi jantan maupun sang betina.Selain itu anda juga sanggup mempersembahkan pakan aksesori menyerupai voer yang sanggup anda dapatkan di toko jual pakan burung.

6.Pengembangbiakkan Burung Murai

Banyak sekali breeder mengalami kesusahan ketika mengembangbiakkan burung ini.Kebanyakan kendalanya pasangan sering kali saling membunuh.Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara diantaranya :
Siapkan dua sangkar masing-masing untuk burung jantan dan betina.Masukkan sang betina dikandang pertama dan biarkan sendirian selama seminggu untuk beradaptasi.Langkah selanjutnya masukkan pejantan dikandang kedua dan tempatkan tidak jauh dari sangkar pertama.

melaluiataubersamaini cara tersebut burung akan mempunyai waktu untuk mengikuti keadaan dan saling mengenal,kalau sudah 2 ahad anda sanggup menyatukan kedua burung tersebut dalam satu sangkar untuk mempersembahkannya peluang untuk melaksanakan proses perkawinan.

7.Pemeliharaan Anakan Burung

Anakan burung murai yang sudah berhasil anda tangkarkan dengan usia 7 hingga 14 hari sanggup anda diberikan pakan berupa adonan voer dan kroto yang diencerkan.Pemdiberian pakan sanggup didiberikan 1 jam sekali setelah burung berusia lebih dari 2 ahad biasanya sudah mulai makan kroto sendiri.

Beberapa breeder memakai pelet sebagai makanan untuk murai batu.Makanan tersebut tidak bermasalah dan tidak membuat bulu murai watu menjadi rontok.

8.Saling Sharing Antar Peternak Burung Murai

Khususnya anda para pemula mungkin masih sedikit pengalaman dalam mengembang - biakkan burung murai batu.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk bermain ditempat orang yang sudah berpengalaman dalam menagkarkan burung ini.Saling share antar peternak memang sangat penting dan sangat bermanfaa.

Dalam beternak Murai Batu kelihatannya sangat gampang,namun kesabaran,ketekunan dan semangat harus anda miliki.Karena keberhasilan itu tidaklah instan,namun diharapkan proses.Bila anda gagal tidakboleh putus asa,dari kegagagalan itu gotong royong mempunyai sebuah pengalaman yang luar biasa alasannya yaitu anda sanggup mengetahui letak kesalahan yang membuat anda gagal.Jika burung yang anda ternak belum berproduksi dalam kurun waktu 5-6 bulan itu wajar,tidak ada peternak yang tiba-tiba berhasil,walaupun ada itu yaitu keajaiban alias bejo.hehehe ketekunan,keuletan,kesabaran dan proses akan membawa anda menuju gerbang kesuksesa.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "8 Cara Gampang Membudidayakan Burung Murai Kerikil Bagi Pemula"